Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xibaotaiAvatar border
TS
xibaotai
10 Foto Menyentuh Hati , Ketika Air Lebih Mahal Ketimbang Emas Permata
Air merupakan sumber kehidupan di muka bumi ini. Tanpa air semua makhluk hidup diatas bumi ini tidak akan hidup pulsker. Baik manusia, hewan, tumbuhan membutuhkan air untuk menunjang pertumbuhan hidup mereka. Memang sih, tanpa air manusia atau makhluk hewan dapat hidup namun tidak dalam waktu yang lama. Jika kekurangan air dapat kita bayangakan betapa repotnya kita melakukan aktivitas sehari-hari.


Entah kita sadari ataupun tidak, terkadang kita pernah atau sering membuang-buang air lho pulsker. Seolah kita tidak butuh air lagi. Air bisa membawa berkah, namun air juga bisa membawa bencana. Itu juga karena ulah manusia karena perilaku yang bersifat merusak alam, seperti banjir dan sebagainya. Kekeringan juga membuat air semakin langka dan bahkan hilang dari permukaan. Disinilah mata air berubah menjadi air mata. Seperti yang dialami oleh orang-orang di wilayah ini, baginya setetes air adalah hal paling berharga ketimbang sebongkah emas dan berlian. 10 foto ini akan membuat kalian tersentuh, dan mengingatkan kita untuk memanfaatkan air secara bijak.


#1 Mungkin sebagian dari kalian bertanya, apa yang dilakukan orang-orang di desa ini. Mereka bukan mengantri pembagian sembako. Mereka tidak mengharapkan harta benda lainnya. Mereka hanya membutuhkan setetes dan beberapa liter air untuk hidup mereka. Walaupun hal ini beresiko tinggi mereka tidak peduli, seperti mereka tercebur dalam sumur yang dalam.

Mungkin sebagian dari kalian bertanya, apa yang dilakukan orang-orang di desa ini. Mereka bukan mengantri pembagian sembako Mereka tidak mengharapkan harta benda lainnya. Mereka hanya membutuhkan setetes dan beberapa liter air untuk hidup mereka. Walaupun hal ini beresiko tinggi mereka tidak peduli, seperti mereka tercebur dalam sumur yang dalam.


#2 Air selalu digunakan untuk kehidupan kita, seperti minum dan hal lain semacam mencuci, memasak, mandi dan sebagainya. Namun karena kebutuhan dan ketersediaan air tidak sebanding, akhirnya membuat orang-orang ini terpaksa memakai air kotor dan keruh untuk kehidupan mereka. Pompa air tersebut merupakan satu-satunya sumber kehidupan di desa ini.

Air tidak selamanya dapat digunakan untuk kehidupan kita, seperti minum dan hal lain semacam mencuci, memasak, mandi dan sebagainya. Namun karena kebutuhan dan ketersediaan air tidak sebanding, akhirnya membuat orang-orang ini terpaksa memakai air kotor dan keruh untuk kehidupan mereka. Pompa air tersebut merupakan satu-satunya sumber kehidupan di desa ini.


#3 Semua orang tentunya ingin menikmati air yang sehat dan bersih. Tapi hal itu adalah sebuah mimpi panjang bagi orang-orang ini. Curah hujan yang rendah serta tingkat kekeringan yang tinggi membuat mereka terpaksa mengambil air keruh ini. Seperti apa jadinya mereka jika terus mengkonsumsi air kotor seperti ini.

Semua orang tentunya ingin menikmati air yang sehat dan bersih. Tapi hal itu adalah sebuah mimpi panjang bagi orang-orang ini. Curah hujan yang rendah serta tingkat kekeringan yang tinggi membuat mereka terpaksa mengambil air keruh ini. Seperti apa jadinya mereka jika terus mengkonsumsi air kotor seperti ini.


#4 Menjaga lingkungan agar senantiasa sehat dan nyaman itu penting sekali. Ini dimulai dari kesadaran kita sendiri. Membuang sampah di sungai bukanlah solusi yang baik dan malah menimbulkan masalah baru, banjir karena sungai mampet. Selain itu dapat merusak kehidupan di sungai seperti ikan dan hewan lainnya. Pencemaran juga bisa terjadi, dan dapat mempengaruhi kondisi air disekitarnya.

Menjaga lingkungan agar senantiasa sehat dan nyaman itu penting sekali pulsker. Ini dimulai dari kesadaran kita sendiri. Membuang sampah di sungai bukanlah solusi yang baik dan malah menimbulkan masalah baru, banjir karena sungai mampet. Selain itu dapat merusak kehidupan di sungai seperti ikan dan hewan lainnya. Pencemaran juga bisa terjadi, dan dapat mempengaruhi kondisi air disekitarnya.


#5 Apa yang terbayang di benak kalian ketika melihat foto satu ini?. Hati kita akan berkata miris, prihatin dan apapun itu. Siapa yang tidak tersentuh melihat kejadian seperti ini. Saking tidak adanya air, ibu ini pun rela mengambil air yang tersisa di tengah rel walaupun dengan jumlah yang sangat minim. Demi kehidupan dirinya dan keluarganya terus bergulir, air ini pun menjadi tumpuan.

Apa yang terbayang di benak kalian ketika melihat foto satu ini?. Hati kita akan berkata miris, prihatin dan apapun itu. Siapa yang tidak tersentuh melihat kejadian seperti ini. Saking tidak adanya air, ibu ini pun rela mengambil air yang tersisa di tengah rel walaupun dengan jumlah yang sangat minim. Demi kehidupan dirinya dan keluarganya terus bergulir, air ini pun menjadi tumpuan.


#6 Apa dan bagaimana perasaan kalian ketika dihadapkan dengan kondisi seperti ini?. Jika tidak menggunakan air, maka kalian akan terancam hidupnya. Juga jika menggunakan air ini masalah baru pun muncul seperti penyakit. Selain itu apa ya kalian tega minum air dari timbunan bermacam sampah-sampah?

Juga dengan foto ini. Apa dan bagaimana perasaan kalian ketika dihadapkan dengan kondisi seperti ini?. Jika tidak menggunakan air, maka kalian akan terancam hidupnya. Juga jika menggunakan air ini masalah baru pun muncul seperti penyakit. Selain itu apa ya kalian tega minum air dari timbunan bermacam sampah-sampah?


#7 Dalam foto ini kita seolah diingatkan, terkadang alam bisa ganas kepada manusia akibat ulah manusia itu sendiri. Pemanasan global memaksa kita untuk hidup dibawah ancaman bencana lingkungan, salah satunya kekeringan. Menggali sumur ditengah kekeringan adalah harapan yang semu, namun orang-orang ini masih optimis. Mereka berharap keajaiban Tuhan, dan semoga keajaiban tersebut akan segera muncul.

Dalam foto ini kita seolah diingatkan, terkadang alam bisa ganas kepada manusia akibat ulah manusia itu sendiri. Pemanasan global memaksa kita untuk hidup dibawah ancaman bencana lingkungan, salah satunya kekeringan. Menggali sumur ditengah kekeringan adalah harapan yang semu, namun orang-orang ini masih optimis. Mereka berharap keajaiban Tuhan, dan semoga keajaiban tersebut akan segera muncul.


#8 Menjadi seorang pengungsi memang bukan pilihan yang mereka inginkan. Namun, keadaan di negara mereka memaksa mereka untuk mencari tempat yang aman. Sekalipun mereka sudah keluar dar zona bahaya, bahaya lain pun mengintai mereka seperti kelaparan dan kekurangan air. Dan, kala hujan tiba mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengambil air.

Menjadi seorang pengungsi memang bukan pilihan yang mereka inginkan. Namun, keadaan di negara mereka memaksa mereka untuk mencari tempat yang aman. Sekalipun mereka sudah keluar dar zona bahaya, bahaya lain pun mengintai mereka seperti kelaparan dan kekurangan air. Dan, kala hujan tiba mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengambil air.


#9 Keadaan pula yang membuat seorang anak ini minum ditempat yang kotor ditengah lahan seperti ini. Dibelahan dunia lainnya, anak-anak sesusianya dengan hati yang gembira mereguk kesegaran air dingin dari lemari es yang nyaman atau es krim yang mereka beli. Namun, ini sangat kontras dengan apa yang dilakukan anak ini.

Keadaan pula yang membuat seorang anak ini minum ditempat yang kotor ditengah lahan seperti ini. Dibelahan dunia lainnya, anak-anak sesusianya dengan hati yang gembira mereguk kesegaran air dingin dari lemari es yang nyaman atau es krim yang mereka beli. Namun, ini sangat kontras dengan apa yang dilakukan anak ini.


#10 Kekeringan juga lah yang memaksa ibu-ibu ini mengambil air ditempat ini. Dengan berjalan sekian kilo jauhnya, mereka hanya mendapatkan air yang seperti ini. Apa daya, air yang dapat mereka dapatkan hanya seperti ini.
Sedih ya rasanya , semoga dengan foto-foto ini kita dapat merubah pola pikir kita untuk menggunakan air secara bijak.
Diubah oleh xibaotai 10-10-2016 16:20
0
26.5K
200
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan