Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Mengapa New England Terkenal Angker?
Tahukah kamu dimana New England itu? Tempat yang satu ini sudah sangat terkenal karena "keangkeran" nya. Karena terkenal akan hal tersebut, tempat ini juga akhirnya terkenal hingga ke seluruh dunia sebagai destinasi wisata yang cocok untuk perayaan Halloween.


Dimanakah New England Itu?

Untuk kamu yang belum tahu, New England adalah suatu wilayah geografis yang berada di bagian timur laut Amerika Serikat. Wilayah geografis ini terdiri dari 6 negara bagian (state), yaitu Connecticut, Maine, Massachusetts, New Hampshire, Rhode Island, dan Vermont.

Mengapa New England Terkenal Angker?
CT = Connecticut, ME = Maine, MA = Massachusetts, NH = New Hampshire, RI = Rhode Island, VT = Vermont

Mungkin kamu pernah mendengar nama-nama negara bagian tersebut tapi sebelumnya tidak mengetahui bahwa mereka berada di satu kesatuan wilayah bernama New England. Untuk kamu penyuka film berjenis supernatural horror, mungkin kamu sering mendengar nama-nama negara bagian tersebut, atau bahkan New England itu sendiri, karena wilayah ini sering diceritakan di beberapa film sebagai wilayah yang haunted atau angker. Salah satu film yang mengambil lokasi cerita di New England baru-baru ini adalah The Witch.

Mengapa New England Terkenal Angker?
Poster film The Witch dazapata.wordpress.com

The Witch, atau yang ditulis juga The VVitch, adalah sebuah film yang bercerita tentang sebuah keluarga religious yang dikutuk oleh penganut ilmu hitam yang hidup di hutan angker dekat rumah mereka, yang mereka percayai sebagai penyihir. Film yang disebut-sebut sebagai film terseram tahun 2016 ini mendapatkan pujian dari para kritikus karena menggambarkan keadaan asli pandangan masyarakat pada era itu dan garapan yang sangat detail dari sutradara Robert Eggers.

Mengapa New England Terkenal Angker?
Tidak terdapat scene yang memunculkan hantu di film ini. Namun lokasi dan adegan-adegan ‘mengganggu‘ dari film ini saja sudah membuatnya terkesan sangat ‘spooky‘ filmcomment.com

Jadi, memang film ini tidak diangkat dari sebuah kisah nyata, namun tetap saja terinspirasi dari kehidupan pada era ketika masih banyaknya orang-orang yang percaya bahwa penyihir itu ada dan mengganggu kehidupan masyarakat di New England. Sejarah yang kelam seperti inilah yang menimbulkan pandangan bahwa New England itu angker. Termasuk sejarah kelam tersebut, beberapa hal di bawah ini juga seakan membuktikan bahwa New England memang tempat yang benar-benar angker dan cocok untuk jadi destinasi wisatamu saat Halloween nanti.


Sihir di New England

Sebelum sains berkembang pesat, semua fenomena selalu dikaitkan dengan hal gaib. Masyarakat beranggapan sebuah keajaiban jika tidak berasal dari Tuhan, pasti dari Iblis. Zaman ‘penyihir’ (the witch) ini terjadi dalam sejarah penduduk Eropa dan Amerika di abad pertengahan. Kalau kamu pernah menonton film-film bertema ini pasti mengerti betapa takutnya orang – kebanyakan perempuan – jika dianggap penyihir. Hidup mereka akan berakhir di tiang gantung atau dibakar hidup-hidup oleh penduduk setempat.

Amerika punya sejarah kelam soal ini, yang hingga sekarang terus dikenang dan dibangun museum sebagai peringatannya. Lokasinya ada di Massachusetts. Di kota ini ada museum sihir bernama The Salem Witch Museum. Museum ini dibuat untuk mengenang peristiwa sihir paling top di dunia, The Salem Witch Trials, yang terjadi pada tahun 1692.

Mengapa New England Terkenal Angker?
Perempuan-perempuan yang dihukum gantung karena dituduh sebagai penyihir connecticuthistory.org

Awal mula dari peristiwa ini adalah ketika Martha Goodwin, seorang remaja penduduk kota setempat, bertengkar dengan tukang cuci atau tukang binatu bernama Goody Glover, dan sejak itulah muncul penampakan peristiwa-peristiwa aneh yang ia anggap sebagai sihir pada tahun 1688.

Martha terkena wabah penyakit yang sangat aneh, dan terus disusul dengan saudara kandung Martha lainnya yang mengalami penyakit yang sama. Karena ini, Glover akhirnya ditangkap dan dituduh sebagai seorang penyihir yang telah mempraktekkan ilmu sihir jahat atas keluarga Martha tersebut. Agar Glover mengakui segala hal yang diperbuatnya, gubernur Cotton mencoba menghadirkan seorang pendeta untuk menemui Glover. Namun tidak disangka-sangka, Glover sendiri pun bahkan mengalami hal yang sangat membuat takut seluruh penduduk kota tersebut; muka dan badan Glover berubah menjadi amat mengerikan, dan menjalar ke penduduk lainnya dengan penyakit yang serupa dan aneh yang tidak tersembuhkan.

Mengapa New England Terkenal Angker?
Glover yang digambarkan dengan wajah yang innocent (polos), karena sebenarnya ia memang innocent (tidak bersalah) wikipedia.org

Pada pertengahan tahun 1692 di bulan Februari, dokter malah ikut memutuskan bahwa penyakit tersebut adalah sakit yang disebabkan oleh ilmu sihir. Karena semakin banyak penduduk Salem yang tertular penyakit tersebut, akhirnya mereka saling tuduh-menuduh satu dengan yang lainnya. Dua wanita bernama Sarah Good dan Sarah Osborne juga pada saat itu terkena tuduhan serupa hanya karena memberikan kue pada seorang anak gadis bernama Tituba. Hal saling tuduh itu terus berlanjut hingga banyak nama yang masuk dalam daftar tuduhan sebagai penyihir di kota Salem pada saat itu.

Hingga pada Mei 1962, Kota Salem akhirnya mulai memanas dan terpaksa menggelar pengadilan terbuka dengan kasus sihir yang telah berkepanjangan. Di pengadilan ini, banyak penduduk Salem yang dituduh sebagai penyihir, lalu dipenjarakan, dan bahkan dihukum mati dengan cara digantung. Hasil dari pengadilan ini adalah matinya sejumlah penduduk kota yang sebenarnya tidak terbukti bersalah.

Namun pada tahun 1697, pengadilan di kota Salem akhirnya menyesali perbuatan yang telah mereka perbuat dengan menghukum mati banyak orang dan memenjarakan penduduk yang tidak bersalah. Kemudian tahun tersebut dinyatakan sebagai tahun tanpa hukum, dan kota tersebut sekarang telah menjadi salah satu kota wisata yang ramai sekali dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh penjuru dunia yang penasaran akan peristiwa “The Salem Witch Trials” tersebut.

Mengapa New England Terkenal Angker?
The Salem Witch Museum ghostuponthefloor.com

Salem hanyalah salah satu dari beberapa daerah yang menyimpan kisah mengenai sihir dan ilmu hitam, belum termasuk daerah-daerah lainnya di New England. Hal inilah yang menciptakan atmosfir menyeramkan di wilayah New England, bahkan hingga sekarang.


Kisah-kisah Hantu di New England

Kamu yang menyukai film hantu mungkin tahu kisah nyata yang menginspirasi film The Haunting in Connecticut. Untuk kamu yang belum tahu, film ini menceritakan tentang keluarga Snedeker yang baru pindah ke rumah baru mereka di Southington, Connecticut pada tahun 1986. Ketika sedang menelusuri rumah baru mereka, Carmen Snedeker menemukan benda-benda aneh di basement mereka: alat-alat yang biasa digunakan oleh pengurus pemakaman.

Mengapa New England Terkenal Angker?
Poster film The Haunting in Connecticut

Kemudian keluarga tersebut akhirnya mengetahui bahwa rumah baru mereka itu ternyata dulunya adalah sebuah rumah duka, dan anak pertama dari pasangan Snedeker tersebut pun mulai melihat penampakan-penampakan hantu juga penglihatan-penglihatan yang mengerikan. Yang lebih parah, hal ini juga akhirnya terjadi pada anggota keluarga lainnya dan bahkan semakin memburuk. Mulai dari air yang berubah warna menjadi merah darah ketika Carmen sedang mengepel lantai dapur, hingga pengakuan mengejutkan dari anak-anak mereka bahwa mereka telah dirudapaksa dan disodomi oleh iblis.

Mengapa New England Terkenal Angker?
208 Meriden Avenue, Southington, Connecticut – Rumah yang terlihat biasa-biasa saja inilah yang merupakan rumah berhantu yang ditempati keluarga Snedeker theparanormalpost.com

Lagi-lagi, kisah keluarga Snedeker ini pun hanya salah satu dari kisah hantu yang berada di Connecticut, atau di New England, belum termasuk kisah-kisah mengerikan lainnya, seperti yang diangkat ke film berjudul The Conjuring. Film ini begitu terkenal karena berdasarkan kisah nyata yang memiliki kisah yang kurang lebih sama seperti keluarga Snedeker, yaitu keluarga Perron yang menempati rumah baru yang ternyata sangat angker dan terkena kutukan ilmu hitam di Harrisville, Rhode Island.

Mengapa New England Terkenal Angker?
Poster film The Conjuring blankmaninc.com[/B]

Saking sudah parahnya kejadian yang menimpa mereka, akhirnya paranormal kondang Ed dan Lorraine Warren (The Warrens) pun ikut ambil bagian untuk menangani kasus keluarga ini. The Warrens ini jugalah yang mendirikan New England Society for Psychic Research dan juga menulis buku berjudul Graveyard: True Hauntings from an Old New England Cemetery.

Mengapa New England Terkenal Angker?
Lorraine (kiri) dan Ed (kanan) Warren, pasangan suami istri yang sudah banyak menangani kasus paranormal di New England comingsoon.net

Bagaimana? Masih beranikah kamu mengunjungi New England saat Halloween nanti?

Baca juga: Perkenalkan Lauterbrunnen, Lembah dan Desa Terindah di Eropa
Sumber: http://adventuretravel.co.id/wisata-...aat-halloween/


Diubah oleh andrianusho 01-10-2016 01:18
0
6.9K
47
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan