- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengintip Bagaimana Suksesnya Game Dota 2


TS
gebolextreme
Mengintip Bagaimana Suksesnya Game Dota 2

Quote:
Helo gansis! siapa yang gak tau sih game Dota 2, game MOBA yang digandrungi para gamers diseluruh dunia, sedang berada dipuncak popularitas, usai menggelar event tahunan The International 6 yang punya prize pool sangat besar, semakin membuktikan bahwa game ini sangat digemari oleh seluruh gamers
tapi, kesuksesan Dota 2 dalam meraih pangsa pasar tidak semudah kelihatannya loh, ternyata Valve sebagai developer game Dota 2 ternyata sudah memikirkan dengan matang, dan membuat rencana yang sangat sistematis, luar biasa, Hail Gabe Newell.
tapi, kesuksesan Dota 2 dalam meraih pangsa pasar tidak semudah kelihatannya loh, ternyata Valve sebagai developer game Dota 2 ternyata sudah memikirkan dengan matang, dan membuat rencana yang sangat sistematis, luar biasa, Hail Gabe Newell.
Quote:
Disclaimer : Disini ane cuma mencoba memandang sisi bisnis dari game dota 2 berdasarkan kacamata awam, jikalau ada kesalahan atas analisis atau hal yang bersangkutan, mohon dimaklumi
.:terimakasih :terimakasih
Mengusung Nama Besar

Quote:
ditahun 2000-an, Game DotA alias Defense Of The Ancients adalah game yang sangat populer, bahkan saking populernya, game DotA pun yang notabenenya adalah mod dari game Warcraft 3, lebih dikenal daripada game originalnya tersebut.
Karena nama yang besar itu serta kepopulerannya, valve pun mengakuisisi nama tersebut menjadi game Dota 2, bahkan, saat perebutan hak cipta atas nama, Valve pun berjuang mati matian dan akhirnya bisa menggunakan nama Dota atas game nya tersebut,
Valve sebenarnya bertujuan untuk mengajak para gamers mencicipi new experience dalam gaming dengan Source Engine milik Valve, selain ketajaman Valve melihat peluang akan runtuhnya orde Warcraft 3, Valve juga berkomitmen tinggi menghasilkan Engine yang berkualitas, terbukti Dota 2 dialihkan menggunakan Source 2 Engine dan menghasilkan Experience yang sangat luar biasa.
What an Amazing Strategy.

Karena nama yang besar itu serta kepopulerannya, valve pun mengakuisisi nama tersebut menjadi game Dota 2, bahkan, saat perebutan hak cipta atas nama, Valve pun berjuang mati matian dan akhirnya bisa menggunakan nama Dota atas game nya tersebut,
Valve sebenarnya bertujuan untuk mengajak para gamers mencicipi new experience dalam gaming dengan Source Engine milik Valve, selain ketajaman Valve melihat peluang akan runtuhnya orde Warcraft 3, Valve juga berkomitmen tinggi menghasilkan Engine yang berkualitas, terbukti Dota 2 dialihkan menggunakan Source 2 Engine dan menghasilkan Experience yang sangat luar biasa.
What an Amazing Strategy.
Quote:

Dota 1 VS Dota 2

Gaet IceFrog, semuanya Clear!

Quote:
Ternyata otak bisnis GabeN memang sangat canggih, saat sedang hot hotnya gamenya, Valve pun menghubungi dan memperkerjakan IceFrog pada tahun 2009, bukan tidak lain untuk mengurusi proyek Dota 2
suatu langkah yang sangat luar biasa dari valve, bisa dilhat sekarang, bahkan development dari game Dota Original pun sudah terhenti dikarenakan IceFrog kini bekerja untuk Valve
Bahkan, dengan adanya IceFrog disisi Valve semakin membuktikan bahwa Dota 2 adalah penerus resmi dari Dota, meskipun banyak hambatan terutama dari Copyright dari publisher game awal Dota, yaitu Blizzard
Dan tentu saja, yang paling anyar adalah Hero resmi yang akan segera dirilis, adalah ide dari IceFrog sendiri, dengan hero Dota 1 yang sudah lengkap di Dota 2, Valve siap merilis hero baru yang belum ada di Dota 1, Monkey King.
Bravo GabeN!

Penampakan Monkey King
suatu langkah yang sangat luar biasa dari valve, bisa dilhat sekarang, bahkan development dari game Dota Original pun sudah terhenti dikarenakan IceFrog kini bekerja untuk Valve
Bahkan, dengan adanya IceFrog disisi Valve semakin membuktikan bahwa Dota 2 adalah penerus resmi dari Dota, meskipun banyak hambatan terutama dari Copyright dari publisher game awal Dota, yaitu Blizzard
Dan tentu saja, yang paling anyar adalah Hero resmi yang akan segera dirilis, adalah ide dari IceFrog sendiri, dengan hero Dota 1 yang sudah lengkap di Dota 2, Valve siap merilis hero baru yang belum ada di Dota 1, Monkey King.
Bravo GabeN!
Quote:

Penampakan Monkey King

Main Gratis, Semua Bisa Main.

Quote:
Ini juga langkah yang sangat cerdik dari Valve, tidak hanya menggunakan nama besar Dota untuk game terbarunya, dengan embel embel Free To Play, alias Main Gratis, Valve menarik semua gamers diseluruh dunia untuk bermain game ini.
Padahal, di tahun yang hampir bersamaan, Valve juga merilis game Flagship dari Franchise nya, Counter Strike, Counter Strike : Global Offensive, dengan sistem berbayar,
Bisa dilihat Valve sudah sangat optimistis bahwa game Dota 2 akan mendatangkan banyak gamers, apalagi dengan sistem Free To Play
hal ini pun terbukti, dua bulan sebelum Official Release, Dota 2 sudah dimainkan oleh 330.000 Pemain aktif dan memecahkan rekor sebagai pemain terbanyak dalam satu waktu
Wow, What A Move GabeN!

Jumlah Pemain dalam satu waktu
Padahal, di tahun yang hampir bersamaan, Valve juga merilis game Flagship dari Franchise nya, Counter Strike, Counter Strike : Global Offensive, dengan sistem berbayar,
Bisa dilihat Valve sudah sangat optimistis bahwa game Dota 2 akan mendatangkan banyak gamers, apalagi dengan sistem Free To Play
hal ini pun terbukti, dua bulan sebelum Official Release, Dota 2 sudah dimainkan oleh 330.000 Pemain aktif dan memecahkan rekor sebagai pemain terbanyak dalam satu waktu
Wow, What A Move GabeN!
Quote:
Jumlah Pemain dalam satu waktu

Promosi? sedikit aja ya..

Quote:
selain karena nama besar dota yang sangat membahana, ternyata Valve juga punya trik sendiri dalam hal promosi
Promosi awal Game Dota 2 tentu saja pada pergelaran The International 2011, tapi, Valve menggunakan Promosi yang tidak biasa, Valve menggunakan User dan Gamers untuk mempromosikan gamenya, kok bisa?
The International 2011 diusung di Cologne Germany, memiliki Prize Pool terbanyak dalam sejarah, 1,6 Juta dollar dengan Juara satu membawa Hadiah sebesar 1 Juta Dollar.
1 Juta Dollar hanya dari memenangkan game? Hype yang sukses diciptakan Valve berhasil menyukseskan Turnamen Dunia itu, sekaligus mempromosikan Game mereka, melalui gamers mereka
Bukan cuma itu, Valve yang mengusung tiket untuk menonton sebuah game turnamen, justru sangat welcome terhadap situs streaming gaming seperti Twitch.tv, ini sangat aneh, mengingat berarti tiket mereka tidak terbeli dan orang justru menonton di Twitch, tapi ternyata pikiran mereka tidak sependek itu, dan Twitch pun sukses menjadi salah satu partner Streaming Dota 2, dan ajang Promosi, secara cuma cuma.
Valve pun sangat welcome terhadap channel Youtube khusus Dota 2, seperti DotaCinema, ini seperti diberikan hak eksklusif untuk menyebar luaskan Game Dota 2 melalui gamers mereka, lagi lagi secara gratis.
Valve pun memberikan akses untuk Perfect World , untuk mengembangkan game Dota 2 versi China, sekaligus untuk mengembangkan sayap mereka di China.
Langkah Promosi ternyata belum usai, Valve pun merilis satu Film bertajuk Dota 2 yang diberikan judul Free to Play, dengan menggaet 3 Pemain Ikonik dalam pargelaran The International 2011, Dendi, Fear dan hyhy, sukses juga, terbukti dengan membeludaknya fans dari ketiga Ikon pemain Dota 2 tersbut.
Belum lagi Major dan The International yang sengaja ditaruh di Ke Empat regional, The International (U.S), Frankfurt Major (Europe), Manila Major (SE Asia), dan Shanghai Major (China)
Hail Lord GabeN!

Dota 2 Major & The International
Promosi awal Game Dota 2 tentu saja pada pergelaran The International 2011, tapi, Valve menggunakan Promosi yang tidak biasa, Valve menggunakan User dan Gamers untuk mempromosikan gamenya, kok bisa?
The International 2011 diusung di Cologne Germany, memiliki Prize Pool terbanyak dalam sejarah, 1,6 Juta dollar dengan Juara satu membawa Hadiah sebesar 1 Juta Dollar.
1 Juta Dollar hanya dari memenangkan game? Hype yang sukses diciptakan Valve berhasil menyukseskan Turnamen Dunia itu, sekaligus mempromosikan Game mereka, melalui gamers mereka
Bukan cuma itu, Valve yang mengusung tiket untuk menonton sebuah game turnamen, justru sangat welcome terhadap situs streaming gaming seperti Twitch.tv, ini sangat aneh, mengingat berarti tiket mereka tidak terbeli dan orang justru menonton di Twitch, tapi ternyata pikiran mereka tidak sependek itu, dan Twitch pun sukses menjadi salah satu partner Streaming Dota 2, dan ajang Promosi, secara cuma cuma.
Valve pun sangat welcome terhadap channel Youtube khusus Dota 2, seperti DotaCinema, ini seperti diberikan hak eksklusif untuk menyebar luaskan Game Dota 2 melalui gamers mereka, lagi lagi secara gratis.
Valve pun memberikan akses untuk Perfect World , untuk mengembangkan game Dota 2 versi China, sekaligus untuk mengembangkan sayap mereka di China.
Langkah Promosi ternyata belum usai, Valve pun merilis satu Film bertajuk Dota 2 yang diberikan judul Free to Play, dengan menggaet 3 Pemain Ikonik dalam pargelaran The International 2011, Dendi, Fear dan hyhy, sukses juga, terbukti dengan membeludaknya fans dari ketiga Ikon pemain Dota 2 tersbut.
Belum lagi Major dan The International yang sengaja ditaruh di Ke Empat regional, The International (U.S), Frankfurt Major (Europe), Manila Major (SE Asia), dan Shanghai Major (China)
Hail Lord GabeN!
Quote:

Dota 2 Major & The International

Tancap Kuku, Peras Mereka Semua.
Quote:

Quote:
Ya, usai strategi bisnis maut milik Valve dan nahkodanya GabeN, kini tinggal finishing, ya finishing untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya,
berbagai cara ditempuh Valve untuk mendapat keuntungan, antara lain
* Cosmetics Items
Kosmetik Item adalah sumber pemasukan utama dari game ini, seolah paham dengan game MMORPG yang kebanyakan menggunakan enhanced Items, Justru Dota 2 Cosmetics Items sebagai pencantik Hero, tapi bukan tanpa pertimbangan loh, Valve yang berkomitmen dengan Enginenya, berhasil menciptakan item yang realistis sehingga kosmetik yang digunakan bisa berefek besar secara visual.
*Rarity Item
ini juga cara Valve mendapat kan keuntungan, dengan mengecilkan kesempatan mendapatkan item tertentu dan membuat harganya sangat melambung tinggi di Community Market, ini pernah terjadi ketika ada treasure yang eksklusif sehingga harganya sangat mahal dipasaran.
Begitu juga dengan rarity Arcana yang memiliki efek skill khusus dan perubahan hampir disemua aspek, dijual mahal dengan rataan harga 35 dolar, dengan harga itu, Arcana adalah rarity tertinggi, namun bukan yang termahal, karena jumlahnya yang banyak, namun dari harga asli yang sudah mahal.
Ada yang mengatakan rarity tertinggi adalah Ancients, tapi Valve sudah tidak merilis lagi Item dengan rarity Ancients.
*Quality Item.
Ini juga pernah ditempuh Valve supaya hunting item menjadi lebih mantap dan item yang langka jika memiliki kualitas tinggi juga menghasilkan item yang lebih langka lagi artinya = uang lebih banyak yang didapat Valve
Quality item berupa Frozen, Auspicius, Corrupted, Exalted,dll quality yang tadinya bisa didapat dengan cara crafting, kini sudah dihapus keberadaannya oleh Valve, entah kenapa, menurut pertimbangan ane, karena kualitas Item tidak mempengaruhi sama sekali Item dalam in-game maupun skill.
Namun, Valve tidak kehilangan ide untuk quality item ini, Valve pun mengakalinya dengan diadakannya Infusable Item yang membuat item tersebut sangat menawan jika di Infuse, Peng-Infuse-an pun menggunakan Item, menghasilkan Quality Infused
Selain Infused ada quality Exalted dan Autographed yang memang mengubah harga item dan kualitas nya, karena kualitas item tersebut berbeda, contoh Autographed oleh pemain Pro terkenal dll.
*Compendium
Nah inilah manuver paling cantik dari Valve, pertama dirilis pada The International 2013, berhasil mencetak 2.875.000 dollar tambahan Prize Pool, padahal, yang dijadikan tambahan Prize Pool hanya sekitar 25%, bisa dibayangkan keuntungan Valve dari menjual compendium?
Keuntungan yang gila gilaan, membuat Valve gelap mata, yang pada awalnya Compendium hanya untukThe International, Valve pun terus membuat Compendium di beberapa ajang turnamen, seperti Dota 2 Asian Camphionship 2015, dan Major, Frankfurt, Shanghai, dan Manila Major.
Yang pada awalnya Compendium bertujuan untuk melaporkan setiap detil kejadian The International, seperti pemain, team, Overview Turnamen, menjadi ajang Show Off tim Valve mengeluarkan Item Andalannya, seperti Immortal Item yang hanya keluar di Compendium, kemudian beberapa efek in-game dengan waktu terbatas, kemudian, Treasure dikeluarkan secara massive, ada yang gratis dengan menaikkan level Compendium ataupun dengan Membeli Treasurenya khusus pemilik Compendium, dengan iming iming Naik level juga.
Dan yang paling wah ya iming iming Item Prestige untuk yang berhasil mencapai level tertentu dan Aegis Miniatur untuk pemilik Level 1000 Compendium Wow.
Dengan sistem yang sangat kompleks dan Addictive itu, Valve berhasil "memeras" gamers nya dengan item cantik dan rela mengeluarkan uang banyak demi Item Prestige tersebut.
GabeN memang hebat

Contoh Compendium sekaligus Batlle Pass 2016
berbagai cara ditempuh Valve untuk mendapat keuntungan, antara lain
* Cosmetics Items
Kosmetik Item adalah sumber pemasukan utama dari game ini, seolah paham dengan game MMORPG yang kebanyakan menggunakan enhanced Items, Justru Dota 2 Cosmetics Items sebagai pencantik Hero, tapi bukan tanpa pertimbangan loh, Valve yang berkomitmen dengan Enginenya, berhasil menciptakan item yang realistis sehingga kosmetik yang digunakan bisa berefek besar secara visual.
*Rarity Item
ini juga cara Valve mendapat kan keuntungan, dengan mengecilkan kesempatan mendapatkan item tertentu dan membuat harganya sangat melambung tinggi di Community Market, ini pernah terjadi ketika ada treasure yang eksklusif sehingga harganya sangat mahal dipasaran.
Begitu juga dengan rarity Arcana yang memiliki efek skill khusus dan perubahan hampir disemua aspek, dijual mahal dengan rataan harga 35 dolar, dengan harga itu, Arcana adalah rarity tertinggi, namun bukan yang termahal, karena jumlahnya yang banyak, namun dari harga asli yang sudah mahal.
Ada yang mengatakan rarity tertinggi adalah Ancients, tapi Valve sudah tidak merilis lagi Item dengan rarity Ancients.
*Quality Item.
Ini juga pernah ditempuh Valve supaya hunting item menjadi lebih mantap dan item yang langka jika memiliki kualitas tinggi juga menghasilkan item yang lebih langka lagi artinya = uang lebih banyak yang didapat Valve

Quality item berupa Frozen, Auspicius, Corrupted, Exalted,dll quality yang tadinya bisa didapat dengan cara crafting, kini sudah dihapus keberadaannya oleh Valve, entah kenapa, menurut pertimbangan ane, karena kualitas Item tidak mempengaruhi sama sekali Item dalam in-game maupun skill.
Namun, Valve tidak kehilangan ide untuk quality item ini, Valve pun mengakalinya dengan diadakannya Infusable Item yang membuat item tersebut sangat menawan jika di Infuse, Peng-Infuse-an pun menggunakan Item, menghasilkan Quality Infused
Selain Infused ada quality Exalted dan Autographed yang memang mengubah harga item dan kualitas nya, karena kualitas item tersebut berbeda, contoh Autographed oleh pemain Pro terkenal dll.
*Compendium
Nah inilah manuver paling cantik dari Valve, pertama dirilis pada The International 2013, berhasil mencetak 2.875.000 dollar tambahan Prize Pool, padahal, yang dijadikan tambahan Prize Pool hanya sekitar 25%, bisa dibayangkan keuntungan Valve dari menjual compendium?
Keuntungan yang gila gilaan, membuat Valve gelap mata, yang pada awalnya Compendium hanya untukThe International, Valve pun terus membuat Compendium di beberapa ajang turnamen, seperti Dota 2 Asian Camphionship 2015, dan Major, Frankfurt, Shanghai, dan Manila Major.
Yang pada awalnya Compendium bertujuan untuk melaporkan setiap detil kejadian The International, seperti pemain, team, Overview Turnamen, menjadi ajang Show Off tim Valve mengeluarkan Item Andalannya, seperti Immortal Item yang hanya keluar di Compendium, kemudian beberapa efek in-game dengan waktu terbatas, kemudian, Treasure dikeluarkan secara massive, ada yang gratis dengan menaikkan level Compendium ataupun dengan Membeli Treasurenya khusus pemilik Compendium, dengan iming iming Naik level juga.
Dan yang paling wah ya iming iming Item Prestige untuk yang berhasil mencapai level tertentu dan Aegis Miniatur untuk pemilik Level 1000 Compendium Wow.
Dengan sistem yang sangat kompleks dan Addictive itu, Valve berhasil "memeras" gamers nya dengan item cantik dan rela mengeluarkan uang banyak demi Item Prestige tersebut.
GabeN memang hebat
Quote:

Contoh Compendium sekaligus Batlle Pass 2016

Quote:
Oke itulah sedikit analisis ane perihal Perkembangan Dota 2 yang sangat wow menurut ane, dengan umur yang masih belia, tapi sudah bagaikan raksasa menggurita, bahkan pesaing pesaingnya seperti LoL dan HoN pun, tidak memiliki Tournament sebesar yang dimiliki Dota 2, menunjukkan perbedaan yang cukup jauh.
Dengan Dota 2 Pula, Valve semakin menancapkan sebagai Raja di Dunia PC Gaming, selain dengan Steam milik Valve dan Franchisenya yang sangat luar biasa.
Dengan Dota 2 Pula, Valve semakin menancapkan sebagai Raja di Dunia PC Gaming, selain dengan Steam milik Valve dan Franchisenya yang sangat luar biasa.
Spoiler for "sumur":
Happy Long Weekend Depan Kompi Gan!





Diubah oleh gebolextreme 11-09-2016 23:23
0
15.8K
Kutip
223
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan