Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dhe700Avatar border
TS
dhe700
7 Bahaya Fatal Smartphone Bagi Otak Kamu

7 Bahaya Fatal Smartphone Bagi Otak Kamu

Penggunaan smartphone atau ponsel pintar merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sekarang. Baik itu untuk menelepon, mendengarkan musik, bermain game dan masih banyak lainnya. Apakah kalian pernah atau sering menggunakan smartphone untuk menelepon lebih dari 2 jam.?? Atau kalian pernah bermain game smartphone lebih dari 4 jam.?? Nah, kamu wajib tau 7 bahaya smartphone bagi otak.

Penelitian dari WHO menyatakan bahwa ada beberapa bahaya yang dapat di timbulkan dari rediasi ponsel ini. Salah satu bahaya ponsel bagi otak adalah dapat menimbulkan beberapa penyakit serius.

Komunikasi pada smartphone menggunakan gelombang radio melalui jaringan antena tetap yang disebut BTS. BTS (Base Transceiver Station) adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator.



Ponsel pintar adalah sebuah pemancar frekuensi radio bertenaga rendah, beroperasi pada frekuensi antara 450 dan 2700 MHz dengan kekuatan puncak di kisaran 0,1 hingga 2 Watt.

Silahkan kamu simak 7 bahaya smartphone bagi otak

1. Meningkatkan Resiko Kanker Otak
Spoiler for gambar:

Pada tahun 2011 International Agency for Research on Cancer (IARC) mengelompokkan radiasi smartphone ke dalam Grup 2B yang memungkinkan efek karsinogenik. Karsinogenik adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker. Dengan menggunakan smartphone rata-rata satu jam per hari bisa meningkatkan risiko tumor jika kebiasaan ini dilakukan selama 10 tahun.

2. Menghambat Perkembangan Otak Bayi
Spoiler for gambar:

Dikutip dari Kompas, di usia 0-6 bulan, otak bayi sedang berkembang pesat. Seorang dokter anak menyebutkan bahwa bukan hanya sel-sel, tapi perkembangan otaknya juga dipengaruhi oleh sistem kelistrikan otak. Radiasi ponsel bisa mengganggu proses ini. Otak bayi yang masih berkembang dan lunak menjadi sangat rentan terhadap benturan kecil apapun. Jadi oleh sebab itu, hindarilah penggunaan ponsel pada saat di dekat bayi.

3. Menyebabkan Stress Oksidatif
Spoiler for gambar:

Saya pernah membaca ada sebuah percobaan, Pada sebuah , dilakukan sebuah percobaan EMF terhadap 14 hewan percobaan menggunakan EMF. EMF sendiri adalah radiasi gelombang elektromagnetik. Setelah 30 hari dilakukan percobaan, dapat disimpulkan bahwa EMF yang dihasilkan dari smartphone dapat menyebabkan stres oksidatif, yaitu keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya

4. Menyebabkan Risiko Penyakit Alzheimer
Spoiler for gambar:

Penyakit Alzheimer adalah sejenis sindrom kematian sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Biasanya, penyakit Alzheimer ini terjadi pada orang yang berusia lanjut. Namun, jika kamu terpapar radiasi smartphone dalam jangka waktu lama, maka ada kemungkinan kamu dapat mengalami resiko penyakit Alzheimer ini.

5. Menyebabkan Gangguan pada saat kamu Tidur
Spoiler for gambar:

Tidur dengan smartphone sangat lah berbahaya kerena gelombang elektromagnetiknya akan menyebabkan terganggunya produksi melatonin. Melatonin sendiri adalah hormon yang berperan dalam berbagai proses fisiologis seperti ritme biologis (seperti tidur), regulasi tekanan darah, onkogenesis, retina, reproduksi, ovarium, sistem kekebalan dan diferensiasi osteoblas. Oleh sebab itu, jauhkan ponsel kamu saat kamu tidur agar tidur kamu berkualitas dan sehat.

6. Berkontribusi Menimbulkan Gangguan Tiroid
Spoiler for gambar:

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan dari leher yang mengeluarkan hormon dan mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lain-lain. Yang di sebabkan oleh meningkatnya penggunaan ponsel dengan perangkat WIFI di sekitar kamu, dan dapat saja terkena polusi elektrik yang d hasilkan ponsel tersebut.

7. Menimbulkan Kebocoran Sel Otak
Spoiler for gambar:

Kasus seperti ini pernah terjadi pada , seorang (CTO) Chief Technology Officer Nokia. Ia menggunakan ponsel selama 10 tahun dan belakangan sering mengeluh sakit kepala disertai gangguan tubuh lainnya.

Gejala bocornya sel otak dimulai ketika ia merasakan sulit berkordinasi dengan orang-orang di sekitarnya. Selain itu, telinganya terasa panas jika berbicara dengan ponsel terlalu lama. Pada keadaan normal, otak dilindungi oleh penghalang darah-otak. Namun, akibat dari radiasi ponsel yang berkepanjangan, penghalang darah-otak ini rusak sehingga menyebabkan racun-racun bisa masuk ke dalam otak.

Jadi itulah 7 bahaya smartphone bagi otak kamu. Nah , saran saya jangan terlalu lama mengunakan ponsel di deket telinga, dan jauhkan lah ponsel kamu pada saat kamu tidur agar terhindar dari rediasi ponsel yang sangat berbahaya bagi otak. Wassalam.!!

sumber:plimbi.com
0
2.6K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan