Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fidunAvatar border
TS
fidun
Tips Mudah Menghafal Quran
Bismillah, kawan-kawan semua pada artikel kali ini saya akan membagikan ilmu yang saya punya tentang tips menghafal quran.

Pada dasarnya tentu setiap muslim harus mempunyai niat untuk faham terhadap kitab sucinya. Al-Quran adalah kitab suci yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad secara berangsur-angsur. Di dalamnya terdapat kandungan-kandungan yang bersifat universal, ilmiah dan lain sebagainya. Tentu kita sebagai generasi muda muslim berharap akan kelangsungan hidup yang berkah dan indah, tentu menurut saya ialah hidup berdampingan dengan Al-Quran.


Jika kita berniat untuk menghafal Al-Quran tentunya kita harus bisa melafalkan bahasa arab dan sedikitnya bisa baca quran terlebih dahulu walaupun terbata-bata.

Inilah mungkin beberapa tips yang akan saya bagikan tentang menghafal quran:

1. Niat yang Baik

Segala sesuatu tentu baik buruknya itu menurut niat dari pelaku, dalam hal menghafal quran pun demikian jika kita berniat baik untuk mendapat ridho Allah Swt itu akan menjadi ladang pahala bagi kita. Tapi jika kita salah niat, maka ketika kita menghafal pun kita tidak akan se tentram dengan mengharap ridho-Nya.

2. Doa

Setelah kita berniat baik, maka lanjutkanlah dengan doa karena niat baik saja tidak cukup. Berdoa lah supaya di istiqomahkan dalam niatan yang baik karena kita tahu bahwa syetan itu selalu hadir dimana-mana, maka doa itu menjadi senjata yang ampuh untuk selalu berada dalam jalan-Nya.

3. Fahami fadhilah Al-Quran

Sebelum diri kita berdampingan dengan Al-Quran alangkah lebih indahnya jika kita tahu tentang keutamaan-keutamaan Al-Quran. fahami terlebih dahulu fadhilahnya sebagai awal pijakan kita untuk hidup bersama Al-Quran. Dan saya yakin jika kita menghafal tanpa tahu fadhilahnya maka rasanya akan hambar. Membaca dan menghafal Al-Quran itu ibarat membangun gunung emas, setiap huruf yang dibaca akan masuk ke kantong-kantong kita yang nilainya bahkan lebih besar dari gunung itu sendiri.

4. Pasang Target

Dalam hal apapun kita harus mempunyai target, apalagi ketika kita ingin menghafal quran. Pasanglah target! minimal target untuk membaca terlebih dahulu, misalkan satu hari satu juz.

5. Lancarkan bacaan

Ketika kita ingin menghafal quran tentu modal utamanya adalah membaca, jika bacaan kita sudah layak atau lancar maka dalam hal menghafal pun itu akan sangat mudah. Tapi jika bacaan kita masih terbata-bata maka lebih baik kita belajar untuk melancarkan bacaan setelah itu barulah masuk ke tahap hafalan.

6. Perbanyak Waktu dengan Al-Quran

Interaksi yang sangat banyak akan membuahkan hasil yang bagus, begitu pula dalam hal menghafal quran. Jika kita banyak meluangkan waktu kita untuk Al-Quran maka bacaan kita akan lancar dan hafalan kita akan di mudahkan.

Mungkin itu beberapa tips dari saya tentang menghafal Quran, nantikan artikel selanjutnya untuk metodologi menghafal quran.

Semoga dengan membaca artikel ini kita bisa mendekatkan diri kita dengan Al-Quran supaya hidup kita lebih berkah dan sukse tentunya dalam ridho Allah Swt.

Baca juga artikel menarik lainnya di http://www.dakwahal-hafizh.tk/
Diubah oleh fidun 03-09-2016 09:31
0
1.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan