Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BeritagarIDAvatar border
TS
MOD
BeritagarID
Jam malam di Bandung: dari Usmar Ismail ke Ridwan Kamil

DI RUMAH SAJALAH | Ketika si sebuah wilayah diberlakukan jam malam, atas nama ketertiban dan keamanan, warga tak boleh berada di jalan.
Kota Bandung, Jawa Barat, punya pertautan dengan jam malam. Dalam film Lewat Djam Malam (Usmar Ismail, 1954), Kota Kembang itu menjadi latar drama.

Menurut Damar Juniarto, Bandung memang kota yang rawan pada tahun 1950-an. Jawa Barat kala itu masih dikuasai Darul Islam. Tingkat kriminalitas di sekitar kota Bandung juga tinggi. Karena dua hal itu, 27 Desember 1949 Kepala Komando Militer Kota Bandung (KMKB) Letkol Sbaik Iskandar Di Nata memberlakukan jam malam (Cinemapoetica, 28/6/2012).

Lalu 52 tahun setelah film itu, Bandung kembali dipercakapkan karena jam malam, dengan korban sebuah komunitas baca. Sabtu pekan lalu aparat Kodam Siliwangi membubarkan Perpustakaan Jalanan di Taman Cikapayang, Dago. Mereka disebut melanggar jam malam (Kompas.com, 22/8/2016).

Cerita seputar jam malam ada dalam infografik. Yang tak tercantum di sana adalah kisah di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada 1983 di Kecamatan Pundong diberlakukan jam malam. Penyebabnya: pencurian ayam tak juga reda meskipun seorang maling sudah tewas dihajar warga.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/infogra...e-ridwan-kamil

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
4K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan