mwpstudio2Avatar border
TS
mwpstudio2
Basic Fotografi : Teknik Komposisi Rule of Thirds oleh Mario Wibowo
Permisi agan-agan, mau bagi Tips Sedikit nih buat yang baru belajar fotografi emoticon-Salam Kenal

Ketika agan baru memiliki kamera dan tidak memiliki dasar fotografi sama sekali pasti sempat terpikir oleh agan
Bagaimana cara untuk membuat foto saya agar terlihat lebih menarik?.

Berikut adalah salah satu cara yang ane ajarkan adalah dengan sedikit usaha bermain dengan komposisi. Salah satunya adalah “rule of thirds” yang merupakan teknik yang paling mudah untuk dilakukan, tetapi tentunya tidak mudah membalikkan telapak tangan juga untuk menguasai teknik ini, karena banyak membutuhkan latihan secara intensive.

Pada umumnya orang awam akan memotret dengan menaruh subjek fotonya di tengah gambar, dan hal ini sangatlah normal. Tetapi untuk membuat foto yang baik, agan harus berpikir sedikit berbeda dengan kebanyakan orang dan melihat sebuah foto secara keseluruhan dan bukan subjeknya saja.

Spoiler for Liberty Center:

Sekarang coba bayangkan membagi foto ini menjadi 9 bagian secara horizontal dan vertikal.
Rule of thirds akan membantu ada untuk peletakkan subjek di garis-garis tersebut.
Spoiler for Liberty Guides:


Dengan teknik ini otomatis agan membagi foto menjadi 9 kotak. Rule of thirds adalah mengenai garis dan bukan kotak. Jadi agan di sarankan untuk menaruh subjek agan pada garis dan bukan di dalam kotak.

Rule of thirds juga berguna untuk foto dengan garis horizon yang dominan. Biasanya para pemula fotografi memfoto landscape dan cityscape dengan menaruh garis horizon di tengah foto.

Spoiler for Low Horizon :


Garis horison ada di sepertiga bawah foto, untuk menunjukkan porsi langit yang besar dimana warna langitnya dalam foto tersebut terlihat indah.

Spoiler for Top Horizon:


Namun teknik ini harus di aplikasikan sedikit berbeda untuk pemotretan portrait manusia terutama di dalam studio.

Spoiler for Full Body Portait and Close Up:


Beberapa kamera di pasaran menyediakan fitur untuk menampilkan rule of thirds di layar kamera agan, supaya agan lebih mudah mengaplikasikan teknik ini. Dengan sering menggunakan garis bantu ini, agan lama kelamaan akan hafal dan pada akhirnya akan bisa menggunakannya secara refleks tanpa sadar.

Teknik ini dapat di aplikan juga melalui cropping foto pada saat post processing, tetapi dengan melatih mata agan untuk mengkomposisikan foto pada saat memotret, agan dapat bereksplorasi dengan berbagai macam kemungkinan yang ada di lapangan.

Tetapi harus agan ingat juga bahwa “rules are made to be broken”. Di luar teknik rules of thirds yang memudahkan agan untuk membuat foto yang lebih baik, teknik ini bukanlah harga mati.
Ada saatnya dimana agan tidak bisa mengaplikasikan teknik ini, atau mungkin lebih baik menggunakan teknik komposisi yang lain.emoticon-DP

Mengaplikasikan teknik rule of thirds tentunya adalah sebuah tantangan, karena agan harus secara sadar mengkomposisikan foto agan. Jika agan mempunyai kebiasaan menaruh subjek di tengah foto, cobalah untuk menggunakan teknik rule of thirds, di jamin foto agan akan terlihat lebih baik.

Hal yang paling sulit untuk fotografer pemula yang sedang belajar adalah untuk memikirkan dan mengaplikasikan teknik komposisi. Rule of thirds adalah teknik komposisi awal yang paling mudah digunakan. Setelah agan fasih dengan komposisi ini, agan pasti ingin berkembang dengan mempelajari teknik komposisi lain yang akan membuat foto agan menjadi lebih baik lagi.

Ingat teknik hanyalah satu dari beberapa komponen untuk menghasilkan gambar yang bagus, agar lancar dalam menggunakannya tentunya kita harus lebih banyak berlatih, emoticon-Cool

jika agan agan ada pertanyaan mengenai teknik ini silahkan berkomentar ataupun apabila agan ingin lebih mendalami tentang fotografi dapat ikut kelas ane. emoticon-Motret
Diubah oleh mwpstudio2 19-08-2016 09:05
0
18.5K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan