alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Pajak /
[Diskusi] All about Tax Amnesty [2016]
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/579af40b9a095192688b456b/diskusi-all-about-tax-amnesty-2016

[Diskusi] All about Tax Amnesty [2016]

Tampilkan isi Thread
Halaman 69 dari 137
Quote:


Klau ga percaya, agan ga kerja, bilang aja, mba berhenti aja, sy kerja disini, gaji UMR gpp

Dasar manusia, jaman lg susah gini masih aja persulit org yg jelas-jelas lg susah
Quote:


Gan, mau konfirmasi yang di atas, betulan tidak bisa melakukan pembetulan SPT di bawah 2011? Saya rencana melakukan pembetulan SPT untuk rumah yang dibeli tahun 2007
Butuh pendapat agan2 nih
A punya 2 petak tanah. 1 petak di bawah 85 & 1 petak di atas 85.
Rencana A .pembetulan spt masukin 1 petak tanah di bawah 85 & 1 petak tanah di atas 85 di ikutin TA.
Kira kira aman ga?
Mengingat A punya npwp baru 2016
Quote:


Pembetulan SPT yang dilakukan setelah keluarnya peraturan tax amnesty, boleh dilakukan tapi tidak dianggap apabila ikut berpartisipasi dalam program TA
Diubah oleh gordonblue
Quote:


Lho ane kemaren nanya malah di suruh pembetulan dulu baru ikut ta
gan @thiec

ane mau tanya donk ttg pajak biar jelas
1. NPWP ane di luar kota jakarta, lapor pajak untuk TA apakah harus di kota NPWP di buat atau boleh di jakarta juga gan?
2. Sekarang saya sudah berkeluarga, istri dulu juga ada NPWP tp 2thn terakhir belum lapor, cara gabungin NPWP biar jadi 1 aja gimana gan?

3. Untuk tax amnesty
jadi gini gan, dulu ane buat NPWP karena kerja kantoran itu tahun 2010, dapet bukti potong dari perusahaan tapi ga pernah lapor, 2010 akhir resign
pas 2012 pertama kalinya ane lapor SPT, contoh ane lapor tabungan 100jt, emas 10jt, gadget 10jt, motor 18jt.

Ane langsung lapor mau TA, atau buat SPT 2015 dulu gan, tar SPT 2013-2014 gimana?
nah sampe sekarang saya belum pernah lapor SPT lagi gan, misal aset saya berubah jadi apartemen 300jt, saham 100jt, piutang 20jt, mobil 150jt... itu ngitung aset yang belum dilapor gimana ya gan, karena kan aset dii 2012 udah berubah bentuknya, Kan nanti harus di rinci ada aset apa aja yang mau di tax amnesty, boleh ga aset saya yg 2012 berubah jadi saham, brarti aset saham saya ga perlu di declare lagi buat TA gan?

4. PT
2015 akhir saya ada buat PT gan, dulu rencana mau buka usaha tapi BATAL, biaya buat PT 8jt trus sampe sekarang belum pernah di gunain sama sekali. lapornya gimana ya gan, kosongin aja semua atau tutup aja gan PT nya? karena denger2 kalo ada PT malah jadi lebih ribet.

Mohon dengan sangat bantuan informasinya agan2 kaskuser semua

Makasih emoticon-Cendol (S)
Quote:


UU No 11 Tahun 2016 Pasal 16 ayat 1
Quote:


1) Sepertinya sesuai domisili. Belom ngalamin sih

2) Minta ajuin penghapusan NPWP Istri ke KPP terdaftar

3) Cukup buat 2015. Lalu "halalkan" dengan TA, If you know what i mean emoticon-Big Grin

4) Lapor Nihil aja. Kasih surat keterangan bahwa PT ga aktif. Kalo kita bicara yang benarnya, penutupan PT ga bisa sembarangan.
Quote:


Saya sdri agak rancu gan sama pernyataan konsultan pajak ini.
Tapi karena saya sdri ga ada pengetahuan di perpajakan, saya harus percaya sama pernyataan konsultan ini.

Sabtu ini saya rencana mao ke kantor pajak pusat di gatsu untuk melakukan klarifikasi dari org pajaknya lgsg.

Nanti saya update lagi disini hasilnya.

Quote:


Di Per 11 Tahun 2016, dijelasin kok, kalo emang ngerasa ga salah cuma masalah administrasi, silahkan pembetulan kan emoticon-Big Grin

Delete
Diubah oleh andryyurizal
Gan mau tanya donk, dl saya buat npwp pas mau jadi karyawan. Jadi pekerjaan di npwp saya yaitu karyawan swasta. Tapi baru 1 minggu kerja , ane ga betah. Jadi blm dapet gaji. Nah skrg saya kan wirausaha, itu gmn ya saya mau ikut yg UMKM, Gmn caranya saya bisa ubah status pekerjaan saya dari karyawan swasta ke UMKM itu ? Proses nya seperti apa ? thx before
Gan, tanya ya..

Sy punya rumah warisan yg sudah diataskan ke nama sy dengan NJOP seharga Rp 950 juta.
Sy kebetulan nganggur dan hanya main saham dengan dana Rp 100 juta yg lebih banyak ruginya.
Kalau untung pun gak ada Rp 4,5 juta sebulan.
Sy punya 1 motor tua.
Penghasilan sy dibawah 4,5 juta sebulan.
Enaknya sy harus bikin NPWP dan ikut tax amnesty kah ?
Mohon dijawab ya gan, Terimakasih
Ane mau tanya,

Ada seorang ibu yang tidak bekerja atau memiliki usaha.
Biaya hidup dari anak dan bunga deposito, punya aset berupa rumah peninggalan suami yg diperoleh tahun 1997 (balik nama pakai metode jual beli/ AJB).
Suami ibu tersebut seperti nya tidak punya NPWP.

1. Apakah kalo tidak ikut TA dan tidak bikin NPWP aset berupa deposito dan rumah tersebut bisa dikenakan denda pajak apabila dideteksi orang pajak ? Apakah sudah daluwarsa hak penagihan perpajakan atas rumah tersebut ?
3. Karena perolehan rumah di rentang 1985 - 2015, apakah atas ibu tersebut bisa dikenakan denda pajak 200%/ denda tax amnesty ?
2. Apakah bila suatu hari rumah tersebut diwariskan ke anak akan dikenakan denda secara perpajakan? Bila iya, sesuai UU perpajakan biasa/ KUP atau sesuai UU tax amnesty denda nya ?

Mohon petunjuk. Trims gan
Halo gan
Saya ada kasus seperti ini. Ada wp yang sedang mengurus pindah ktp dengan maksud mengurus pindah domisili npwp dikarenakan dikunjungi kpp alamat baru supaya mendaftar di area kpp baru. Pada saat itu wp sudah memberikan copy kartu npwp dengan alamat lama ke ar KPP baru dan membayar spt dengan rajin di alamat lama.
Selama pengurusan ktp yang rampung bulan desember kata kelurahan baru, wp ini masuk tahap pemeriksaan KPP baru.
Yang mau saya tanya:
1. Jika wp tersebut ikut TA di kpp lama (karena npwp belum pindah alamat), apakah berarti proses pemeriksaan di kpp baru terhenti (karena lingkup TA)?
2.Logika saya karena wp ini bekerja di area kpp baru, apakah mungkin setelah ikut TA tidak berdampak pada pemeriksaan?
3. Yang menarik, AR kpp baru bilang ke wp selama mengurus pindah di kpp lama, JANGAN bilang mau ikut TA. Pertanyaan saya kenapa ar bilang seperti itu?apakah menyangkut target mereka?

Terima kasih sebelumnya...
Quote:


1. Kalo ditanya, sudah daluarsa, harusnya sudah daluarsa. Ga bisa di sentuh. Tapi si KPP kan karena aturan TA, dia punya hak untuk narik mundur back to 1985. Itu yang dikhawatirkan dan seperti "ancaman" untuk WP

3. Bisa berpontensi didenda.

2. Warisan memang bukan obyek pajak menurut UU No 36 Tahun 2008, Pasal 4(3). Tapi, untuk bisa bukan obyek pajak, silahkan dibaca PER 11 Tahun 2016

Quote:


Ya gpp. Untuk jadi OP Pengusaha, yang penting waktu lapor SPT Tahunan pake 1770 gan. Ga ada proses apapun.


Quote:


Bikin dan hanya lapor SPT 2015. Laporin deh smua nya sebagai warisan (Asumsi smua harta agan bener2 dari warisan).

Tapi yang jadi masalah:

Agan umur brapa dan selama ini kok ga punya penghasilan? Do remember, PTKP 4,5 Juta hanya 2016. Tahun 2015 itu 3,5 Juta. Tahun sebelumnya turun lagi dan lagi. Jangan dipikir 4,5 juta PTKP itu berlaku surut.

Saran ane, TA in aja. Ga ada duit? Jangan khawatir, BCA punya program cicilan emoticon-Big Grin

Quote:


Case yang menarik dibanding para orang picik dan males baca peraturan yang selama ini daku baca.

1. Harusnya terhenti. Sekalipun pemeriksaan dipimpin Pak Ken, selama belom sampai yang diatur UU No 11 Tahun 2016
2. Harusnya tidak berdampak untuk tahun pajak 2015 dan kebawahnya. Namun you know lah AR, saat ga diturutin, ambekan dan jadi rese.
3. Harusnya agan tanya ulang alesannya apa, rekam dan minta Berita Acara Konseling, yakin dia berubah pikiran atau kata-katanya dipelintir. Itu udah jelas banget sih dia mau jadi "pahlawan"

Anyaway, WP OP kena periksa, pasti kelas atas emoticon-Big Grin
Diubah oleh gordonblue
Quote:

terima kasih gan untuk jawaban dan saran"nya
Pasal 7 UU PPh, ane baca tdk menjelaskan batasan umur ato status tanggungan,
hanya mengatur dibatasi 3 orang dan hubungan kekeluargaan dgn tanggungan tsb...
cuman besaran PTKP, ato ane salah baca UU

>> Pada prinsipnya pembuatan NPWP membutuhkan "surat keterangan" yang menerangkan bahwa agan berpenghasilan <<
nah klo dibilang berpenghasilan bisa dibilang tidak,
selama ini ada tabungan dan deposito (uang dari warisan & pemberian orang tua selama ini)
yg bunganya gak terlalu besar dan otomatis sudah dipotong pajak,
pasti DJP juga bilang gak bisa dianggap sumber penghasilan

niat ane mo bikin NPWP (tadinya mo TA) untuk aman kedepannya gak dituduh harta tiba" muncul
tapi setelah ane minta semua berkas pendukung dari ibu ane, sepertinya ane hanya perlu lapor saja
karena akta notaris pewarisan dan sertifikat lengkap, juga ada bbrapa harta yg dibeli ketika ane masih SMA lengkap dgn surat notaris bahwa transaksi dilakukan oleh alm ayah ane untuk ane (jadi seperti hibah kan, waktu ane masih dibawah umur)

tanggapan untuk solusi dari agan:
1. klo ane minta surat keterangan tsb, takutnya nanti ane diklasifikasikan sebagai UMKM persewaan seperti yg frontdesk bilang? Tapi agan mengarah ke Pasal 4(2) ketika agan nyatakan "BERHASIL menyewakan" jadi ane asumsi insidentil (bayar PPh & lapor saat transaksi sewa dan lapor di SPT tahunan pada lampiran PPh yg dikenakan bersifat final). Jadi sbg WP baru, klasifikasi sumber penghasilannya ane dianggap apa?
2. bukti transaksi jual beli dari online trading? klo ane minta dari perusahaan sekuritasnya, kira" ke kantor sekuritasnya minta surat keterangan seperti apa yah spesifiknya?
3. ane coba buka ereg npwp, tapi lgsg minta email... jadi gak ane terusin. Nanti pas pengisian form online di kolom sumber penghasilannya ada lengkap pilihannya sampe detil gak beserta KLU? ato hanya misalnya: pekerjaan lainnya ..... (isi titik"nya gitu)
nanti harus ada yg diprint yah setelah registrasi? ato ada konfirmasi ke email yg bisa diprint? soalnya ane gak punya printer emoticon-Malu (S)

Quote:

seperti yg ane jawab di atas, sebenernya syarat penghasilan (dan diatas PTKP wajib lapor SPT) itu tidak terpenuhi melihat kondisi ane
tapi klo nanti dilihat dari sisi umur, kewajaran, dan harta... DJP tidak akan percaya, karena men stereotype kan warga Indonesia
nah makanya ane mo bikin NPWP dan lapor seperti apa adanya, klo emang ada masalah silahkan dicek (begitu maksud ane)
kenyataannya slama ini masih menempel sama ibu, walaupun ane akui akan terlihat memalukan (ane udah berumur & blm menikah)

Quote:

terima kasih gan untuk informasi prosedurnya...
tapi postingan ane sblomnya ane tekankan ane bukan UMKM, dan tidak berniat menjadi UMKM
jadi klo ane ikutin cara agan malah tambah repot dan berabe, karena harus lapor bulanan UMKM padahal gak ada usaha sama skali
tapi lumayan tambah" ilmu kalo" nanti ada niatan mo jadi UMKM

Bertanya2

Halo gan ane mau tanya nih:
1. Ayah ane udah meninggal tahun 2010, ibu ane masih ada
2. Ibu ane adalah ibu rumah tangga yg ga punya npwp sampe sekarang, beliau usianya sudah 61 tahun.
3. Semua surat atas nama ayah ane belum ada yg dibalik nama sampe skrg.
4. Ane baru bgt masuk kerja gan fresh graduate, jadi tahun ini berarti baru lapor spt kan.

Pertanyaan ane apakah ane atau ibu ane yang harus ikut amnesti pajak? Kalo ibu ane, berarti dia harus buat npwp dong?
Atau mending hartanya ayah ane dibalik nama terus ane tulis jadi harta warisan di spt tahunan ane nanti?

Makasi banyak gan.
Siang gan..
ane mau bertanya mengenai TA atao pembetulan SPT nih..

Jadi ane beli apartment tahun 2013 atas nama ane. Cuma duitnya itu dari nyokap ane jual emas waktu itu..
nyokap ane ga punya npwp, dan ane belum lapor itu harta. Kalo kayak gitu apakah bisa hanya dengan melakukan pembetulan SPT (mungkin bisa dibilang hibah), atau harus ikut TA yah?

kalo bisa melakukan pembetulan SPT, apakah akan kena denda juga?

Thanks
Diubah oleh cocobo1
Quote:


Pembetulan SPT karena perubahan harta, tidak merubah pajak terhutang dan tidak menimbulkan denda.

Namun, ingat, hibah dari orang tua ke anak bisa asal harta tersebut dilaporkan oleh orang tua yang bersangkutan emoticon-Big Grin
Halaman 69 dari 137


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di