EntrepreneureAvatar border
TS
Entrepreneure
7 Hal yang Selalu Agan Temukan di Hari Batik Nasional



Batik merupakan ekspersi budaya sekaligus karya seni yang sarat akan cita rasa. Batik kini bukan hanya dikagumi oleh Indonesia saja, tapi telah menjadi warisan yang dipersembahkan kepada dunia.

Sejarah mencatat, 2 Oktober 2009 Batik didaulat sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO. Sebuah momentum sakral setelah melalui proses panjang.

Menurut catatan Encyclopedia Britannica, Batik lahir dari rahim budaya Indonesia pada tahun 1880. Dan kini, Batik “terlahir kembali”, yang kelahirannya kita peringati setiap tanggal 2 Oktober.

Nah, kelahiran kembali warisan leluhur ini diperingati dengan berbagai macam cara. Menurut penelusuran penulis, setidaknya 7 hal ini akan selalui kita temui di Hari Batik Nasional.


Quote:


Quote:



Quote:




Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Dari tujuh kegiatan yang setiap tahun meramaikan peringatan Hari Batik Nasional tersebut, spirit utama yang diusung adalah untuk menumbuhkan kebanggaan akan produk yang lahir dari budaya bangsa Indonesia. Berangkat dari rasa percaya diri dan bangga akan Batik, kemudian melahirkan berbagai macam aksi nyata untuk melestarikan sekaligus mengaktualisasikan Batik dalam kehidupan sehari-hari.



Mulai dari meraih manfaat ekonomi yang menghidupkan usaha kecil menengah, menebarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam filosofi setiap corak Batik, hingga menjadikan batik sebagai identias di kancah internasional. Batik bisa menjadi bagian dari gerakan diplomasi kultur.

Batik yang kian mendunia menepis anggapan sempit bahwa batik hanyalah ciri atau budaya dari suku tertentu di Indonesia. Batik telah menjelma menjadi milik Indonesia yang telah diwariskan kepada dunia.



Spoiler for BONUS :
Diubah oleh Entrepreneure 30-09-2016 10:47
0
4.2K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan