Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jelebbauAvatar border
TS
jelebbau
DPR ke Sri Mulyani: Tax Amnesty Jangan Buat Orang Takut
DPR ke Sri Mulyani: Tax Amnesty Jangan Buat Orang Takut
Maikel Jefriando - detikFinance

Jakarta - Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah agar program pengampunan pajak atau tax amnesty tak membuat masyarakat takut. Pemerintah harus mengevaluasi terjadinya keresahan di masyarakat belakangan ini.

Ketua Komisi XI Melchias Marcus Mekeng mengakui bahwa target yang dipatok dari program ini sangat tinggi. Tebusan yang harus masuk ke kas negara adalah Rp 165 triliun.

Namun, bukan berarti harus ditempuh dengan cara menakuti wajib pajak.

"Berbagai modus dilakukan untuk kejar target dan akhirnya justru membuat orang jadi takut," ungkap Melchias dalam rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Menurut Melchias, para wajib pajak harus dibuat nyaman dan percaya agar mau untuk mengikuti program tersebut. Terlebih bagi orang yang selama ini menyimpan uangnya di luar negeri.

"Kan target kita agar adanya repatriasi," imbuhnya.

Anggota Komisi XI Maruarar Sirait menilai dibutuhkan contoh teladan dalam program pengampunan pajak dari tubuh pemerintah. Misalnya para pejabat tinggi negara, menteri atau jajaran Ditjen Pajak sendiri.

"Kalau misalnya Bu Sri Mulyani sampaikan telah ikut tax amnesty, mungkin orang benar-benar percaya. Nggak ada lagi keraguan untuk ikut tax amnesty," jelas Maruarar.

Hal yang senada juga disampaikan oleh anggota lainnya, yaitu Misbakhun. Bahwa sekarang yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah kepercayaan. Sehingga patut dimulai dari sisi pemerintah maupun pejabat negara lainnya.

"Kita cobalah pejabat tinggi negara untuk sampaikan saya telah ikut tax amnesty, bagus itu," ujar Misbakhun.

Terkait dengan keresahan yang terjadi di masyarakat soal tax amnesty, sampai munculnya #stopbayarpajak di media sosial, menurut Misbakhun adalah hal yang wajar. Misbakhun menilai orang yang mendukung hal tersebut, hanya belum paham soal tax amnesty.

"Ya kayanya banyak dari mereka itu yang memang nggak bayar pajak, atau nggak tahu soal tax amnesty. Ada mungkin tahu sedikit tapi sudah banyak bicara. Jadinya kan sok tahu," tukasnya.
(mkl/hns)

http://m.detik.com/finance/read/2016/08/31/162315/3287897/4/dpr-ke-sri-mulyani-tax-amnesty-jangan-buat-orang-takut
Selain pejabat negara mengapa keteladanan tax amnesty juga dilakukan anggota dpr terlebih dahulu
Diubah oleh jelebbau 31-08-2016 09:56
0
1.1K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan