aslisarjanaAvatar border
TS
aslisarjana
Ahok Sebut Peserta Tax Amnesty Ngemplang Pajak, Sandiaga: Presiden Saja Ikut
Ahok Sebut Peserta Tax Amnesty Ngemplang Pajak, Sandiaga: Presiden Saja Ikut

Senin 03 Oct 2016, 15:23 WIB

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebut pengusaha yang ikut tax amnesty dulunya adalah pengemplang pajak. Kata Ahok, mereka adalah orang biasa yang tidak bisa membuktikan telah membayar pajak.

Ahok salah satunya menyebut Sandiaga Salahudin Uno yang juga kandidat wakil gubernur DKI Jakarta sebagai pengemplang pajak karena ikut tax amnesty. Sandiaga heran dengan tudingan Ahok yang juga Cagub DKI Jakarta itu. Apalagi perusahaan yang pernah dimiliki Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga ikut tax amnesty.

"Saya tak mengerti kenapa Pak Basuki bilang begitu (pengemplang pajak). Jangankan saya, Pak Presiden Jokowi saja ikut tax amnesty," kata Sandiaga saat berbincang dengan detikcom, Senin (3/10/2016).

Presiden Jokowi Jumat (30/9/2016) pekan lalu mengatakan bahwa dia tidak ikut tax amnesty. Namun perusahaan yang pernah dia pimpin saat ini ikut tax amnesty.

Sandiaga menduga, Ahok tidak mengerti esensi program tax amnesty yang diberlakukan bukan untuk memberikan karpet merah bagi orang tak taat pajak. "Pak Basuki (Ahok) tak mengerti, tax amnesty itu untuk memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mengklarifikasi kewajiban pajaknya," kata dia.

Selain itu, melalui tax amnesty, pemerintah ingin melibatkan partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Bagi wajib pajak, tax amnesty juga berguna untuk membetulkan jika ada kewajiban yang tercecer atau belum tercatat.

"Ini (tax amnesty) suatu proses yang bukan artinya mengemplang, siapa tahu ini membetulkan sesuai dengan kaidah-kaidah pajak," kata Sandi.

Selain Presiden Jokowi, sejumlah pengusaha dan pejabat negara juga ikut tax amnesty. Bahkan mereka rela antre berjam-jam di kantor pajak untuk ikut tax amnesty.

koran

Banyak juga tukang ngemplang pajeknya ya, termasuk RI 1

Ternyata banyak yang protes soal RI 1 emoticon-Big Grin, ya sudah TS benerin emoticon-Big Grin

Quote:


Kita ganti saja dengan perusahaan RI 1 ternyata mengemplang pajak, gitu aja repot emoticon-Big Grin

Quote:


Ternyata masih diprotes juga emoticon-Big Grin, ya sudah TS benerin emoticon-Big Grin

Perusahaan yang pernah dipimpin RI 1 ternyata mengemplang pajak emoticon-Big Grin

Silahken kalau ini juga diprotes akan kami betulken lagi, biar ga repot emoticon-Big Grin

Diubah oleh aslisarjana 03-10-2016 18:04
4
4.9K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan