oscar mahendraAvatar border
TS
oscar mahendra
keselamatan adalah faktor utama ketimbang strike
di trit ini mencoba membahas tentang apa saja yg diperlukan, dibutuhkan dan juga ilmu untuk memahami keselamatan atau menghindari kecelakaan dalam memancing karena beberapa kejadian menimpa teman2 seperjuangan yg terkena musibah dalam trip mancingnya.


pelampung
pelampung ada beberapa jenisnya.
1. pelampung gabus/busa
Spoiler for gambar:

pelampung ini terbuat dari busa/gabus yg berfungsi badan tidak tenggelam ketika didalam air. berikut plus minusnya bagi pemancing
+ perawatannya mudah
+ tidak mudah rusak jika direndam lama didalam air
+ murah
+ bisa jadi bantal
- tidak nyaman digunakan ketika sedang memancing yg membutuhkan gerak banyak (poping, jigging, dll)

2. pelampung gas co2
Spoiler for gambar:

pelampung ini ada 2macam yg saya ketahui, yaitu untuk di dada dan di pinggang. cara kerjanyanplampung ini tergantung dari speknya pelampungnya. contoh di pelampung terdapat tulisan 90N, N itu artinya newton (satuan gaya) dimana jika terdapat gaya jatoh badan ke dalam air melebihi 90N maka gas akan menggelembung dengan sendirinya. tp ada juga yg masih manual alias kita buka sendiri gasnya. plus minusnya bagi pemancing
+ nyaman digunakan saat memancing teknik sport fishing
+ keren dan enak dilihat
+ jika gas sudah expire tetap bisa digunakan
- mahal
- butuh perawatan extra karena jika gas kepake susah cari refilnya


topi, kacamata, buff
Spoiler for gambar:

ini sebenernya bukan untuk biar ga hitam, tp ada fungsinya gan terutama pecinta poping dan casting.
1. topi.
topi sebenernya sangat berfungsi ketika kita sedang menggunakan teknik casting dan poping. pasti pernah pemancing mengalami permasalahan teman salah lempar atau ngaco lemparnya. naah topi disini sangat berfungsi melindungi kepala ketika ada teman sekitar ngaco lemparnya, jika itu poper/lure mengarah kekita secara langsung kail menyangkut ke topi bukan ke kepala.
2. kacamata/sunglass
banyak yg bilang dilaut harus pake kacamata agar ga silau, apalagi yg berbahan polarois biar keliatan dalem airnya. itu emang benarr, tp fungsi utamanya dr kacamata bukan buat itu. pernah kan liat foto bola mata ketusuk kail (ngiluuuu liatnya) naaah kacamata itu sangat berfungsi menjaga mata kita jikalau ada benda2 seperti poper, lure, jigging, umpan yg ada kailnya, mental dan mengarah ke muka kita. biasanya ini terjadi sama orang casting dan poping, ada kejadian gentak dengan semangat pada saat strike. naah kalo itu ga hookup sempurna si poper dan lure kan mental ke arah pemancing. naah kacamata ini menjaga mata kita jikalau terjadi kejadian seperti itu
3. buff
ini juga sering dipake sama pemancing biar ga hitam mukanya. padahal fungsinya hampir sama dengan kacamata, yaitu melindungi muka dr benda2 saat memancing


baju lengan panjang, sarung tangan dan celana panjang
selain melindungi kita dari sinar matahari (dapat merusak jaringan kulit alias bikin hitam) fungsinya hampir sama dengan kacamata dan sunglass yaitu melindungi tangan dan kaki agar ga terkena benda tajam, dan biar ga masuk angin. tambahan untuk sarung tangan itu sangat berfungsi saat kita masang kail, iket2 benang dan saat pegang reel (biar ga lecet)

sendal karet
biasanya ada pemancing yg extrim, naik2 ke atas kapal buat casting poping, berdiri di ujung kapal untuk jigging, intinya dapetin tempat enak buat mancing. naah fungsinya sendal karet itu biar ga slip saat melakukan atraksi2 berbahaya diatas kapal

telfon satelit

memang sih sangat mahal, tp sangat berfungsi sekali jika terjadi hal2 yg tidak dinginkan. kerja tlp ini menggunakan provider yg berbeda dengan biaya prabayar/pascabayar yg cukup mahal. dan sinyalnya menggunakan satelit, jadi mau di tengah laut ga ada sinyal juga tetep bisa dapet sinyal. setidaknya kapal harus ada dan EO trip harus mempunyai.


penanggung jawab mancing/EO
selain peralatan diatas, seorang EO juga berpengaruh terhadap keselamatan trip mancing. kenapa saya bilang begitu. karena jika terjadi hal2 yg tidak dinginkan, EO harus bertanggung jawab penuh terhadap hal tersebut. maka untuk menjadi EO ini beberapa hal yg harus dipahami

1. kodisi kapal
seorang EO harus paham dengan kondisi kapal yg akan digunakan, harus tau kebutuhan kapal sesuai dengan wilayah trip yg akan dituju. saya pribadi termasuk EO yg bawel untuk masalah ini, setiap hari sebelom keberangkatan saya selalu tlp kapten, atau tlp guidenya untuk mengecek kondisi kapal. bahkan 1jam sebelom brangkat saya wajib mengecek kondisi kelayakan kapal, surat2 ijin berlayar, dan kondisi terakhir kapal. ini beberapa yg harus di cek mengenai kapal
* mesin dalam keadaan sehat
* genset (bila ada) dalam kondisi normal, dan setidaknya untuk trip jauh minimal ada 2genset
* mempunyai persediaan sollar cadangam
* tambang, jangkar dalam keadaan sehat
* pompa air dalam keadaan sehat dan setidaknya harus memiliki cadangan
* fishfinder dan gps map dalam kondisi sehat
* setidaknya memiliki radio pembicaraan jika trip jauh
* peralatan kesalamatan kapal baik pelampung, skoci, dan peralatan lainnya serta yg dibawa oleh pemancing
* yg pastinya harus tau bahwa kapal itu sudah berijin dengan polisi laut untuk berlayar dan nama pemancing yg dicantumkan benar semua.

2. kondisi cuaca
ini juga sangat vital sekali yg harus dipahami oleh EO. jangan sampe ada EO yg berfikir yg penting trip hasilnya banyak dan pemancing puas tanpa memikirkan kondisi cuaca. banyak kejadian kapten telpon "boss ikan rame" langsung deh buat trip dan jadi EOnya. padahal itu harus di cari tahu bagaimana kondisi keadaan laut dan benar atau tidaknya tuh kata2 kapten. biasanya ada aja kapten begitu biar kapalnya laku. EOpun harus setidaknya memahami gejala2 alam dan tidak asal percaya dengan omongan kapten. saya pun sebagai EO menggunakan program cuaca berbayar untuk mencari tau keadaan alam, saya berfikir bayar gpp asalkan tau kondisi lautan. berikut yg harus dipahami oleh EO
* kecepatan dan arah angin + arah arus. ini menjadi vital karena jika arah angin bertambrakan dengan arus akan terjadi goyang dombret. kemudian arah angin juga harus dipahami jika terjadi 3 pertemuan arah angin, itu juga berbahaya jadi menjauhlah dr titik itu dan mencari spot yg aman dan bila tidak memungkinkan harus bisa batalin trip. untuk hal ini harus benar2 dipahami dan dipelajari seperti apa arah angin itu, bentuk anginnya, karena dr fenomena angin bisa mencari banyak hal. silahkan baca pengetahuannya di gugel.
* kelemban udara atau kalau di program cuaca biasa disebut humidity. secara garis besar ini juga mempengaruhi terjadinya hujan dengan intensitas rendah hingga besar. semakin tinggi kelembapan udara, maka suhu udara akan tinggi, dan banyak air berubah menjadi uap pastinya menghasilkan awan berpotensi hujan. tetapi juga harus diperhatikan arah anginnya, menjauh apa mendekatn ke lokasi mancig. untuk lebih jelasnya silahkan ubek2 mbah gugel
* salinitas (kadar garam didalam air) dan chlorophyll (potensi plangton) hal ini berfungsi agar mengetahui dimana letak sumber ikan yg banyak. maksudnya jika terjadi perkiraan badai di spot yg akan dituju, EO bisa memberikan saran kepada kapten dan guide kemana harus diarahkan kapalnya.

3. tegas
ini sangat penting sekali. kalo boleh jujur saya ketika menjadi EO bener2 memilih pemancing untuk trip benar2 selektif. hal ini dikarenakan tidak mau terjadi hal2 yg tidak di inginkan, sebagai contoh
* jgn sampai ada pemancing yg mempunyai masalah pribadi dengan pemancing lainnya dalam satu trip. ini hal sepele, tp berakibat fatal terhadap kenyamanan. kalo2 ditengah berantem dan diceburin, EO yg kena masalah nanti. makanya EO harus tegas dalam memilih.
* terkadang ada pemancing yg seenak udelnya, main arahin kesini aja, kesana aja padahal ga tau dengan kondisi perkiraan yg sudah di teliti. hal ini harus tegas karena semua urusan antara kapal dan pemancing adalah EO. kemudian juga sering ditemukan pemancing seenak udelnya yg membuat pemancing lain emosi. hal ini harus ditegaskan sebelom terjadi hal2 yg tidak di inginkan
* EO juga harus memberikan dan menerima masukan atas pelatihan2 dan masukan ttng keselamatan. istilah katanya berkomunikasi agar mengetahui karakter dr pemancing2 yg ikut dalam satu trip








saran saya agar berjalan sesuai dengan yg diharapkan
* selalu berkomunikasi baik dengan pemilik kapal, kapten maupun guidenya. sukur2 mendapatkan kapal yg kapten, pemilik, guidenya, memiliki visi dan misi yg sama kaya EOnya. kalo kejadian begitu kita ga usah cape2 mantau, kapten/guide bilang A pasti hayookkk aja karena tujuan utamanya adalah keselamatan.
* banyak2 belajar mengenaik ilmu pengetahuan ttng kelautan, agar setidaknya mengurangi bahkan menghindar kecelakaan yg bisa terjadi sewaktuwaktu
* selalu memantau terhadap forum luar negri bahkan sukur2 bisa tukeran ilmu. karena orang luar negri biasanya sangat sensitif terhadap keselamatan.
* aktif dalam mencari berita kondisi alam, karena alam tidak bisa diprediksi tp setidaknya kita bisa tau apa yg sedang terjadi dan yg akan terjadi
* jangan gegayaan, sok jagoan, ketika mancing terutama dilaut. laut itu tempat yg sakral (percaya ga percaya) jadi jangan pernah meminta yg aneh2 dan melakukan hal yg aneh2
* selalu meminta ijin restu dari keluarga, bapak ibu istri, anak, dll.
* dan yg terpenting adalah BERDOA..!!!!!

silahkan bagi yg mau shere pengalaman suka duka dari cuaca buruk, ciri2 terjadinya cuaca buruk, ramalan cuaca, dll.

sekian dan terimakasih.
Diubah oleh oscar mahendra 23-12-2015 04:43
0
4.9K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan