Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Gendut_79Avatar border
TS
Gendut_79
Ane melakukan sendiri test, bagaimana cara mendeteksi BORAKS pada ABON PALSU.........
Hari ini ane membahas cara membedakan ABON ayam/sapi asli dan ABON ayam/sapi ABAL-ABAL alias palsu. Saya pernah menyimak acara REPORTASE INVESTIGASI di televisi TransTv dua bulan yang lalu tentang hal ini. Kesimpulannya adalah kita tidak bisa membedakan baik rasa dan visual dengan mata kita mana yang asli dan palsu karena semuanya telah dimasak secara matang. Ini yang membuat kita sebagai konsumen ekstra waspada. Isi dari abon abal-abal ini yaitu daging kadaluarsa atau bekas sisa restoran dan juga BORAKS. Nah bicara perihal boraks, saya telah ungkap di Thread ane :

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16409007


tentang Teh manis abal-abal yangmengandung boraks. Hari ini saya menyempatkan untuk sekedar ISENG menguji secara lab tentang perbedaan ABON asli dan abon palsu. Untuk media abon palsu dikarenakan ane tidak tahu dimana penjual sebenarnya. Kebetulan keluarga ane membuat abon daging (Kesukaan ane juga) minggu ini. Ane minta dipisahkan bahan-bahannya untuk saya campur dengan BORAKS kemudian dimasak seperti abon asli.


(Ini bukti, NO DOPOST dan orisinal langsung dari user Gendut_79)

Coba agan lihat foto di bawah ini, TIDAK ADA PERBEDAAN antara Abon ASLI dan Abon yang ane kasih BORAKS. Seremmmmmmmm……


UJI BAKAR (Flame test)


Peralatan :
Cawan Porselen, Korek api, sample Abon, sarung tangan plastic silikon

Bahan :
  • 2 mL Asam sulfat (Sulfuric acid) pekat (Alias AIR KERAS)
  • 5 mL Alkohol absolute


(Ini bahan larutan campuran, kecuali Na2B4O5(OH)4・8H2O (Boraks) )

Prosedur :
  • Bahan abon, asam sulfat dan alcohol dimasukan ke cawan porselen. Mohon dilakukan dalam ruang terbuka dan berventilasi karena adanya gas sulfur yang muncul
  • Kemudian dibakar dengan korek api. Lihat secara seksama. Jika nyala api berwarna kuning kehijau-hijauan berarti POSITIF BORAKS, nyala api berwarna biru kekuning-kuningan berarti makanan ini NEGATIF.


(Bahan sebelum dibakar dan telah dicampur larutan)


(bahan saat dibakar)

Hati-hati gan cara menghandel asam sulfat. Asam ini boleh dikatakan sebagai AIR KERAS. Denger-denger sich gan diberita..., larutan ini sebagai metode baru PERANG ANTAR PELAJARdi Indonesia. Kena kulit.., langsung merah dan melepuh, sehingga harus digunakan sarung tangan silikon. Jangan pakai tissu ya.., Tissu aja bisa habis oleh asam ini .........kecuali kalau agan memang JAGOAN NEON hehehehe

Bagaimana gan, mudah bukan cara pengujiannya...,

Bagaimana dengan makanan padat yang diindikasikan mengandung BORAKS, saya telah melakukan test sederhana pada makanan kesukaan agan yaitu ABON daging, silahkan masuk thread ane di :

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16409007

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
0
11.6K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan