andireza20Avatar border
TS
andireza20
Apakah LM Antam bisa dipalsukan?


Apakah LM Antam dapat dipalsukan?
LM menjadi tren untuk hedging mata uang kita dari Inflasi. Terutama jenis Emas Batangan yang dibanderol sesuai dengan berat dan ukurannya. Ukurannya pun variatif mulai dari yang terkecil yaitu 0,5gr s/d yang terbesar 1000gr.

Alat investasi jangka panjang ini sangat liquid, mudah terjual. Demand masyarakat terhadap emaspun tinggi oleh sebab itu apakah ada peredaran emas palsu bersertifikat LM di masyarakat? Apakah ada oknum yang membuat emas palsu sehingga membuat banyak masyarakat merugi?

Menurut saya, Emas Antam tidak dapat dipalsukan untuk LM produksi 2011 keatas (tulisan potrait). Emas yang diproduksi pada tahun 2011 kebawah bermodel landscape dan tidak ada ciri spesifik yang ada di emas produksi 2011 keatas. Jadi emas yang diproduksi diatas tahun 2011 memiliki ciri yang sangat spesifik terhadap keaslian emas. yaitu:

1.Emas produksi 2011 keatas memiliki hologram di bagian belakang



Di bagian ini sangatlah sulit untuk para oknum yang ingin memalsukan emas LM Antam. Karena sangatlah spesifik di bagian ini. Cetakannya sangat detail hologram 3D di bagian ini, terlihat huruf L dan M apabila dilihat dari lain sudut. Jadi dibutuhkan dana yang besar sekali untuk menjadikan emas palsu menjadi cetakan seperti emas antam yang diproduksi tahun 2011 keatas. Yang pasti apabila ada oknum yang ingin mencoba membuat emas palsu di cetakan hologramnya maka sangat terlihat ketidakakuratanya. Antam membuat hologram dengan garis yang sangat presisi.

2.Pengecekan sertifikat emas yang asli seperti uang kertas, apabila diterawang.



Emas yang asli haruslah beserta sertifikat keterangan emas. Sertifikat memiliki garis air hanya bisa dilihat dengan sinar UV, garis air tersebut adalah syarat utama keaslian sertifikat emas. Dan apabila diterawang maka terdapat logo S. Jadi jika oknum membuat emas palsu, maka oknum juga harus membuat sertifikat palsu, sedangkan sertifikat yang asli sangatlah sulit juga untuk dipalsukan. Sertifikat ini hanya dapat dibuat dan diedarkan oleh Antam. Terlampir ID number di sertifikat yang cocok dengan emas sehingga emas dan sertifikat tidak dapat dipisahkan.

Apabila ada emas LM antam yang seperti ini:


Di sertifikatnya terlampir produksinya di tahun 2011 keatas yaitu tahun 2012, 2013, 2014 dst. maka patut dicurigai, dan berpikir matang lagi untuk membelinya. Karena something wrong. Produksi di tahun 2011 keatas pasti ada hologram di bagian belakang. Dan model seperti ini sudah discontinued di tahun 2011 keatas

Kesimpulan:

Tidak ada oknum yang ingin merugi, dari ciri diatas itu adalah suatu tugas yang berat terhadap oknum untuk membuat emas LM Antam palsu. Banyak cara untuk memastikan apakah emas palsu apakah emas asli. Tetapi bagi saya opini saya diatas adalah cara simple untuk saya menilai apakah emas tersebut asli ataukah palsu.

Apabila ada kesalahan dalam tulisan mohon dikoreksi ga, atau kita diskusikan bersama dan kalau berkenan boleh gan dilempar cendolnya ke saya emoticon-Cendol (S)
:
Diubah oleh andireza20 26-09-2016 17:42
0
10.6K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan