Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

suyatesAvatar border
TS
suyates
Ini 5 Kopi Bercita Rasa Terbaik di Indonesia



SEBAGAI salah satu negara penghasil produksi terbesar di dunia setelah Brasil dan Vietnam, kualitas dan ketenaran kopi Indonesia tentu tidak perlu disangsikan lagi. Memiliki varietas yang sangat beragam, ditambah dengan kualitas cita rasa yang mumpuni, menjadi salah satu dari sederet alasan kopi Indonesia begitu dicintai.

Dari sekian banyak varietas biji kopi yang tersedia di seluruh daerah Indonesia, biji kopi dari daerah mana saja yang masuk menjadi lima besar kopi terbaik Indonesia?

Sandy Djaja selaku area manager dan Certified Q Grader, sekaligus barista dari Djournal Coffee kali ini memberikan pandangannya. “Lima besar terbaik menurut aku, pertama ialah kopi Papua. Kopi Papua memiliki cita rasa menarik yang sedikit banyak dipengaruhi oleh kondisi geografis daerahnya. Lalu yang kedua adalah kopi Sumatera seperti kopi Mandailing dan Aceh.

Kopi dari daerah Sumatera ini punya rasa yang pekat dan kuat, serta sangat cocok dengan karakter orang Indonesia. Kemudian yang ketiga ditempati oleh kopi Flores, karena rasanya sangat beragam. Macam-macam sekali dan tidak terduga, seperti kala itu saya pernah minum yang memiliki rasa seperti minuman red wine dengan rasa pekat yang manis, lalu ada yang mempunyai sentuhan rasa kayu dan citrus,” jelas Sandy saat ditemui Okezone sewaktu acara Djournal Coffee Doodle di Djournal Coffee Grand Indonesia, Jakarta.

Sedangkan untuk posisi empat dan lima, ternyata diduduki oleh kopi Jawa dan tanah Sulawesi. “Kopi Jawa ada di posisi empat karena rasanya yang manis. Mau seperti apa pun diolah, cita rasanya tetap manis. Lalu yang terakhir, yaitu kopi Sulawesi, terutama dari daerah Enreka. Punya ciri khas, yaitu kopi ini kalau di-roasting biasa tidak bisa. Tidak bisa diseduh dengan air panas, jadi bisanya diseduh dengan air dingin selama 12 jam, ini namanya teknik cold drip. Selain itu, kopi Sulawesi punya ciri khas ada rasa hangat di tenggorokan setelah diminum,” tutup pria berkulit putih sembari tersenyum ramah.

http://lifestyle.okezone.com/read/20...k-di-indonesia

****

Dengerin penjelasan 'expert' kopi atau kuliner kadang bikin bingung. ada kopi rasanya seperti red wine. Seumur-umur gw cuma ngerasain kopi itu pait. Pait dan aroma emang beragam. ada yang keras banget ada yang soft. Tapi kopi rasa red wine itu seperti apa ya?
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.7K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan