Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

SolarGladesAvatar border
TS
SolarGlades
[CATPER] MELIHAT JATILUHUR DARI ATAS PUNUK LEMBU (BWK)
Bagi sebagian orang, kota Purwakarta mungkin cuma dikenal lewat waduk Jatiluhur nya yang luar biasa luas.. Mereka datang dari luar kota untuk melihat sendiri seberapa besar luar waduk tersebut.. Tapi, ada tempat baru untuk menikmati luasnya waduk Jatiluhur, yakni dari atas puncak sebuah gunung.. Tambahkan sebuah sunrise/sunset di dalamnya, dipastikan kalian akan takjub akan keindahan alam yang dimiliki kota Purwakarta..

Perjalanan gue ini dimulai dari kota Tangerang Selatan pada jam 11 siang.. hanya dengan berbekal Waze gue memaksakan diri gue buat berangkat menuju Purwakarta naek motor kesayangan gue.. Dari Tangerang menuju Jakarta nggak menemukan kesulitan berarti, krn gue sedikit hapal jalan2 di sana.. Nyasar mulai gue nikmatin sesudah masuk kota Bekasi, dan kota2 berikutnya.. Berkali2 gue harus buka aplikasi Waze buat mastiin bahwa gue dijalur yang benar.. Nyasar ini masih gue dapetin sampe gue tiba di Purwakarta.. Nyampe di Purwakarta gue mulai memanfatkan penduduk lokal untuk menemukan lokasi Gunung Lembu ini, hingga akhirnya tibalah gue di depan PASAR ANYAR SUKATANI dari situ gue masuk ngikutin jalan, sesekali bertanya pada penduduk biar gue ttep on track, dan ternyata dari depan pintu masuk sampe ke Base Camp itu JAUH BANGEEET!! asumsi gue sekitar 20-30 menit, kondisi jalan sebagian besar beraspal, beberapa ada yg cuma tanah merah.. Sampe Base Camp, jam sudah menunjukkan pukul 5 sore, which is gue harus cepet2 naek ke atas dikit buat diriin tenda.. Beres isi identitas dan membayar SIMAKSI gue langsung memulai pendakian..

Track pendakian nggak terlalu berat di sini, untuk sampai POS 1 cuma butuh waktu 10-15 menit.. Tempatnya luas, cukup untuk menampung banyak tenda, kalau mau tendanya dapet view Jatiluhur bisa turun sedikit 250m.. Sebenernya untuk urusan view sih mendingan tempat yg di bawah, berhubung gue dateng pas weekday dan cuma ada 1 tenda yang berada di POS 1, dgn terpaksa gue diriin tenda sebelah mereka..
Spoiler for View Pos 1:
Yang mengejutkan adalah yg ngecamp sama gue itu ternyata masih SMP ! Keren ga tuh? Gue aja SMP malah ngegame di warnet *abaikan.. Jam 5.30 tenda sudah berdiri tegak, jujur sebenernya gue pengen tidur krn perjalanan dr Tangerang ke Purwakarta itu nguras tenaga banget tapi krn mereka asik banget gue ikutan gabung aja.. Acara malam ini kita gunakan dengan buat api unggun, makan malam dengan indomie, dan turun ke bawah dikit buat ambil foto malem hari Jatiluhur
Spoiler for New Friends:
Jam menunjukkan pukul 11 malam, kita satu persatu mulai masuk ke tenda masing2..


Dingin pagi membuat gue terbangun, gue liat jam.. Udah jam 5.30, gue bergegas pasang sepatu bawa tas kecil dan action cam langsung lanjut ngedaki.. Nah, dari sini ke POS 2 jalan berubah menjadi tanjakan, butuh waktu sekitar 15-20 menit.. Di POS 2 ini ada makam keramat, jadi harap berhati2.. Lanjut menuju POS 3 ada bonus sedikit, trus dilanjutkan dengan tanjakan (lagi).. Di sini, keindahan waduk Jatiluhur mulai terlihat, tapi tetap berhati2 karena sebenarnya jalannya cukup sempit sementara kiri kanan terdapat jurang..
Spoiler for Passage to POS 3:
Di POS 3 ini, terdapat sebuah makam lagi.. Berjalan sekitar 100m ke depan, maka akan ada area yang cukup luas untuk mendirikan 4-5 tenda, di sini banyak monyet2 juga yang lompat dari pohon ke pohon.. Di sini bisa dibilang juga sebagai puncak dari Gunung Lembu ini.. Nah, untuk spot foto paling bagusnya, gue harus turun dulu sedikit 300m.. Dan di sinilah spot terbaik untuk menikmati sunrise/sunset dengan memandang luas waduk Jatiluhur dan sekitarnya..
Spoiler for View Batu Lembu:
Spoiler for View Batu Lembu 2:
Spoiler for View Batu Lembu 3:
Setengah jam ambil foto landscape + selfie2 dikit, gue balik ke POS 1, berbarengan dgn tenda sebelah yg udah packing siap untuk pulang.. 10 menit packing kita turun ke Base Camp, sampe di BC kita istirahat bentar, bersih2 trus pulang ke tempat masing.. Gue berangkat dari BC jam 9 pagi sampe Tangerang sekitar jam 4 sore.. Tepar setepar2nya..


Summary & Cost :
TGR - PWK : 6-7 Jam [Bensin 80K PP]
Pasar Sukatani - Base Camp : 20-30 min [SIMAKSI: 10K] [PARKIR : 5K]
Base Camp - Pos 1 : 10-15 min
Pos 1 - Summit : 40-60 min

Any questions are very welcome.
Salam Lestari
0
3.4K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan