helmy456Avatar border
TS
helmy456
Penelitian Ilmuwan Terbaru: Terciptanya Awal Kehidupan di Bumi


Pakar kimia dari Republik Ceko mengungkapkan fakta terbaru dalam mendukung teori terciptanya kehidupan di Bumi.

Jakarta, Aktual.co — Kita mungkin mengetahui, bahwa kehidupan di Bumi muncul sekitar empat miliar tahun yang lalu. Tapi, apa yang menyebabkan terjadinya kehidupan di Planet kita, hingga sekarang masih misteri dan menjadi topik pembicaraan hangat di kalangan ilmuwan.

Beberapa ilmuwan yakin dan percaya kehidupan di Bumi tercipta dari mikroorganisme luar angkasa yang berasal dari Asteroid atau Komet yang jatuh, pada awal terciptanya alam luar angkasa. Sementara, Ilmuwan lain mengatakan, bahwa kehidupan di Bumi muncul dengan sendirinya dari reaksi terciptanya senyawa di Bumi itu sendiri.

Namun sekarang, pakar kimia dari Republik Ceko mengungkapkan fakta terbaru dalam mendukung teori yang menggabungkan pendapat ilmuwan yang berbeda tersebut. Menurutnya, Asteroid yang jatuh ke Bumi memicu serta menghasilkan kimia basa RNA, sehingga menciptakan gen makhluk hidup.

Untuk menguji hipotesa tersebut, para peneliti mensimulasi energi dari dampak Asteroid yang ada di Bumi menggunakan ‘Praha Asterix Laser System’, laser yang kuat yang mampu menghasilkan kekuatan maksimal sekitar satu miliar kilowatt energi, demikian lapor Associated Press.

Laser tersebut diarahkan dalam sepersekian detik terhadap plasma yang mengandung formamida. Ilmuwan percaya, zat atau partikel tersebut berasal dari awal terbentuknya Bumi.

Lalu, apa yang terjadi selanjutnya? Laser itu menghasilkan gelombang menakjubkan dalam plasma, serta menimbulkan radiasi dan suhu lebih dari 7.600 derajat Fahrenheit. Kemudian, memicu reaksi kimia, yang mengarah pada pembentukan empat senyawa RNA: adenin, guanin, sitosin, dan urasil.

"Kami berkesimpulan dan percaya, pertama kalinya keempat senyawa terbentuk dan bereaksi," kata Steven Benner, Astrobiologis dari Yayasan Terapan Molekuler Evolusi, kepada Science, Kamis (11/12).

Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa Asteroid dapat memicu sintesis strukstur senyawa sel RNA. Namun, bagaimana ‘struktur’ itu mampu membentuk molekul yang lebih kompleks?.

"Kesimpulannya, temuan ini menunjukkan bahwa munculnya kehidupan di Bumi bukan hasil langsung jatuhnya Asteroid tetapi tercipta dari gabungan Asteroid serta kondisi di Bumi yang saat itu masih primordial," tulis para peneliti dalam sebuah artikel yang menjelaskan temuan mereka.

Tulisan ilmiah tersebut dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, pada 8 Desember 2014 lalu.

source
0
9.9K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan