Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimazsutikAvatar border
TS
dimazsutik
Penanggungan via Jolotundo

Quote:


Hasil dari chit chat iseng2 berhadiyah di grup fesbuk pada hari Jumat, janjianlahkita (saia dan om Riki) buat jalan2 santai di Penanggungan via jalur Jolotundo. Sengaja pilih jalur ini karna relatif bersih dan sepi dari pendaki

Sabtu, 17 – Sept – 16
Meluncur dari gresik jam 12.30pm dengan kuda besi menuju kota kecamatan Mojosari buat COD-an dengan om Riki disono (sekitar jam 02.38pm) untuk kemudian barengan menuju pintu gerbang petilasan Jolotundo.

Sampai diJolotundo, parkirkan motor dan sedikit repack ulang barang dan kita siap jalan jam 03.50pm, track awal dimulai dari sebelah kiri gerbang masuk Jolotundo berupa anak tangga yang bakal menggarahkan kekawasan hutan untuk menuju ke Candi Bayi, sekitar 1jam perjalanan dari gerbang Jolotundo
Spoiler for candi bayi:


Lanjut melipir sebelah candi bayi dan turun memotong watu talang untuk kearah candi putri, sekitar 45menit dari candi bayi
Spoiler for candi putri:

Istirahat sebentar sambil menunggu lepas waktu magrib dan menyiapken headlamp masing-masing. Jalur menuju candi pura disebelah kanan.
Kurang dari 20menit berjalan sampailah dicandi pura

Spoiler for candi pura:

sedikit diatas candi pura ada candi gentong

Spoiler for candi gentong:


Spoiler for candi sinta:


Dan terakhir candi sinta sebelum memasuki kawasan lamtoro gunung dipunggungan gunung Penanggungan.



Medan tanjakan mulai mendominasi disini, setapak masi berupa tanah selama dalam kawasan lamtoro dan berubah menjadi kerikil dan batuan selepas kawasan hutan.
Karakter punggung Penanggungan yang hanya didominasi batuan dan rumput ilalang. Dari sini pemandangan kelip lampu kota udah terlihat jelas.

Penanggungan via Jolotundo

Jam 08.10pm sampailah kita dikawasan puncak sisi utara sambil meraba-raba dalam gelap mencari campsite dekat gua – efek kabut dan ditambah cahaya putih dari headlampkita yang membatasi jarak pandang.
Mulai kapling lokasi dan ngopi plus makan malam dan diakhiri malam itu untuk pemulihan tenaga sekitar jam 10.00pm. Entah jam berapa mulai hujan plus angin kencang, saia memutuskan untuk pindah kedalam gua karna yakin bakalan kebanjiran (efek nda pake trashbag sebagai dasaran trap tent emoticon-Hammer )

Minggu, 18 – sept -16
Tidur pules lagi setelah buka kaplingan dalam gua, dan saia terbangun entah jam berapa, liak om Riki udah sibuk dengan mainan na..wokeh ikutan keluar dari balutan sleepingbag liak suasana dikawasan puncak yang mulai rame pendaki lain sambil nyari spot untuk hunting beberapa jepretan foto.

Penanggungan via Jolotundo

Spoiler for jepret:



Selesai ambil beberapa foto kita kembali ke campsite bakal sarapan dan repack barang untuk bersiap turun ke Jolotundo lagi.
08.00am kita siap meninggalkan kawasan puncak, waktu tempuh perjalanan turun gunung ini hampir sama dengan waktu kita naik..karna efek medan yang curam ditambah strutur batuan lepas sampai masuk kawasan hutan lamtoro sebelum candi sinta..

Spoiler for turun:

09.17am kita sampai di candi sinta, foto2 dikit dan ngobrol dengan pendaki dari Sidoarjo yang buka camp dimari.

Lanjut turun ke candi gentong, candi pura, candi putri dan terakhir candi bayi. Terus memasuki kawasan hutan diatas Jolotundo sampai dengan pelataran parkiran motor.
10.45am perjalanan kita sudahi sambil melepas lelah ditemani segelas es
Diubah oleh dimazsutik 20-09-2016 07:08
0
6K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan