CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
Home / FORUM / All / Tech / ... / Internet Service & Networking /
~~⊗⊟✴ All About Cisco ✴⊟⊗~~[BACA PAGE 1 dahulu] - Part 2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016777526/8855886310036-all-about-cisco-1003688638855baca-page-1-dahulu---part-2

~~⊗⊟✴ All About Cisco ✴⊟⊗~~[BACA PAGE 1 dahulu]

Tampilkan isi Thread
Halaman 217 dari 240
Quote:



Share disini dong gan atau kirim PM emoticon-Malu (S)


Oh iya ane mau nanya nih, ane masih awam banget dan ada 1 hal yg buat ane bingung.

Di kampus biasa belajar simulasi pake packet tracer tp ada yg versi student dan ada versi 5.
Keanehannya adalah, kalo di packet tracer 5 untuk static maupun dinamic routing kaya ny sering error atau ane aja yg kurang ngeh emoticon-Bingung (S)
Ane coba di packet tracer ver student lancar.
Paling ketara pas show ip route, sesudah di routing di ver 5 yg directly connect cuma muncul 1 doang, kalo di ver student muncul semua.

Ada yg tau kenapa? bahaya juga soalnya kalo ada kuis dapetnya ver 5
Quote:


kira-kira bahasa pemogramannya apaan ya gan?
trus apa kita harus bermain di Vmware juga kah?
Quote:


Python << masa depan. sudah banyak bos india ngomong cuma ini lawannya CCIE.
C++ okelah
Java << yah oke lah

Belajar virtualisasi, jelas VMWare, why?
Kernan nanti kalau kita mau lab, jika udah ada uang, beli blade server, taruh semuah topologi disitu, tinggal kita remote dari laptop. (seakan-akan kita sedang config remote jarak jauh.)
Quote:


oh gitu ye gan..

pantesan instruktur ane nanya waktu training cisco?
" ada yang bisa programming ?" pada diem sekelas .. haha

katanya : " beruntung yang bisa programming di dunia network"


terus ada siswa nanya mo belajar tentang VoIP di cisco.. dia bilang "Mending belajar VMWare aja" ..sambil senyum dia.. haha
katanya cisco uda banyak nyaplok perusahaan cloud.. emoticon-Bingung (S):
Diubah oleh ajjaiii
Quote:


hahahah iya itu aku juga, mreka ga bs ksh solusi jd ya utak atik sendiri dan ternyata ane lupa kasih command vpc di nexus nya emoticon-Hammer
Hallo, Gan Maap nanya (Jangan di bully ya)

Ada yang punya DUMP cisco 300-320 ga? kalau ada share dong gan? PM ane? mau di duitin juga gpp heheh..(Urgent)
Udah beli yang premium sama udah belajar dari CBT hasil dua kali test kurang mulu . 1. 700, 2.720

emoticon-Bingung (S)
Quote:


gw ga punya gan, yg punya itu agan hunter12 yg gw quote.

ada bug mungkin di ver 5, coba cari versi yg terbaru aja...

Quote:


training dimn gan?
Quote:

Mungkin sih yah, soalnya kmren nyoba download versi 6 nya lancar emoticon-Big Grin

Quote:


Karena kiblatnya teknologi barat sana sudah bilang era ini adalah era IoT. Programmer bakalan jadi kerjaan yang paling banyak dan menguntungkan. Programming juga dibilang VERY..VERY EASY!!!! WHY? Kerna kita kaga butuh beli hardware dengan 8 core procesor atau ASIC, kudu beli Storage dengan kecepatan putaran setara putaran baling2 helikopter, dan sbegainya. Cuma modal komputer pentium 4 dengan sistem operasi terbaru, ikutin perkembangan programming, belajar penggunaan API dan sebagainya. Sisanya tinggal belajar.

Coba jadi network engnineer, mau belajar harus kursus dulu. Kerna yang ditekankan pertama kali adalah HANDS ON. Tapi thanks to google, now i can see the actual devices without buying it. Cuma modal kyahal, lihat serial kabel seperti apa, DCE, DTE, paket shaper, IPS, IDS, dsb, Jujur modal saya belajar adalah google dan torrent. Kalau soal modal dan semagat, orang2 yang belajar dibawah tahun 2015 mungkin bisa dibilang dewa kerna sudah modal besar untuk kursus, dan belaja buku pula. Bayangkan, lulus kuliah, langsung kerja, 12 jam sehari selama 24 jam. waktu belajar hanya ada 4 jam sehari, 8 jam istrihat dan perjalanan pulang. Alamak, saya lihat di website forum2 networking saja, ada rumus untuk lulus CCNA yang yang persentase lulusnya 90% . 12 jam * 90 = 1800 jam untuk dapat CCNA saja. Kenapa CCNA lamaa?
kerna itu adalah "fundamental".

Jika teman2 berminat belajar cloud versi generalnya, bisa baca buku Essentials of Cloud Computing (2015) penulisnya dari negara kuch-kuch hotahai.
[sekedar obrolan malam minggu newbie-noob-quadrat]

Jadi begini, ehmm
Saya lagi iseng-iseng konfak-konfig, mencoba belajar BGP yang sebenarnya mau saya EGP (emang gueh pikirin..LOL).
Kalo ngomongin BGP, pasti selalu disangkut pautkan dengan WAN conection, dan ISP.
Lalu tiba2 saya lihat router CINDYHOME yang keberulan ada didepan mata saya.

Jujur saya selama hidup 24 tahun ini baru 2 kali pasang internet. jaman SIPIDY sama CINDYHOME.
Dulu waktu jaman SIPIDY, kan kabel dari tiang masuk ke sebuah kotak berwarna abu2 cerah yang biasanya di tempel di dekat meteran listrik, yang 2 tahun terakhir saya baru tahu itu namanya demarcation point. Dari demarcation point masuk ke rumah lalu pakai splitter, 1 masuk ke saluran telepon dan 1 masuk ke DSL Modem. Kabelnya RJ-11 terhubung ke DSL modem, lalu dari modem ada port rj-45 kek host.

Jaman CINDYHOME, menggunakan teknologi fiber optik. Konsepnya sama cuma saya tidak lagi lihat demarcation point (Apa mungkin karena tidak pasang telepon?). Jadi dari kabel telepon (entah saya tidak tahun nama kabel ini) langsung masuk ke router yang modemnya sudah di embed kedalam router tersebut.

Lalu saya bertanya dalam benak saya, saya sering config di simulator, pakai router ini itu. Lalu yang saya pikirkan adalah permasalahan interface pada router. Setiap interface harus punya alamat IP. Lalu saya lihat dsl router, sambil mencari IP, namun saya tidak menemukan hal itu. Kemudian saya cari2 informasi. Kabel telepon itu nyambung kemana, ternyata ketemu. Dari home/client terhubung ke gardu yang merupakan MDF (Main Distribution Frame), kita pasti pernah lihat bapak2 pakai seragam telekom langi nongkrong sambil pegang gagang telpon (asik nelpon gratis). Lalu saya bertanya lagi, kalau jaringan komputer pengalamatannya pakai IP, ini pakai apa? Saya bingung. Kemudian saya coba berpikir, mencoba2 menyamakan dengan konsep NAT." Ada publik ada private, komputer sya private, di tranlasikan pakai IP publik pinjaman". Sip, saya dapat titik terang disini, saya mulai mencari berapa nomor IP publik saya. Saya dapat IP publik komputer saya, kebetulan laptop saya yang lain juga terhubung ke wifi, saya coba cek IP publiknya dan ternyata ip publik kedua laptop saya sama persis. Lalu saya bergumam sendiri "Hmm, jangan2 ini pakai PAT ya?". Sekarang muncul pertanyaan di pikiran saya. Jika di kontrakan saya ini ada 100 orang terhubung ke wifi saya. Kalau pakai konsep diatas berarti ada 100 perangkat dengan IP Publik pinjaman yang sama. Lalu jaringan ini terhubung ke MDF tanpa adanya alamat IP. Berarti kemungkinan alamat IP ada di DNF itu.

Jadi ini pertanyaan saya :
Dimana sebenarnya ISP meletakan IP addressnya?
Quote:


Klo agan dulu wkt lulus CCNA pelajari materinya gmn disiplinnya, minta saran & tipsnya. teori kebanyakan di ujian CCNA, dan wkt belajarnya yg 12 jam * 90
Quote:


saya 1 tahun belajar, awalnya saya dari programming, tapi karena enek, saya balik lagi menuju cita2 jadi network engineer. saya start belajar lagi sekitar 2 tahun lalu, dengan modal skill jaringan tipe2 warnet. Setiap hari, selama 4-5 jam saya duduk di lawson, baca buku, lalu tulis2 materi sendiri. Kadang saya tulis kertas bekas photocopy, kadang juga saya ketik di word processor. (Tapi menurut saya lebih enak tulis tangan kerna kayaknya lebih mudah menghafalnya). Sembari belajar, saya baca2 artikel2 teknologi, sering2 nongkrong di site RFC, untuk mengerti konsep dasar dari yang kita pelajari.

Memang di CCNA teori ditekan habis, terbukti buku cisco press CCNA tebalnya ribuan halaman, CCNP cuma 800an halaman. Sya baca buku2 cisco press, todd lammle, nonton INE, sama curhat2nya om Kevin Wallace.Untuk instilah2 aneh saya biasa cari di wikipedia, karena resource untuk jaringan internet saya kurang (saya tidak pernah beli quota internet 2 tahun terakhir, dan tidak pasang internet di kost saya), kalau ketemu wifi, saya cari wikinya, lalu saya save dalam bentuk web page, jadi kalo ada waktu iseng bisa buat tambahan baca. Tambahan baca dokumentasi di cisco docs. Buat nambah semangat saya biasa nonton video pak Himawan Nugroho, sama baca2 salah satu CCIE orang batak (cuma itu orang batak yang saya temui di CCIE-hall-of-fame). Malam minggu, jadwal saya ngelab. Untuk bikin lab yang benar2 saya inginkan, saya install virtual server, untuk layanan FTP, web server, DNS dan lain2. Jadi seakan2 saya sedang membangun sebuah jaringan enterprise dimana kasusnya harus membangun sebuah jaringan di kantor yang menyediakan jasa hosting, atau aplikasi lainnya. Saya juga tambahkan client2 virtual machine, test2 dari virtual machine 1 ke lainnya.

Untuk tambahan lainnya saya biasa kerjakan config lab freeccnaworkbook, dan baca2 teori ringan di 9tut. Lumayan sekaligus melatih membaca bahasa inggris. Lalu tidak lupa saya masuk forum2 network engineer, cari2 informasi terbaru. Jujur saya ga bakalan tahu apa itu SDN kalau ga nyelam2 ke dasar2 forum.

Sebanarnya ada buku 60 days to becoma CCNA, materinya pada sekali, tapi untuk ujian sekarang kurang akurat (CCNAv3 200-125) karena itu materi buat yang 200-120.

Teori kebanyakan di CCNA jika mau lengkap baca saja CCENT sama CCNA. Mulai dari teknologi LAN, baru masuk ke dasar WAN. Jangan terlalu bawa perasaan di LAN, karena kerjaan sesunguhnya itu main di WAN. Kalau mau main kolaborasi, security dan sebagainya bisa baca buku cisco press lainnya.

Untuk waktu, biasakan aja kalo ada waktu kosong baca terus. Biasanya saya kalau naik kereta, pas waktu masih ada tablet note saya, saya baca pdf/epub, lalu stabiloin yang penting2.
ini koleksi2 saya. Silahkan type keywordnya di google dan download.
Sukses selalu buat kita semua.

~~&#8855;&#8863;&#10036; All About Cisco &#10036;&#8863;&#8855;~~&#91;BACA PAGE 1 dahulu&#93; - Part 2
~~&#8855;&#8863;&#10036; All About Cisco &#10036;&#8863;&#8855;~~&#91;BACA PAGE 1 dahulu&#93; - Part 2
~~&#8855;&#8863;&#10036; All About Cisco &#10036;&#8863;&#8855;~~&#91;BACA PAGE 1 dahulu&#93; - Part 2
~~&#8855;&#8863;&#10036; All About Cisco &#10036;&#8863;&#8855;~~&#91;BACA PAGE 1 dahulu&#93; - Part 2

Untuk yang mau maju CCNA, enak pakai buku ini,

Quote:





Diubah oleh hunt3r12
MAAF GAN SAYA SALAH KETIK
Diubah oleh hunt3r12
Quote:


nice gan sharing nya emoticon-thumbsup bisa ditaro di pejwan nih....

btw, kerja di vendor apa client gan skarang? suka-dukanya gmn aja klo kerja di vendor?
Quote:

mksh dah sharing gan.
Gan klo pakai GNS3 katanya penggunaan usage cpu or usage ram bisa mpe 99% itu gmn solusinya ya, bagusan pakai gns3 ya ngelab nya?
Untuk bikin lab yang benar2 saya inginkan, saya install virtual server, untuk layanan FTP, web server, DNS dan lain2 ini pakai gns3 jg?
Diubah oleh immortan.joe
Quote:


thanks emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh superlight72
Quote:


ya pakai gns3, enak GNS, kita juga bisa belajar linux based multi-layer switch (nambah belajar Linux) pakai ASAv (belajar firewall), IOS-XR. dll.
Untuk permasalahan CPU usage, yang mau enggak mau harus upgrade sistem ke yang tinggi. Upgrade RAM dan CPU. kalau mau ngelab enak minimal core i5 dan ram 16 gb. Kalau saya untuk mobile lab di laptop, ram 16 gb dan core i3 sudah cukup buat angkat 7 switch IOU dan 7 router IOU sama 3 server.

Kalau enggak coba ubah2 iddle-pc perangkatnya.

Tapi kayaknya resource usage tidak berat2 banget, kalau pakai GNS3VM. Makanya sekarang disarankan pakai GNS3 VM jadi proses semua ada di VM Linux, karena kata diforum dynamips lebih bagus di Linux.

kalau mau yang enteng pakai IOU. Cari BIN IOUnya sama generator key untuk GNSVMnya.
Tapi untuk IOU, maaf saya tidak bisa sharing file IOU dan keynya, silahkan cari sendiri gan.
Jujur udah agak susah cari file2 direct download, dulu saya suka download dari torrent, tapi semejak kickass sudah down udah susah cari resource2nya.




Diubah oleh hunt3r12
Quote:


saya pengangguran gan, baru lulus tahun ini, maklum tua di univ. bulan depan baru masuk kerja, jadi IT support, biar waktu belajarnya lumayan lama, soalnya saya masih pusing soal nafsu saya main PC game masih menggila. heheh

dulu sempat kerja sama kakak saya, kerjain proyek data center di kalimantan, lumayan kerjanya nyerut2 kabel. heheh
suka dukanya makanannya mahal, nasi uduk harganya 15 ribuan. Enaknya tidur di hotel terus selama sebulan.

btw saya mau tanya, PIX masih dipakai enggak gan? saya ada 1 PIX nganggur di kasih sama kaka saya.
Diubah oleh hunt3r12
Tutorial Setup CCNA Lab dari saya gan.
Kebutuhan :
GNS3 terbaru versi 1.5.1
GNS3 VM 1.5.1 (1.5.2 ada bug untuk upload kerna JSON-nya error, saya coba upload manual pakai FTP, filenya terupload tapi tidak terdeteksi di GNS3)
Wireshark (Untuk package analyzer, gunanya apa, silahkan baca lebih lanjut di internet, baca PDFnya)
Laptop/Komputer dengan CPU corei3
RAM minimal 4 GB < ini minim sekali, sebenarnya yang aman 8 GB , (6 GB VM, 2 GB buat OS host kita).
VMWare Workstation < silahkan usahanya cari yang pro, kerna butuh pengaturan jaringannya.(Alasan, karena support nested virtualization, kalau Virtualbox tidak support, tapi pemasangannya mudah (mudah sekali)).
IOS c1700,c2600,c2691, c3640,c3745, c7200.

Instalasi :
1.Download file2 resource, GNS3, IOS, wireshark, dan GNS3 VM, VMWare workstation
2. Eksekusi file installer, tunggu sampai beres. Kalau ada iklan2 di skip saja..
3. Buka VMWare, klik file, open, lalu buka file GNS3VM 1.5.1( di ekstrak dulu)
4. Tunggu proses instalasi, kalau beres, nanti bootupnya seperti ini :
~~&#8855;&#8863;&#10036; All About Cisco &#10036;&#8863;&#8855;~~&#91;BACA PAGE 1 dahulu&#93; - Part 2
Kalau sudah beres nanti seperti ini :
~~&#8855;&#8863;&#10036; All About Cisco &#10036;&#8863;&#8855;~~&#91;BACA PAGE 1 dahulu&#93; - Part 2
5. Setelah proses install GNS3VM matikan VMnya. Masuk ke GNS3, biasanya GNS3 akan muncul popup untuk pilih server, kalau tidak ada pilih menu Edit> Preferences, Pilih Server, masuk ke Tab GNS3 VM Server, pilih radio box dengan tulisan VM Ware, nanti di text box akan muncul Virtual Machine GNS3 VM yang sudah di pasang, kira2 seperti ini. (Ikuti semua Opsi yang di checklist)
https://s4.postimg.org/iskjiplal/333.png
6. Pindah ke tab Loca server, pada Host Binding, ganti dari yang tadinya localhost (127.0.0.1) ke gateway server berada, misalkan tadi disettingnya default pada pas installasi di VMWare, lihat saja di layarnya IPnya berapa, kalau saya kan 192.168.108.128 (lihat gambar sebelumnya), jadi default gatewaynya 192.168.108.1. Setelah itu masuk ke tab Remote Server, klik button add, nanti ada pop-up muncul. Isi seperti ini :
PROTOCOL : HTTP
Host : 192.168.108.128 <<<< isikan sesuai alamat hostnya
Port : 3080 <<< dulu portnya 8000 sekarang sudah diganti.

Gunanya ini nanti buat upload IOS via browser.
7. Di save semua setting, terus close GNS3, jalankan lagi, sekarang GNSVMnya sudah jalan otomatis ketika GNS3 dijalankan. Selanjutnya adalah mengupload file IOS ke GNS3 VM. Buka browser (chrome, IE, Edge, Firefox dll), ketikan alamat IPgns3vm diikuti dengan nomor port lalu page webnya , contohnya :
~~&#8855;&#8863;&#10036; All About Cisco &#10036;&#8863;&#8855;~~&#91;BACA PAGE 1 dahulu&#93; - Part 2
karena yang ingin diupload adalah IOS, ganti file Type ke IOS, lalu klik button pilih file / browse file, klik file IOS yang mau diupload, Kalau berhasil, nanti nama file beserta alamat direktori penyimpanannya muncul dibawah, seperti yang saya coret2 itu.
8. Selanjutnya masuk ke GNS3 yang sudah jalan, buka Edit> Preferences. Pilih IOS Routers, lalu klik New, nanti ada pop up, pilih saja, Run IOS on the GNS3 VM, klik next, nanti GNS3 akan mencari IOS yang tersimpan di VM, kalau tadi yang diupload c7200, maka nanti ada pilihan C7200 di sini, klik next saja, nanti muncul jenis chassis, dibiarkan saja, setelah itu nanti disuruh pilih interface dan modul2 tambahan lainnya (misalnya WAN modulnya atau switch modul), tapi jika ingin normal biarkan saja. Klik next, lalu masuk ke bagian penting, mencari iddle value, ga perlu pajang lebar kalau mau tahu iddle value di GNS3 buat apa silahkan dokumentasi pdfnya DISINI. Nanti klik saja find idle value, kalau sudah berwarna hijau, finish.

Sekarang test uji coba: topologi sederhana saja.
~~&#8855;&#8863;&#10036; All About Cisco &#10036;&#8863;&#8855;~~&#91;BACA PAGE 1 dahulu&#93; - Part 2

untuk menambahkan host yang tidak membutuhkan resource lagi, bisa kita manfaatkan MS-Loopback interface punya microsoft, jadi kita bisa terhubung ke komputer VM atau ke router. Misalkan kita pasang web server dengan IP 192.168.1.2 pada Virtual machine. Nanti saat kita ketika 192.168.1.2 di komputer kita. kita bisa buka web yang tersimpan di server 192.168.1.2.


Diubah oleh hunt3r12
Quote:


Selamat gan udah lulus. IT Support nya megang network juga ga? kadang harus jadi superman kalo IT Support di indonesia.
jadi kakak agan orang cisco juga yah, enak gan kalo ada kenalan. bisa belajar langsung.
kalo di kalimantan emang mahal2 gan emoticon-Big Grin

btw, gw ga tau PIX apaan, gw baru masuk dunia cisco soale. kayanya yang angkatan lama aja yg tau device ntu....
Halaman 217 dari 240


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di