Pedagang Online Kudu Banyak Sabar [ Romantika Bisnis Online ]
TS
sclyprmtsr
Pedagang Online Kudu Banyak Sabar [ Romantika Bisnis Online ]
My First Threat
Nubie share pengalaman aja and curcol dikit nih (true story)
buat yang bisa atau biar banyak yang tau threat ini, gan
Spoiler for PERJALANAN OLSHOP ANE:
Tahun 2010 ane usaha kecil-kecilan dagang online yang dulu cuma lewat FB sama twitter. Jaman-jaman endorse artis masih gampang banget. Eh, 2 tahun jalan ternyata usaha ane maju pesat akhirnya babe mau kasi modal ane buat buka toko, larisnya kayak dagang kacang goreng. Maklum, ngambil untung memang dikit tapi yang penting quantity. Tiap hari bisa kirim ratusan barang ke orang yang nantinya bakal dia jual lagi (jaman sekarang ibarat jual ke reseller sama dropship).
Tahun 2014 ane bikin toko online baru (karna olshop lama uda ane ditutup akunnya gegara dulunya fokus ngurus toko). Tiap hari kerjaannya ngurusin buyer sama reseller via mulu via online & offline sampe-sampe kuliahnya dulu agak keteteran . Berhubung liat penghasilan dr bisnis online ane menjanjikan, pacar ane ikutan deh bikin olshop di awal tahun 2015. Sekitar pertengahan 2015 pasti para wirausaha ngerasain perbedaan dari bisnis mereka, sama halnya kyk ane. Pemasukan tetep sih masih lumayan, cuma pengeluaran semakin ada aja dan terus meningkat. Akhirnya di 2016 ane gak memperpanjang kontrak toko dan melanjutkan bisnisnya secara online aja dengan kerjasama sama pacar ane dan dibantu dgn 5 karyawan toko ane yang sekarang (mau) kerja part time sbg admin olshop buat devisi sosmed, packaging, sama pengiriman.
Sekitar bulan Juli 2016 ane dan pacar memutuskan untuk menggabungkan olshop kami menjadi satu (biar gak ribet gan) tapi menambah akun olshop kami di banyak sosial media.
Spoiler for Lika Liku Dagang Online:
Menemui buyer yang ribet, cerewet, dan aneh-aneh sudah biasa ditemui. Tapi buyer yang baik dan sopan juga banyak
Jaman sekarang, penjual dituntut untuk profesional dan sebagai pembelipun sekarang harus cerdas. Sebagai seller haruslah bersikap kooperatif tapi namanya manusia juga punya perasaan kan ya. Ya kalo pembeli (bahkan masih calon pembeli) kerjaannya ngomel-ngomel padahal udah dijelasin, mana ada yang tahan?
Spoiler for Pengalaman Ane Menghadapi Buyer Konyol:
Ini terjadi beberapa hari yg lalu. Di akun tokped olshop ane udah dikasih keterangan di gambar sampul dan catatan bahwa "BACA KETENTUAN SEBELUM KLIK BELI. BELI=SETUJU". Nah, sebagai buyer harusnya para calon pembeli baca dulu donk sebelum order.
Singkat cerita, pada satu kesempatan (berikut ane sertakan jam kejadian)
16.51 - admin tokped upload barang dagangan berupa dustbag
17:18 - *NF komen di produk menanyakan keaslian produk
17:21 - admin bls dan memberitahukan pada *NF bahwa pembelian dustbag hrs disertakan dgn order tas
17:32 - *NF komen lagi menanyakan CP
17:36 - admin bls untuk lihat notes (krn smua ttg toko online sdh ada di notes)
Kemudian malamnya ada yg order dustbag tersebut tanpa pembelian tas, otomatis admin cancel transaksinya.
Admin cerita ke ane karna ada beberapa order dustbag yg ga disertakan order tas, setelah diteliti persepsi ane bilang bahwa orang mungkin mikir ini dustbag bisa dibeli gitu aja, makanyaane nyuruh admin buat nambah keterangan di deskripsi barang kalo pembelian dustbag/papperbag hrs disertakan pgn pembelian tas
Beberapa hr stlahnya ada yg kirim DM di IG olshop ane nanyain knp barang nggak sampai dan ternyata dialah *NF yg komen di diskusi produk dan order (tapi di cancel admin)
Awalnya ane kaleeem banget jawabinnya, tp kalo gini siapa coba yang nyolot? (Beberapa #spoiler dibawah adalah screenshoot percakapan ane dgn *NF)
Spoiler for Pengalaman dgn *NF #1:
Spoiler for Pengalaman dgn *NF #2:
Spoiler for Pengalaman dgn *NF #3:
Spoiler for Pengalaman dgn *NF #4:
Spoiler for Pengalaman dgn *NF #5:
Spoiler for Jadi, si *NF ini sebenernya kenapa?:
Agak rancu juga kalo ane harus menyebut *NF ini ababil. Tapi, kenapa dia marah-marah sampe ngatain dan bawa-bawa tentang penddikan dan pendapatan? Dia order barang yang sebelumnya sudah diberitahukan lewat komen bahwa SK berlaku dan itu diinfokan di jam sebelum dia melakukan transfer. Menganggap ane menipu karena setelah transfer, ane menambahkan deskripsi barang. Toh padahal uang yang di transfer juga ga langsung ke rekening kami, tapi ke pihak ketiga (tokopedia)dan kembali masuk ke saldo si *NF. Lumayan emosi juga waktu balesin chat dia. Dengan alasan akun tokped miliknya yang pake banyak-lah, yang ga baca balesan komen dr admin gegara dia sibuk kerja-lah, yang bilang kalo temennya gak menginfokan SK-lah. Pada akhirnya tetap menyalahkan olshop ane. Aduh,ampun deh...
Buat agan-agan yang juga dagang online, SHARE PENGALAMAN SUKA DUKA AGAN SEBAGAI SELLER DI MARI