- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
Jokowi Bangun Rel Kereta Rp 234 T Hingga Papua, Terbesar Sejak Era Belanda


TS
4ll5ll6
Jokowi Bangun Rel Kereta Rp 234 T Hingga Papua, Terbesar Sejak Era Belanda
Jakarta - Pemerintah era Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Perhubungan, mengelontorkan anggaran sekitar Rp 234 triliun hingga 2019. Dana tersebut mayoritas dipakai membangun sarana dan prasarana transportasi massal berbasis rel, di luar Jawa.
Pemerintah akan menyambungkan pulau-pulau besar Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua dengan jaringan kereta.
"Kami sudah evaluasi untuk kebutuhan Ditjen Perkeretaapian selama 5 tahun ke depan kurang lebih Rp 234 triliun. Dana ini dipakai sebagian besar untuk
membangun jalur kereta di luar Pulau jawa," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko, Senin (9/3/2015).
Pembangunan jaringan rel di luar Jawa, kata Hermanto, awalnya ditargetkan dilakukan hingga 2030. Namun atas permintaan Presiden Jokowi, maka Kemenhub mengubah master plan perkeretaapian. Proyek tersebut akan diselesaikan hingga 2019.
Pembangunan rel kereta di luar Jawa secara bisnis ada yang layak dan tidak, sehingga mayoritas pembangunan infrastruktur ini akan ditanggung oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dan sebagian ada pula yang dibiayai dari Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS).
"Proyek kereta di luar Jawa dimulai tahun 2016," jelasnya.
Pembangunan jaringan kereta baru nantinya membentang sepanjang 3.258 kilometer (km). Bila terealisasi, maka proyek ini merupakan yang terpanjang pasca era pemerintahan kolonial Belanda. Pasalnya mayoritas jaringan kereta yang ada saat ini, sekitar 985 KM, merupakan peninggalan jaringan kereta era penjajahan.
Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Sumatera
Jalur KA baru Bireun-Lhokseumawe-Langsa-Besitang
Jalur KA baru Rantauprapat-Duri-Dumai
Jalur KA baru Duri-Pekanbaru
Jalur KA baru Pekanbaru-Muaro
Jalur KA baru Pekabaru-Jambi-Palembang
Jalur KA baru Simpang-Tanjung Api-Api
Jalur ganda KA Prabumulih-Kertapati
Jalur ganda KA Baturaja-Martapura
Jalur ganda KA Muara Enim-Lahat
Jalur ganda KA Cempaka -Tanjung Karang
Jalur ganda KA Sukamenanti-Tarahan
Jalur KA baru Rejosari/KM3-Bakauheni
Reaktivasi Jalur KA
Binjai-Besitang
Padang Panjang-Bukit Tinggi-Payakumbuh
Pariaman-Naras-Sungai Limau
Muaro Kalaban-Muaro
Pembangunan Kereta Api Perkotaan/Jalur Ganda/Elektrifikasi/Jalur Baru Akses ke Pusat Kegiatan
Perkotaan Medan (Jalur Ganda KA Medan-Araskabu-Kualanamu)
Perkotaan Padang (Padang-BIM dan Padang-Pariaman)
Perkotaan Batam (Batam Center-Bandara Hang Nadim)
Perkotaan Palembang (Monorel)
Pembangunan Kereta Api Akses Bandara
Bandara Kualanamu, Medan (peningkatan kapasitas)
Bandara Internasional Minangkabau, Padang
Bandara Hang Nadim, Batam
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II
Pembangunan Kereta Api Akses Pelabuhan
Pelabuhan Lhokseumawe
Pelabuhan Belawan
Pelabuhan Kualatanjung
Pelabuhan Dumai
Pelabuhan Tanjung Api-Api
Pelabuhan Panjang
Pelabuhan Bakauheni
2. Koridor Pulau Kalimantan
Muara Wahau-Muara Bengalon
Murung raya-Kutai Barat-Paser-Panajam Paser Utara-Balikpapan
Puruk Cahu-Mangkatib
Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Kalimantan
Jalur KA baru Tanjung-Paringin-Barabai-Rantau-Martapura-Banjarmasin
Jalur KA baru Balikpapan-Samarinda
Jalur KA baru Tanjung-Balikpapan
Jalur KA baru Banjarmasin-Palangkaraya
Jalur KA baru Palangkaraya -Sangau-Pontianak-Batas Negara
Jalur KA baru Samarinda-Sangata-Tanjung Redep-Batas Negara
Pembangunan Kereta Api Akses Bandara
Bandara Syamsuddin Noor
3. Koridor Pulau Sulawesi
Jalur KA baru Manado-Bitung
Jalur KA baru Bitung-Gorontalo-Isimu
Jalur KA baru Pare Pare-Mamuju
Jalur KA baru Makassar-Pare Pare
Jalur KA baru Makassar-Sungguhminasa-Takalar-Bulukumba-Watampone
Jalur KA baru Mamuju-Palu-Isimu
Pembangunan Kereta Api Perkotaan
Perkotaan Makassar dan sekitarnya
Perkotaan Manado
Pembangunan Kereta Api Akses Bandara/Pelabuhan
Bandara Sultan Hasanuddin
Pelabuhan Garonggong, Pelabuhan New Makassar
Pelabuhan Bitung
4. Koridor Pulau Papua
Pembangunan Jalur KA baru di Papua baru direncanakan satu, yaitu untuk jalur Sorong-Manokwari
http://finance.detik.com/read/2015/0...belanda#bigpic
tunggu komen panasbung yg pasti pesimis
Pemerintah akan menyambungkan pulau-pulau besar Indonesia, seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua dengan jaringan kereta.
"Kami sudah evaluasi untuk kebutuhan Ditjen Perkeretaapian selama 5 tahun ke depan kurang lebih Rp 234 triliun. Dana ini dipakai sebagian besar untuk
membangun jalur kereta di luar Pulau jawa," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko, Senin (9/3/2015).
Pembangunan jaringan rel di luar Jawa, kata Hermanto, awalnya ditargetkan dilakukan hingga 2030. Namun atas permintaan Presiden Jokowi, maka Kemenhub mengubah master plan perkeretaapian. Proyek tersebut akan diselesaikan hingga 2019.
Pembangunan rel kereta di luar Jawa secara bisnis ada yang layak dan tidak, sehingga mayoritas pembangunan infrastruktur ini akan ditanggung oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dan sebagian ada pula yang dibiayai dari Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS).
"Proyek kereta di luar Jawa dimulai tahun 2016," jelasnya.
Pembangunan jaringan kereta baru nantinya membentang sepanjang 3.258 kilometer (km). Bila terealisasi, maka proyek ini merupakan yang terpanjang pasca era pemerintahan kolonial Belanda. Pasalnya mayoritas jaringan kereta yang ada saat ini, sekitar 985 KM, merupakan peninggalan jaringan kereta era penjajahan.
Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Sumatera
Jalur KA baru Bireun-Lhokseumawe-Langsa-Besitang
Jalur KA baru Rantauprapat-Duri-Dumai
Jalur KA baru Duri-Pekanbaru
Jalur KA baru Pekanbaru-Muaro
Jalur KA baru Pekabaru-Jambi-Palembang
Jalur KA baru Simpang-Tanjung Api-Api
Jalur ganda KA Prabumulih-Kertapati
Jalur ganda KA Baturaja-Martapura
Jalur ganda KA Muara Enim-Lahat
Jalur ganda KA Cempaka -Tanjung Karang
Jalur ganda KA Sukamenanti-Tarahan
Jalur KA baru Rejosari/KM3-Bakauheni
Reaktivasi Jalur KA
Binjai-Besitang
Padang Panjang-Bukit Tinggi-Payakumbuh
Pariaman-Naras-Sungai Limau
Muaro Kalaban-Muaro
Pembangunan Kereta Api Perkotaan/Jalur Ganda/Elektrifikasi/Jalur Baru Akses ke Pusat Kegiatan
Perkotaan Medan (Jalur Ganda KA Medan-Araskabu-Kualanamu)
Perkotaan Padang (Padang-BIM dan Padang-Pariaman)
Perkotaan Batam (Batam Center-Bandara Hang Nadim)
Perkotaan Palembang (Monorel)
Pembangunan Kereta Api Akses Bandara
Bandara Kualanamu, Medan (peningkatan kapasitas)
Bandara Internasional Minangkabau, Padang
Bandara Hang Nadim, Batam
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II
Pembangunan Kereta Api Akses Pelabuhan
Pelabuhan Lhokseumawe
Pelabuhan Belawan
Pelabuhan Kualatanjung
Pelabuhan Dumai
Pelabuhan Tanjung Api-Api
Pelabuhan Panjang
Pelabuhan Bakauheni
2. Koridor Pulau Kalimantan
Muara Wahau-Muara Bengalon
Murung raya-Kutai Barat-Paser-Panajam Paser Utara-Balikpapan
Puruk Cahu-Mangkatib
Pembangunan Kereta Api Antar Kota/Trans Kalimantan
Jalur KA baru Tanjung-Paringin-Barabai-Rantau-Martapura-Banjarmasin
Jalur KA baru Balikpapan-Samarinda
Jalur KA baru Tanjung-Balikpapan
Jalur KA baru Banjarmasin-Palangkaraya
Jalur KA baru Palangkaraya -Sangau-Pontianak-Batas Negara
Jalur KA baru Samarinda-Sangata-Tanjung Redep-Batas Negara
Pembangunan Kereta Api Akses Bandara
Bandara Syamsuddin Noor
3. Koridor Pulau Sulawesi
Jalur KA baru Manado-Bitung
Jalur KA baru Bitung-Gorontalo-Isimu
Jalur KA baru Pare Pare-Mamuju
Jalur KA baru Makassar-Pare Pare
Jalur KA baru Makassar-Sungguhminasa-Takalar-Bulukumba-Watampone
Jalur KA baru Mamuju-Palu-Isimu
Pembangunan Kereta Api Perkotaan
Perkotaan Makassar dan sekitarnya
Perkotaan Manado
Pembangunan Kereta Api Akses Bandara/Pelabuhan
Bandara Sultan Hasanuddin
Pelabuhan Garonggong, Pelabuhan New Makassar
Pelabuhan Bitung
4. Koridor Pulau Papua
Pembangunan Jalur KA baru di Papua baru direncanakan satu, yaitu untuk jalur Sorong-Manokwari
http://finance.detik.com/read/2015/0...belanda#bigpic
tunggu komen panasbung yg pasti pesimis

BUKTI
Quote:
Diubah oleh 4ll5ll6 10-03-2015 18:44


tien212700 memberi reputasi
1
17.9K
306


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan