hels83Avatar border
TS
hels83
Tips Cara Mengatasi Kucing yang Hobi Menggaruk Perabotan Rumah
Cara Mengatasi Kucing yang Hobi Menggaruk Perabotan Rumah


Garuk sana, garuk sini

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan ke kami adalah dari para pemilik kucing yang marah perihal cakar kucing yang merusak benda-benda dirumah. Mungkin dalam pikiran kita kucing diam-diam membemci kita (apakah ada alasan lain mengapa kucing-kucing merusak sofa baru kita?), mereka hanya mengikuti insting alami mereka saat “merusak” dengan menggunakan cakarnya.

Tips Pertama : berikan barang-barang yang menarik untuk digaruk untuk mengalihkan keinginan kucing untuk menggaruk. Kalau tipe kucing kamu tipe yang suka menggaruk karpet, sebuah potongan karpet yang rata atau boks yang diletakkan secara vertical akan sangat berguna.

Kucing yang suka menggaruk sofa cenderung menyukai menggaruk benda dengan posisi horizontal.

Sebaiknya berikan bermacam benda dengan berbagai tipe dan tekstur, jadi mereka tidak akan cepat bosan. Gerakan menggaruk akan melenturkan kaki kucing dan membuat kukunya tetap terisi, sementara itu jauhkan mereka dari karpet dan perabot rumah tangga.

Tips kedua : letakkan scratching pad di berbagai sudut rumah yang biasa dikunjungi kucing. Idealnya diletakkan di tempat yang biasanya menjadi pusat kegiatan rumah tangga, khususnya tempat dimana biasanya kamu sering berada. Jika kamu sembunyikan scratching pad nya, maka kucing tidak akan mencari dan menggunakannya.

Tips ketiga : Letakkan catnip diatas tempat menggaruknya, dan pancinglah kucing kamu untuk mendekatinya dengan menggunakan mainan. Saat kucing memilih untuk tidak menggaruk sofa, pujilah dan berikan bonus yang enak agar diingat sebagai pengalaman positif. Saat kamu melihat kucing menggaruk sofa atau karpet, bimbinglah dengan lembut untuk menggaruk ditempat yang tepat yang telah disediakan, lalu berikanlah bonus. Dengan pemberian bonus, kucing akan memahami bahwa dia akan mendapatkan bonus apabila menggaruk ditempat yang telah disediakan, bukan sofa atau karpet.

Banyak petshop di Indonesia yang menjual produk cat stracther yang sudah include catnip didalamnya. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Tips keempat : berikan cinta dan waktu bermain yang banyak kepada kucing kamu. Rasa bosan akan membuatnya menciptakan kebahagiaan sendiri dengan menyerang perabot rumah, hal ini memungkinkan kucing melepaskan energi yang tertahan dengan melampiaskannya pada perabot rumah kamu. Bermainlah dengan kucing kamu sampai dia merasa lelah sehingga dia tidak akan mengubah dekorasi rumah kamu dengan cakaran-cakarannya.


Mengapa kucing menggaruk?

Menggaruk adalah sebuah bagian penting dalam hidup kucing. Dengan menggunakan cakarnya, kucing dapat memperkuat otot kakinya pada waktu yang bersamaan. Ini juga dapat mempercepat proses pegelupasan lapisan luar dari cakar kucing dan membuatnya bersih dengan lapisan yang baru. Inilah pergi ke salon versi kucing.

Kucing juga menggaruk untuk menandai daerah kekuasaannya. Dengan meninggalkan aroma dan tanda fisik ditempat yang mereka sukai sehingga kucing lain tahu dan segera pergi. Ini juga bagian dari insting berburu alami nya, dengan menggaruk akan membuat cakarnya tajam dan selalu siap untuk perburuan berikutnya.

Simpelnya, kucing harus menggaruk untuk membuat kaki dan kukunya tetap sehat. Di alam bebas, ini sangat penting jadi mereka dapat berburu untuk makan malamnya. Dan juga, menggaruk terasa nikmat.

Kamu tidak akan bisa membuatnya berhenti menggaruk, tapi kamu dapat mengalihkannya menggaruk di tempat yang disediakan.

Zona terlarang untuk menggaruk

Biarkan mereka mengetahui bahwa ada beberapa tempat didalam rumah yang tidak boleh digaruk. Lindungi sofa dan kursi agar menjadi tidak nyaman untuk disentuh kucing. Sementara tutup sofa dan kursi dengan plastic agar tidak bisa digaruk. Tempelkan isolasi dua sisi (double tip) pada perabot rumah, karena kucing tidak menyukai sesuatu yang lengket. Kamu juga bisa semprot perabot dan karpet dengan menggunakan cairan beraroma jeruk. Kebanyakan kucing tidak menyukai aroma sitrus.

Jika kamu melihat kucing kamu di zona terlarang, tepuk tanganlah, atau lemparkan mainan yang lembut agar perhatiannya teralihkan dengan mengejar mainan tersebut. Karena kucing pada dasarnya memang harus menggaruk, maka sediakanlah tempat khusus dan ajaklah untuk menggaruk ditempat yang telah disediakan sehingga kucing akan menjauhi zona terlarang.


Potong kuku kucing

Memotong kuku secara rutin akan mengurangi bahaya yang bisa ditimbulkan. Kamu bisa membawanya ke salon kucing atau belajar melakukan sendiri dirumah. Kalau kamu belum pernah memotong kuku kucing sebelumnya, mintalah dokter hewan untuk menunjukkan bagian mana yang harus dipotong. Atau bisa juga dibaca tulisan kami sebelumnya tentang cara memotong kuku kucing

Kamu juga bisa memasang penutup kuku dibagian depan cakar kucing agar tidak merusak benda-benda didalam rumah. Kamu bisa melakukan ini dirumah, salon perawatan atau minta dokter hewan untuk melakukannya. Penutup kuku tersedia dalam berbagai warna dan akan bertahan selama enam minggu.


Gimana catlovers? jadi makin sayang dong sama kucing di rumah kalau tidak menggaruk-garuk atau mencakar sofa dan perabotan lagi.

Artikel asli bergambar. Ane males upload satu persatu gambarnya gan hehe. ini sumber nya
0
4.4K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan