- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Magnificent Miniature Motorcycle
TS
aladin.12345
Magnificent Miniature Motorcycle
Untuk menjadi seorang builder sepeda motor tentu dibutuhkan keahlian tersendiri. Selain harus mengerti perihal teknis dan presisi, ketelitian dalam menghasilkan suatu karya menjadi hal yang hakiki.
Di sebuah kota kecil di Spanyol, hiduplah Pere Tarragó, seorang builder sepeda motor yang memiliki keahlian luar biasa. Motor kreasinya tidak ada yang bisa dikendarai, karena yang ia ciptakan adalah miniatur sepeda motor dengan skala 1:5 dan 1:6.
Jangan membandingkannya dengan model kits dalam kotak yang bisa kamu rakit sendiri karena secara kasat mata, motor kreasi Tarragó sangat identik dengan aslinya.
Dalam banyak hal, proses yang dilakukan Tarragó mirip dengan apa yang biasa dikerjakan oleh builder motor pada umumnya, yaitu melibatkan mesin bubut, alat bor dan pengelasan. Namun, karena ukurannya yang jauh lebih kecil, Tarragó harus membuat sendiri alat yang dibutuhkan.
Proses pengerjaan diawali dengan mengambil foto, menggambar dan menyalin decals dari motor asli untuk dijadikan cetakbiru sekaligus acuan untuk berkarya. Motor yang dijadikan obyek sendiri cukup beragam, mulai dari MV Agusta, Moto Guzzi, Henderson, Indian hingga roda dua buatan Spanyol seperti Bultaco atau Montesa. Namun, kebanyakan merupakan motor klasik.
Setelah ia merasa puas dengan cetakbiru yang ada, Tarragó mulai membangun motornya menggunakan berbagai material yang mirip ditemui di motor asli, sebut saja besi, kuningan dan bahan kulit dari Nappa.
Beberapa minggu kemudian, ia siap untuk merakit motornya sembari mengecek pengoperasian rem, kopling, roda dan transmisi. Yup, kamu tidak salah baca. Semua hal mekanis yang disebut tadi umumnya berfungsi.
Dalam beberapa motor yang dibangun, saat mengoperasikan tuas rem akan menggerakkan kampas rem dalam teromol. Kadang ditemui juga pergerakan suspensi depan yang dirancang menggunakan per daun.
Setelah proses pengecekan beres, Tarragó lalu membongkar kembali motor yang dibangun untuk mengaplikasikan sentuhan akhir berupa memoles, melapisi beberapa bagian dengan nickel dan chrome serta mengecat dengan warna dan skema sesuai motor asli. Proses perakitan ini memakan waktu sekitar 16 hari.
Hasilnya? A magnificent craftsmanship of miniature motorcycle.
Tertarik untuk buat miniatur kaya gini juga gan?
Sumur: Kubikel
Di sebuah kota kecil di Spanyol, hiduplah Pere Tarragó, seorang builder sepeda motor yang memiliki keahlian luar biasa. Motor kreasinya tidak ada yang bisa dikendarai, karena yang ia ciptakan adalah miniatur sepeda motor dengan skala 1:5 dan 1:6.
Jangan membandingkannya dengan model kits dalam kotak yang bisa kamu rakit sendiri karena secara kasat mata, motor kreasi Tarragó sangat identik dengan aslinya.
Dalam banyak hal, proses yang dilakukan Tarragó mirip dengan apa yang biasa dikerjakan oleh builder motor pada umumnya, yaitu melibatkan mesin bubut, alat bor dan pengelasan. Namun, karena ukurannya yang jauh lebih kecil, Tarragó harus membuat sendiri alat yang dibutuhkan.
Proses pengerjaan diawali dengan mengambil foto, menggambar dan menyalin decals dari motor asli untuk dijadikan cetakbiru sekaligus acuan untuk berkarya. Motor yang dijadikan obyek sendiri cukup beragam, mulai dari MV Agusta, Moto Guzzi, Henderson, Indian hingga roda dua buatan Spanyol seperti Bultaco atau Montesa. Namun, kebanyakan merupakan motor klasik.
Setelah ia merasa puas dengan cetakbiru yang ada, Tarragó mulai membangun motornya menggunakan berbagai material yang mirip ditemui di motor asli, sebut saja besi, kuningan dan bahan kulit dari Nappa.
Beberapa minggu kemudian, ia siap untuk merakit motornya sembari mengecek pengoperasian rem, kopling, roda dan transmisi. Yup, kamu tidak salah baca. Semua hal mekanis yang disebut tadi umumnya berfungsi.
Dalam beberapa motor yang dibangun, saat mengoperasikan tuas rem akan menggerakkan kampas rem dalam teromol. Kadang ditemui juga pergerakan suspensi depan yang dirancang menggunakan per daun.
Setelah proses pengecekan beres, Tarragó lalu membongkar kembali motor yang dibangun untuk mengaplikasikan sentuhan akhir berupa memoles, melapisi beberapa bagian dengan nickel dan chrome serta mengecat dengan warna dan skema sesuai motor asli. Proses perakitan ini memakan waktu sekitar 16 hari.
Hasilnya? A magnificent craftsmanship of miniature motorcycle.
Tertarik untuk buat miniatur kaya gini juga gan?
Sumur: Kubikel
Diubah oleh aladin.12345 03-09-2016 12:20
0
2.6K
30
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan