keroncongheroAvatar border
TS
keronconghero
Sebuah Ide Tentang Uang 1 Juta Rupiah


Berawal dari pagi hari yang panas di salah satu kamar kos yang terletak dikawasan Fatmawati - jaksel, ditemani segelas kopi terbersit sebuah pikiran bisa apa dengan uang Rp. 1.000.000;?

Tentunya mudah saja bagi kita untuk menghabiskan uang sebesar Rp.1000.000; itu ya Gan/Sis? tinggal kita bawa shopping ke mall, bawa ke daerah kemang yang berhamburan tempat untuk bersenang-senang, bagi maniak game online bisa untuk beli item-item dan gems dengan segala tetek bengeknya, bisa buat traktir gebetan makan malam romantis mungkin, atau bisa kita pake buat travelling ya gan/sis, atau mungkin bisa kita pakai untuk upgrade smartphone kita ya gan/sis. tentu sekejap saja uang Rp.1000.000; itu hilang tak berbekas. tapi apakah semua hal diatas itu benar-benar memberi manfaat bagi kita gan/sis?, tentu saja sedikit banyak mungkin ada manfaatnya untuk kita (dalam hal ini pasti sudut pandang kita berbeda-beda).

Pertanyaanya adalah ? apakah semua contoh hal yang saya sebutkan diatas tentang bagaimana menghabiskan uang sebesar Rp.1000.000; itu akan memberi kita manfaat jangka panjang?, tentu saya percaya bahwa kita akan sepakat bahwa jawabanya adalahtidak.



Dari situlah Gan/Sis saya mendapatkan penerawangan, hehehe (maap mas/mbak penghuni forsupemoticon-Ngacir). Uang Rp.1000.000; biar bisa mendatangkan manfaat jangka panjang itu gimana caranya?, mudah Gan/Sis jawabanya adalah dipake buka usaha saja.Masalahnya adalah mau dipake usaha apa uang "yang cuma" Rp.1000.000; itu? andai saja saya punya jurus atau ilmu gak peduli itu ilmu hitam kek, ungu kek, putih kek, merah kek yang bisa menggandakan uang saya yang sejuta itu jadi puluhan juta ya asyik sekali saya tinggal memikirkan usaha apa yang mau saya kerjakan, hehehe. Namun sayangnya saya ya gak punya ilmu menggandakan uang itu (boro-boro menggandakan uang lah menggandakan kunci saja saya harus minta tolong abang-abang tukang duplikat kunci emoticon-Berduka (S) ). Karena masalah saya dan saya yakin ini masalah agan-agan dan sis-sis juga yaitu tidak bisa menggandakan uang yang "cuma" sejuta jadi puluhan juta maka terbersitlah ide dari relung hati saya yang gelap gulita tanpa cahaya cinta (maksud saya relung hati yang paling dalam), untuk mengajak para sahabat sekalian untuk patungan mengumpulkan uang Rp.1000.000; dijadikan satu untuk membuka usaha bersama, yang dipikirkan bersama, disiapkan bersama, dibuka bersama, di kelola bersama, dipertanggungjawabkan bersama dan tentu saja hasilnya dinikmati bersama juga.

Ada dua konsep yang ingin saya ajukan kepada gan/sis semua yaitu :
  1. Patungan untuk usaha bersama
  2. Patungan untuk membeli barang bersama untuk di manfaatkan secara bergantian (contoh gampang : beli mobil)





PatunganUsaha Bersama (PUB)

akan saya jabarkan ide saya ini secara sederhana Gan/Sis, kita kumpulkan uang kita masing-masing sebesar Rp.1000.000;, katakan ada 50 orang yang sepaham dengan ide saya ini,maka hitunganya adalah Rp.1000.000; X 50 (orang) maka didapat hasil = Rp.50.000.000;, 50 juta? ya Gan/sis benar 50 juta Rupiah, cukup besar bukan?. Uang segitu cukup Gan/Sis untuk kita mengadakan pesta bikini se DKI jakarta semalaman suntuk emoticon-Embarrassment, namun sayangnya bukan untuk itu uang yang kita miliki ini Gan/Sis emoticon-Hammer (S) .Uang Rp.50.000.000; itu akan kita gunakan sebagai modal usaha kita bersama Gan/Sis. Usaha apa? yaitulah yang akan kita bicarakan bersama Gan/Sis saat orang-orang yang sepaham dengan ide ini tumplek ruah jadi satu ditempat yang sudah kita sepakati bersama nantinya (yang jelas jangan di sevel Gan/Sis kasian yang punya tu warung, jajan ciki 7 ribu nongkrongnya 2 jam, teriak-teriak pula emoticon-Cape d... (S) ). Nah, di kopi darat itulah kita yang telah sehati, seiya ,sekata akan merumuskan bersama usaha apa yang bisa kita buka dengan uang yang kita miliki bersama itu. tentunya akan kita buatkan Nota Kesepahaman antara kita semua dengan tanda tangan kita semua tentunya bermaterai 6000 (kalo belum naik). alternatif saya contohkan usaha frenchise yang sangat mungkin kita buka bersama dengan hasil lumayan. Saya pernah tanya sama tukang kebab, dia cuma disuruh nunggu dan dia ditarget omset sebulan 2,5 juta/hari oleh si empunya, padahal cuma di pinggir jalan komplek lokasinya Gan/Sis, saya dapat bocoran dari beliau bahwa bos nya bayar 30 juta untuk dapat frenchise kebab itu dengan segala tetekbengeknya, tinggal jualan aja. Dari situ bisa kita bayangkan usaha apa yang bisa kita buka dan mendapat manfaat darinya.

Keuntungan yang kita dapat :
  • Uang, tentu saja semua bisnis orientasinya adalah uang, ini yang akan kita dapat Gan/Sis, walau mungkin gak begitu besar tapi uang Rp.1000.000; yang kita miliki bisa terus berputar dan mendatangkan keuntungan yang halal, Insya Allah.


  • Membantu Orang lain, ya Gan/Sis kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain (contoh : karyawan yang akan kita bayar untuk menunggu usaha kita), secara tidak langsung kita juga turut membantu pemerintah menciptakan lahan pekerjaan, semakin banyak yang sepaham dengan ide ini tentu semakin banyak lapangan pekerjaan yang bisa kita ciptakan, Insya Allah).


Patungan beli barang bersama (P3B)
Penjabaran dari konsep P3B ini kurang lebih sama dengan penjabaran dari PUB, hanya saja uang yang kita kumpulkan bukan kita pergunakan sebagai modal usaha, akan tetapi akan kita gunakan untuk membeli barang yang bisa kita pakai/manfaatkan secara bergantian antar sesama peserta patungan. barang yang akan kita beli bersama adalah sesuai kesepakatan kita bersama dengan minimal jumlah vote 60% dari jumlah peserta patungan. misal, ada 50 peserta patungan maka didapat dana 50jt, peserta sepakat untuk membeli mobil bekas seharga maksimal 50 juta untuk digunakan secara bergiliran sesuai hasil undian atau ketika salah satu peserta patungan membutuhkanya (ada acara) maka waktu pemakainya akan dikurangi dari jatah pemakaian saat tanggal jatah dia memakai, tentu dengan persetujuan semua peserta patungan.
keuntungan yang kita dapat :

  • kita bisa menggunakan barang yang berharga cukup tinggi tanpa mengeluarkan biaya besar baik untuk membelinya sendiri ataupun menyewanya.



Demikian Gan/Sis sebuah ide dari saya, sesungguhnya ide ini masih sangat mentah, tentu perlu banyak perbaikan agar ide ini menjadi matang dan benar-benar menjadi sesuatu yang berjalan sesuai harapan, maka dari itu saya sangat mengharapkan dukungan dari agan dan sista semua untuk ikut urun rembug mematangkan dan mewujudkan ide ini. Terima kasih Gan/Sis.....emoticon-Salaman
Diubah oleh keronconghero 09-05-2015 18:14
0
4.6K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan