Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

badota_XAvatar border
TS
badota_X
Institut Ju-jitsu Indonesia!OSH!
INTSTITUT JU-JITSU INDONESIA




Institut Ju-jitsu Indonesia!OSH!

Institut Ju-jitsu Indonesia!OSH!

Semoga thread ini bisa dijadikan wadah untuk saling bersilaturahmi antar jiujitsan IJI.OSH!



sedikit sejarah quotes dari WIkipedia

Salah satu perguruan Jujutsu di Indonesia yang cukup sukses dan berhasil memiliki anggota dalam jumlah besar adalah dari aliran Kyushin Ryu. Jiu-Jitsu aliran "Kyushin Ryu" yang kabarnya masuk ke Indonesia pada masa pergolakan Perang Dunia II (1942) di bawa oleh seorang tentara Jepang yang bernama Ishikawa. Karena itu Jiu-jitsu Indonesia (skrg. IJI-Institut Jiu-Jitsu Indonesia) dikenal dengan aliran I Kyushin Ryu.

Institut Ju-jitsu Indonesia!OSH!

Ishikawa kemudian mewariskan ilmunya kepada R. Sutopo (seorang ahli Silat dari BANTAR ANGIN Ponorogo) yang kemudian diturunkan kepada kelima muridnya yaitu Drs. Firman Sitompul(Dan X),Prof. Irjen(Pol)Drs. DPM Sitompul, SH, MH(Dan X), Drs. Heru Nurcahyo (Dan VIII), Drs. Bambang Supriyanto (Dan VI), dan Drs. Heru Winoto (Dan V).

[CENTER]Institut Ju-jitsu Indonesia!OSH!
Hanshi heru Nurcaho

[CENTER]Institut Ju-jitsu Indonesia!OSH!

Institut Ju-jitsu Indonesia!OSH!
Depan dari kiri duduk : Wasis (GO DAN), Hansei Heru Nurcahyo, Suwandi (GO DAN). Berdiri dari kiri : Pelatih, Agus, Hariyanto, Sugianto, M. Nuh, Sarwandi, Harmudi


Kelima murid inilah yang menjadi cikal bakal tumbuh dan berkembangnya Jiu-Jitsu aliran IJI di Indonesia. Salah satu penerusnya adalah Drg. Poul DH Sitompul, M.M (Dan IV) yang langsung belajar dari kedua pamannya (Drs. Firman Sitompul, Dan X dan Prof. Irjen. Drs DPM Sitompul, SH., MH., Dan X)Perguruan IJI hanya mengajarkan aliran Ju-Jitsu hasil karya Raden Sutopo dan tidak mengajarkan aliran Ju-Jitsu lainnya. Sedangkan ilmu warisan dari Master Ishikawa yang sesuai bentuk aslinya diajarkan di perguruan PORBIKAWA yang sekarang masih eksis di Surabaya.

Untuk mengembangkan Jiu-Jitsu hasil karya Bp. Sutopo ini ke seluruh Indonesia maka kemudian pusat pengembangan Ju-Jitsu dipindahkan ke Jakarta. Di sinilah dibentuk suatu organisasi resmi dan berbadan hukum yang bernama " Institut Jiu-Jitsu Indonesia " disingkat " IJI ", tepatnya tanggal 8 Desember 1981.

Pada tahun itu juga saat diadakan demonstrasi bela diri Jiu-Jitsu aliran IJI di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Jiu-Jitsu Indonesia aliran IJI berhasil mendapatkan surat penghargaan dari staf Kedutaan Besar Jepang, Mr. Keiji Iwasaki & Mr. Yuji Hamada.

Hingga saat ini Jiu-Jitsu aliran IJI telah masuk di POLRI dan juga di berbagai kesatuan militer seperti KOPASSUS, KOSTRAD, PASPAMPRES, MARINIR dll. Jiu-Jitsu juga dikembangkan di sekolah-sekolah, instansi-instansi pemerintah maupun swasta dan juga di perguruan tinggi.

Menurut para praktisi Jiu-Jitsu aliran IJI ini, Secarah harfiah kata Jiu atau Ju didalam IJI berarti lentur atau fleksibel dan kata Jitsu atau Jutsu berarti teknik atau cara/metode. Maka Ju-Jitsu berarti bela diri yang fleksibel. Jiu-Jitsu IJI karena merupakan kombinasi bermacam-macam teknik dari berbagai sumber, maka ajarannya pun beragam; ada teknik keras ada juga teknik lembut/halus, ada teknik menyerang ada teknik bertahan, ada teknik menggunakan kekuatan fisik ada pula dengan tenaga dalam dan pernafasan, serta banyak teknik tangan kosong dan teknik menggunakan senjata. Apalagi para anggota IJI jika sudah mencapai sabuk hitam maka dianjurkan untuk meriset/mengembangkan sendiri teknik-teknik dasar IJI, termasuk juga dapat mengambil teknik dari beladiri lain, sehingga memperkaya perbendaharaan teknik di IJI.

Intinya Jiu-Jitsu versi IJI menghalalkan segala cara agar dapat menguasai lawan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Jiu-Jitsu versi IJI adalah teknik bertarung bebas, jadi bukanlah sport. Akan tetapi dalam masa modern ini Jiu-Jitsu IJI juga mulai marak menggiatkan Sport Jiu-Jitsu sehingga muncul banyak sekali even-even pertandingan Ju-Jitsu IJI yang berskala Nasional. Oleh karena itu, IJI adalah pelopor pertandingan Sport Ju-Jitsu di Indonesia, yaitu pertandingan internal IJI sendiri (tidak diikuti oleh perguruan lain) dengan peraturan yang hanya berlaku untuk anggota IJI.

Adalah lazim bagi perguruan-perguruan Jujutsu yang independen untuk membuat peraturan pertandingan sendiri, karena belum ada badan dunia yang secara aklamasi dipilih oleh semua perguruan Jujutsu untuk mensyahkan peraturan yang disepakati bersama. Bahkan di negara-negara besar di dunia Internasional menggunakan standar nasionalnya masing-masing, misalnya di Amerika antara lain menggunakan standar American Jujutsu Association [[url]www.americanjujitsuassociation.org][/url] sedangkan di Eropa antara lain menggunakan standard European Budo Council [3]. Namun sejak tahun 1998 sudah mulai ada kemajuan yang signifikan dengan berdirinya Ju-Jitsu International Federation (JJIF).



[CENTER]JU-JITSU INDONESIA I-KYUSHIN – RYU



I. ILMU DASAR :
1. Tehnik Pengorbanan Bawah(cara jatuh) - Ukemi Waza
2. Tehnik Kuda – kuda - Fuddodachi
3. Tehnik Memukul – Suto Ricki
4. Tehnik Menangkis - Uke Waza
5. Tehnik Menendang - Keri Waza
6. Tehnik Melempar - Nage Waza
7. Tehnik Mengunci - Kanzetsu Waza
8. Tehnik Pembelaan Diri - Goshin Jutsu
9. Tehnik Pernafasan / Tenaga Dalam - Ki Waza
10. Tehnik Ketahanan Tubuh - Junbi Undo
II. KWALIFIKASI JU-JITSU
1. Kyu 6 - Sabuk Putih - Rokkyu
2. Kyu 5 - Sabuk Kuning - Gokyu
3. Kyu 4 - Sabuk Hijau - Yonkyu
4. Kyu 3 - Sabuk Oranye - Sankyu
5. Kyu 2 - Sabuk Biru - Nikkyu
6. Kyu 1 - Sabuk Coklat - Kkyu
7. Dan 1 - Sabuk Hitam – Ikdan
8. Dan 2 - Sabuk Hitam - Nikdan
9. Dan 3 - Sabuk Hitam – Sandan
10. Dan 4 - Sabuk Hitam – Yondan
11. Dan 5 - Sabuk Hitam – Godan
12. Dan 6 - Sabuk Merah Garis Putih - Rokydan
13. Dan 7 - Sabuk Merah Garis Putih – Sichidan
14. Dan 8 - Sabuk Merah Garis Putih – Hichidan
15. Dan 9 - Sabuk Merah - Kyudan
16. Dan 10 – Sabuk Merah – Judan

III. ETIKA PERGURUAN JU-JITSU
1. Murid dipanggil : Ju-Jitsan
2. Guru/Pelatih dipanggil :
a. Sensei untuk –> Ikdan, Nidan, Sandan
b. Sei Han untuk –> Yondan, Godan
c. Han sei untuk —> Rokydan s.d. Judan

3. Baju Latihan disebut : Ju Jitsu Ki

4. Upacara Tradisi Perguruan – Ricki Undo Jutsu

5. Sumpah Ju-Jitsu :
a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Taat kepada orang tua
c. Sanggup menjada nama baik Ju-jitsu
d. Bersifat satria dan jujur
e. Taat kepada pelatih

6. Semboyan Ju-Jitsu
a. Berlatih Ju Jitsu demi kemanusiaan
b. Tidak boleh sombong
c. Melindungi yang lemah dipihak yang benar
d. Ju Jitsu digunakan dalam keadaan terpaksa
e. Dalam latihan tidak ada tawa dan tangis

OSH!
suekethos
nona212
nona212 dan suekethos memberi reputasi
2
106.7K
439
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan