Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

meeberposAvatar border
TS
meeberpos
4 Alasan Mengapa Anda Harus Beralih ke Mobile Point-Of-Sale


Ada banyak sekali ragam usaha F&B yang kini berkembang di Indonesia. Mulai dari pedagang kaki lima yang menjajakan hampir semua jenis makanan, food truck yang menawarkan menu kekinian, serta café dan resto yang menjual menu-menu menggugah. Namun dari sekian banyak model usaha, sedikit sekali yang menggunakan sistem mobile Point Of Sale untuk membantu manajemen usahanya. Padahal seperti yang tertulis di Definisi POS, kita sama-sama tahu bahwa mobile Point Of Sale adalah solusi yang menawarkan banyak kemudahan, terlebih yang berbasis mobile.

Kenapa harus yang berbasis mobile?
Kenapa bukan yang versi desktop saja?


Ada beberapa alasan menarik yang perlu diketahui oleh semua pengusaha F&B indonesia tentang perbedaan sistem POS berbasis desktop dengan mobile. Pertama, POS desktop terkenal sangat mahal karena didapatkan dengan cara beli putus. Anda pasti akan diminta membeli seperangkat software dan hardware pendukung dengan harga yang menembus angka puluhan juta. Ke dua, maintainance yang sulit. Setelah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit di pembelian awal, Anda juga akan disarankan untuk melakukan maintainance berkala dengan biaya tambahan. Ke tiga, untuk membaca laporan yang tercatat di sistem, Anda harus datang ke tempat di mana POS diletakkan karena tidak bisa diakses secara online.

Tapi banyak tuh yang pelaku usaha yang menggunakan sistem POS desktop?

Benar. Hal ini karena selama ini sistem POS baru dikembangkan dalam versi desktop saja. Sedikit sekali pengusaha F&B indonesia yang tahu kalau sudah banyak start up yang mengembangkan sistem POS berbasis mobile. Para pengembang ini berusaha menawarkan solusi yang bertujuan membantu pelaku usaha dalam manajemen usahanya. Oleh karena itu kami ingin menginformasikan 4 alasan penting mengapa sebaiknya Anda beralih ke sistem POS berbasis mobile.



1. Lebih Praktis
Mobile berarti berpindah-pindah. Sistem POS berbasis mobile umumnya merupakan aplikasi yang bisa diunduh langsung lewat gawai tertentu. Hardware yang diperlukan pun tak banyak dan tidak berat sehingga posisi device dapat dipindah sesuai keinginan. Pengembang juga tidak mewajibkan pemilik usaha untuk membeli software sekaligus hardwarenya. Mereka biasanya hanya menyarankan hardware mana saja yang sesuai dengan software POS yang ada. Karena lebih praktis dan fleksibel, dengan mobile POS pelayan kedai juga dapat dimudahkan dalam mencatat pesanan pelanggan langsung lewat aplikasi.

2. Lebih Efisien
Pemilik usaha kini tak perlu lagi selalu stand by untuk memantau segala transaksi yang ada di kedainya. Jika sistem POS sudah berbasis mobile dan online, semua hal yang terjadi di tempat usaha bisa dipantau dari mana pun. Hal ini karena mobile Point-of-Sale sudah terhubung langsung dengan sistem komputasi awan di mana tiap traksaksi dan segala pencatatan bisa diakses dari berbagai tempat selama terhubung dengan internet.

3. Meningkatkan Produktivitas
Dengan sistem POS yang sudah mobile, owner tak perlu lagi was-was ketika meninggalkan tempat usahanya. Semua kemudahan, keakuratan, dan ketepatan yang ditawarkan mobile POS dapat mendukung pelaku usaha untuk lebih produktif lagi dalam mengembangkan bisnis. Semisal dengan menjalin networking yang lebih luas, bertemu lebih banyak supliers, dan meramu formula marketing yang cocok untuk usahanya.

4. Memberikan Pengalaman Baru yang Unik
Mobile POS memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan menarik ketimbang desktop. Meeber POS misalnya, aplikasi ini memiliki fitur member di mana owner dimudahkan dalam mencatat customer mana yang menjadi langganan di kedainya sehingga bisa mendapatkan potongan harga di waktu-waktu tertentu. Fitur split bill juga diketahui banyak membantu kasir dalam melayani pelanggan yang datang ke kedainya beramai-ramai namun ingin membayar sendiri-sendiri. Selain itu Meeber POS juga menyediakan report yang menunjukkan di jam mana saja kedai ramai dikunjungi serta menu mana saja yang paling banyak dipesan.




Pada dasarnya, semua hal dewasa ini sudah berbasis mobile. Zaman sudah bergerak maju dan tongkat estafet pembangunan kini telah berada di tangan generasi yang sudah melek teknologi. Oleh karena itu para pelaku usaha juga sebaiknya mulai memikirkan seperti apa sistem POS yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Selain lebih praktis, mobile POS juga tidak didapatkan dengan sistem beli putus, melainkan sistem berlanggan per bulan atau per tahun dengan jaminan seumur hidup. Sehingga owner tak perlu menanggung biaya beli yang mahal plus tambahan biaya maintainance sebab segala perbaikan akan ditangani langsung oleh bagian customer service.

Dan, menariknya lagi aplikasi mobile Point-of-Sale bisa diunduh langsung lewat gawai yang Anda miliki. Pelaku usaha bahkan bisa menikmati semua fitur yang disediakan secara cuma-cuma selama 30 hari pertama sebelum kemudian melakukan subscribe atau berlangganan. Jadi, dengan banyak sekali kemudahan yang ditawarkan, mau kah Anda beralih ke mobile POS?
Diubah oleh meeberpos 26-08-2016 03:53
0
1.5K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan