Kali ini ane bakal ngebahas tentang Jurusan Kuliah Ilmu Komukasi
Agan-agan mungkin pernah denger gak "gosip gosip" tentang anak Ilmu komunikasi(ilKom) kayak
"Anak ilmu komunikasi (ilkom) itu cuma modal ngomong doang."
"Paling nanti lulus kerjaannya jadi operator 'halo halo' di mall, bandara atau stasiun kereta api."
"Jurusan ilkom kan cuma buat anak 'buangan' yang nggak diterima di jurusan ekonomi, kedokteran dan jurusan lain yang dibanggakan." (yang ini agak sakit gann)
"Jurusan ilkom tuh cuma buat anak yang males kuliah."
"Anak ilkom pasti pinter ngomong atau cerewet abis."
Quote:
Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbalyang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik Xbadan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Atau biasa disebut dengan NonVerbalWikipedia
Quote:
Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara beromunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai saran komunikasi terhadap masyarakat .Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai 3 Peminatan namun yang sering dan ada di seluruh PTN yaitu bidang jurnalistik , PR (Public Relation) dan yang ketiga berbeda beda tiap Perguruan Tinggi(bisa Manajemen Komunikasi, Komunikasi Media, dan lain-lain.
Kali ini ane mau ngebahas apa aja yang ada di dalam Ilmu Komunikasi
Spoiler for 1. Mass Comunication:
Komunikasi massa adalah proses di mana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik). Dalam komunikasi masa, media masa menjadi otoritas tunggal yang menyeleksi, memproduksi pesan, dan menyampaikannya pada khalayak. Mulai dari teknik penulisan artikel atau cerita, teknik wawancara profesional, bagaimana berbicara secara profesional di depan publik, menganalisis dan memberikan kritik pada media, melakukan presentasi profesional, proses menciptakan film dan program TV, jurnalistik, broadcasting, media cetak, elektronik dan lainnya.Berdasarkan teorinya, efek komunikasi masa dibedakan menjadi tiga macam efek, yaitu efek terhadap individu, masyarakat, dan kebudayaan Sedikit orang yang tahu apa itu jurusan Mass Communication, namun jangan salah sangka jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang paling diminati saat ini. Menurut data dari salah satu sekolah tinggi ilmu komunikasi di Jakarta, minat mahasiswa terhadap jurusan Mass Communication menempati urutan kedua setelah jurusan Public Relation, disusul oleh jurusan Marketing Communication di posisi ketiga, International Relation, Advertising Communication, dan Performing Arts Communication.
Spoiler for 2. Performing Art Comunication:
Mempelajari seni panggung dan penampilan di depan publik. Jurusan ini cukup unik karena mahasiswanya lebih banyak dikenalkan kepada teknik langsung dan praktek ketimbang teori. Biasanya mahasiswa jurusan Performing Arts Communication akan mengadakan banyak pertunjukkan-pertunjukkan seperti acara musik, ataupun pertunjukkan teater. Di jurusan ini, kita akan dikenalkan dengan teknik-teknik pertunjukkan di atas maupun di balik panggung. Bagi kamu yang merasa kurang percaya diri, ataupun merasa bukan seseorang yang memiliki bakat untuk melakukan pertunjukkan, bukan berarti kamu tidak bisa masuk ke jurusan ini. Justru disini kamu akan dilatih untuk menjadi semakin percaya diri di atas panggung.
Spoiler for 3. Advertising Comunication:
Yap, IKLAN gan. taulah apa itu iklan. Promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Manajemen pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.
Spoiler for 4. Public Relation Comunication:
Hubungan masyarakat, atau sering disingkat humas adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat. Humas dapat mencakup sebuah organisasi atau individu yang mendapatkan eksposur ke khalayak mereka menggunakan topik kepentingan publik dan berita yang tidak memerlukan pembayaran langsung. Tujuan dari hubungan masyarakat oleh perusahaan sering untuk membujuk masyarakat, investor, mitra, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mempertahankan sudut pandang tertentu tentang hal itu, kepemimpinannya, produk, atau keputusan politik. Kegiatan umum termasuk berbicara di konferensi, memenangkan penghargaan industri, bekerja sama dengan pers, dan komunikasi karyawan. Sebagai sebuah profesi seorang Humas bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi . Di jurusan ini yang akan dipelajari adalah strategi-strategi yang efektif untuk membangun pencitraan sebuah perusahaan lengkap dengan cara meng-implementasikannya ke dalam dunia kerja yang nyata. Di jurusan ini mahasiswa akan melakukan banyak praktek yang diimbangi dengan teorinya. Jadi kamu akan diajak untuk berpikir kritis dan tanggap supaya siap menghadapi persaingan ketat di duia kerja nanti.
Spoiler for 5. Marketing Comunication:
Sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana di mana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Tapi, tau gak sih gan bedanya Maketing sama Marketing Comunication. Itu bener bener beda gan, nih ya kalo Marketing adalah ilmu yang mempelajari manajemen pemasaran, sedangkan dalam Marketing Communication diajarkan bagaimana cara mengkomunikasikan strategi pemasaran yang sudah dibuat kepada pelanggan/pemirsa.
Spoiler for 6. International Relation Communication:
Sesuai dengan namanya, jurusan ini mempelajari hubungan international. Buat kamu yang tertarik dengan pekerjaan di kedutaan, inilah jurusannya. Nah International Relation(IR) ini kurang lebihnya sama kayak Hubungan Internasional(HI) gan. Praktek komunikasi yang terjadi sudah sering melintasi internasional baik secara langsung maupun tidak langsung . Kebutuhan untuk komunikasi internasional adalah karena efek meningkat dan pengaruh globalisasi .
Yap Segitu aja dari ane, monggoh saran dan kritiknyaa gan