Perment103Avatar border
TS
Perment103
Hitung-hitungan Peluang Lawan Ahok dari Jumlah Kursi Yang Tersisa




Spoiler for ..:




Pendaftaran Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta sudah dibuka. Hal ini menarik untuk disimak karena bisa SEDIKIT memberikan pelajaran pada kita atas dinamika politik yang terjadi di Indonesia. DKI Jakarta begitu menarik karena memang Daerah Khusus dan menjadi barometer perkembangan politik di daerah-daerah lain.

Ane mulai cuplikan berita yang pernah dipublikasikan gan. Ini memang berita lama, namun content didalamnya masih SANGAT RELEVAN dengan keadaan hari ini dan apa yang ingin ane sampaikan pada thread ini.


Spoiler for Berita:




Spoiler for Berita:




Jadi jelas sudah bahwa untuk dapat mengusung cagub-cawagub DKI Jakarta saat ini, partai atau koalisi partai harus minimal mempunyai 22 KURSI dalam parlemen.

Ahok-Djarot sudah dipastikan mendaftar sebagai pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk periode 5 tahun ke depan. Pasangan ini telah menggunakan kuota kursi di parlemen sebesar 49% atau 52 kursi dari total 106 kursi yang tersedia di DPRD DKI Jakarta (PDIP, Golkar, Hanura dan NasDem). Sehingga tinggal tersisa enam dari sepuluh partai yang masih bisa mencalonkan pasangan untuk menghadapi pertarungan Pilkada DKI melawan Ahok-Djarot.



Dari peta kekuatan enam partai yang tersisa ini, secara matematis bisa kita lihat bahwa Gerindra yang paling 'diatas angin' diantara mereka. Artinya, Gerindra akan mempunyai kans lebih tinggi untuk menentukan siapa cagub yang akan diusung entah dengan siapapun Gerindra akan berkoalisi. Sementara PKS, PPP dan Demokrat yang mempunyai jumlah kursi relatif seimbang akan menjadi "partai papan tengah" dalam hal ini.



Namun dalam dinamika politik, posisi papan tengah bukan berarti habis. Peluang mereka untuk bisa menentukan cagub juga masih terbuka lebar, tergantung kepiawaian mereka melakukan lobi-lobi politik kepada partai yang lain.

Jika kita berharap ada 3 (tiga) pasang calon yang maju dalam Pilkada DKI Jakarta yang akan datang, maka berikut kemungkinan koalisi yang akan terjadi:





Jika Gerindra berhasil meyakinkan dua diantara tiga partai papan tengah (PKS, PPP dan Demokrat) untuk menjadi bagian dari koalisinya, maka pupus sudah harapan pertarungan Pilkada DKI dengan 3 (tiga) pasang calon. Berikut kemungkinan yang akan terjadi:



Sisa dari kemungkinan koalisi diatas tidak cukup untuk memenuhi syarat mengajukan cagub-cawagub:



Jika memang seperti itu keadaannya, maka pilihan yang mungkin bagi mereka adalah menjadi satu koalisi, atau berdiri sendiri sebagai partai oposisi. Dalam hal menjadi partai oposisi (meskipun hanya di tingkat daerah) Partai Demokrat adalah partai yang paling berpeluang untuk melakukannya.

Dari peluang-peluang tersebut diatas gan, sekarang kita lirik beberapa nama yang akhir-akhir ini sering diperbincangkan media yang digadang-gadang akan mengisi formulir pendaftaran tersisa dalam pertarungan Pilkada DKI tersebut gan. Sudah jelas bahwa kemungkinan terbanyak hanya ada 4 (empat) orang yang berpeluang, masing-masing dua cagub dan dua cawagub. Nah menurut agan-agan sekalian, siapa kira-kira yang akan masuk?.. emoticon-Big Grin

Spoiler for Calon Lain:


Nama-nama ini udah TS filter karena Ridwan Kamil, Risma Tri Harini, Ahmad Dhani dan yang lainnya udah tidak mungkin lagi ditampilkan.
emoticon-WowAda tiga nama mantan menteri loh gan..



Dinamika selanjutnya, mari kita lihat dua hari kedepan, terhitung dari terbitnya thread ini.. atau mungkin akan ada KEJUTAN LAGI?..
Kita tunggu gan.. emoticon-Big Grin


UPDATE


Maaf baru nyadar jadi Hot Thread gan, ane kira thread ini langsung basi seketika setelah konstelasi politik DKI Jakarta terbentuk dan terjawab kemana arah koalisi-koalisi mereka. Ternyata masih banyak agan yang sudi ngasih komentar.. emoticon-Big GrinThanks gans.. emoticon-Cendol (S)

Dan akhirnya, kita semua tahu bahwa hari ini (Jumat, 23 September 2016) koalisi sisa dari 6 partai yang ane bahas diatas terbentuk. Gerindra dan PKS berkomitmen dengan koalisi berbobot 26 kursi, dan empat partai lainnya membentuk poros koalisi tersendiri dengan jumlah 28 kursi. Masing-masing koalisi telah mendaftarkan cagub dan cawagub masing-masing.



Benar-benar terjadi kejutan seperti yang kita perkirakan pada masing-masing koalisi partai pengusung dimana Gerindra - PKS mengajukan Anies Baswedan & Sandiaga Uno. Sementara koalisi Demokrat-PPP-PKB-PAN lebih mengejutkan lagi dengan mengajukan nama yang relatif baru dalam bursa calon yang selama ini dibahas : Agus Harimurti Yudhoyona & Sylviana Murni..

Spoiler for calon:


emoticon-Shakehand2

Selamat bertarung untuk ketiga pasang calon di Pilkada DKI Jakarta, semoga terpilih yang terbaik.. Untuk Pak Yusril, Pak Rizal Ramli, Pak Adyaksa Dault tetap semangat pak.. Masih banyak ruang untuk memberikan pengabdian kepada bangsa..


Diubah oleh Perment103 23-09-2016 18:37
0
35K
270
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan