- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
Jembatan Apung Pertama RI Dibangun di Cilacap, Ini Dampak Ekonominya


TS
charlie.hebdo
Jembatan Apung Pertama RI Dibangun di Cilacap, Ini Dampak Ekonominya
Jakarta - Kampung Laut, permukiman penduduk di kawasan Laguna Segara Anakan, Cilacap, Jawa Tengah akan segera dilengkapi dengan jembatan apung yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ini jembatan apung pertama di Indonesia.
"Saat ini konstruksi jembatan sudah selesaj dirakit, nanti tinggal ditempatkan di ponton wahana apungnya, lalu ditarik menggunakan perahu ke lokasi yang direncanakan," kata Ketua Tim Riset Sistem Modular Wahana Apung Kementerian PUPR, Nazib Faizal, kepada detikFinance, Selasa (23/8/2016).
Jembatan sepanjang 40 meter yang menghubungkan Desa Ujung Alang dengan Desa Klaces Kecamatan Kampung Laut ini, punya arti penting bagi masyarakat sekitar.
Bila tak ada jembatan, masyarakat yang ingin menyeberang harus menggunakan jasa perahu penyeberangan dengan tarif Rp 10.000-25.000 per orang sekali menyeberang.

Lokasi Jembatan Apung Cilacap
Artinya, keberadaan jembatan ini dapat membuat kegiatan ekonomi yang melibatkan dua lokasi yang dihubungkan bisa dilakukan dengan lebih efisien dan murah. "Sehingga ekonomi masyarakat bisa ditingkatkan," sambung dia.
Nazib mengatakan, jembatan apung ini juga bakal melengkapi rencana pemerintah setempat yang ingin mengembangkan kawasan Laguna Segara Anakan sebagai Laboratorium Alam dengan harapan bisa menjadi destinasi wisata baru yang diminati masyarakat.
"Dengan demikian, masyarakat Kampung Laut memiliki potensi pendapatan baru dari sektor pariwisata untuk mendongkrak perekonomian yang selama ini baru mengandalkan perikanan tangkap dan pertanian," sambung dia.
Dari data desain yang diterima redaksi detikFinance, sepintas jembatan ini mirip dengan jembatan pada umumnya. Memiliki kaki-kaki dan struktur tubuh jembatan yang terbuat dari baja ringan.
Bedanya, terlihat pada tapak pijakan kaki-kaki jembatan. Bila umumnya pijakan terbuat dengan metode menancapkan tiang pancang atu membuat timbunan, pada jembatan ini pijakan jembatan ini dibuat dari wahana apung yang disebut ponton.
Ponton ini memiliki tinggi 1,5 meter, lebar 2 meter dan panjang 5 meter terbuat dari beton khusus yang dibuat berongga di bagian tengahnya sehingga memungkinkan benda ini terapung stabil di atas permukaan air dan bisa menjadi pijakan jembatan yang kokoh. Adapun tinggi jembatan dari permukaan air mencapai 5 meter.
Dari data desain yang diterima redaksi detikFinance, sepintas jembatan ini mirip dengan jembatan pada umumnya. Memiliki kaki-kaki dan struktur tubuh jembatan yang terbuat dari baja ringan.
Bedanya, terlihat pada tapak pijakan kaki-kaki jembatan. Bila umumnya pijakan terbuat dengan metode menancapkan tiang pancang atu membuat timbunan, pada jembatan ini pijakan jembatan ini dibuat dari wahana apung yang disebut ponton.
Ponton ini memiliki tinggi 1,5 meter, lebar 2 meter dan panjang 5 meter terbuat dari beton khusus yang dibuat berongga di bagian tengahnya sehingga memungkinkan benda ini terapung stabil di atas permukaan air dan bisa menjadi pijakan jembatan yang kokoh. Adapun tinggi jembatan dari permukaan air mencapai 5 meter.
Ponton ini sendiri bersifat modular sehingga bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan.
Infrastruktur unik ini merupakan hasil penelitian, rancang bangun yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR untuk memecahkan permasalahan kendala alam yang ada di lokasi.
Kendala tersebut adalah adanya sedimentasi alias penumpukan lumpur yang memiliki kedalaman hingga 20 meter. Kondisi tersebut membuat pembangunan jembatan dengan teknologi tiang pancang nyaris mustahil dilakukan. Rencananya, jembatan apung ini akan dioperasikan pada Juli tahun ini.
Pembangunan jembatan ini awalnya adalah usulan dari Mantan Menko Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo pada 2015. Kemudian pada pada awal tahun 2016 ini, Pusjatan (pusat Litbang jalan dan Jembatan) memulai perancangan jembatan dan langsung melakukan trial assembly jembatan apung pada bulan Januari hingga April.
(dna/wdl)
Sumber : http://m.detik.com/finance/read/2016/08/23/073841/3281081/4/jembatan-apung-pertama-ri-dibangun-di-cilacap-ini-dampak-ekonominya
Daerahnya om GAYus dan merBOY nih
"Saat ini konstruksi jembatan sudah selesaj dirakit, nanti tinggal ditempatkan di ponton wahana apungnya, lalu ditarik menggunakan perahu ke lokasi yang direncanakan," kata Ketua Tim Riset Sistem Modular Wahana Apung Kementerian PUPR, Nazib Faizal, kepada detikFinance, Selasa (23/8/2016).
Jembatan sepanjang 40 meter yang menghubungkan Desa Ujung Alang dengan Desa Klaces Kecamatan Kampung Laut ini, punya arti penting bagi masyarakat sekitar.
Bila tak ada jembatan, masyarakat yang ingin menyeberang harus menggunakan jasa perahu penyeberangan dengan tarif Rp 10.000-25.000 per orang sekali menyeberang.

Lokasi Jembatan Apung Cilacap
Artinya, keberadaan jembatan ini dapat membuat kegiatan ekonomi yang melibatkan dua lokasi yang dihubungkan bisa dilakukan dengan lebih efisien dan murah. "Sehingga ekonomi masyarakat bisa ditingkatkan," sambung dia.
Nazib mengatakan, jembatan apung ini juga bakal melengkapi rencana pemerintah setempat yang ingin mengembangkan kawasan Laguna Segara Anakan sebagai Laboratorium Alam dengan harapan bisa menjadi destinasi wisata baru yang diminati masyarakat.
"Dengan demikian, masyarakat Kampung Laut memiliki potensi pendapatan baru dari sektor pariwisata untuk mendongkrak perekonomian yang selama ini baru mengandalkan perikanan tangkap dan pertanian," sambung dia.
Dari data desain yang diterima redaksi detikFinance, sepintas jembatan ini mirip dengan jembatan pada umumnya. Memiliki kaki-kaki dan struktur tubuh jembatan yang terbuat dari baja ringan.
Bedanya, terlihat pada tapak pijakan kaki-kaki jembatan. Bila umumnya pijakan terbuat dengan metode menancapkan tiang pancang atu membuat timbunan, pada jembatan ini pijakan jembatan ini dibuat dari wahana apung yang disebut ponton.
Ponton ini memiliki tinggi 1,5 meter, lebar 2 meter dan panjang 5 meter terbuat dari beton khusus yang dibuat berongga di bagian tengahnya sehingga memungkinkan benda ini terapung stabil di atas permukaan air dan bisa menjadi pijakan jembatan yang kokoh. Adapun tinggi jembatan dari permukaan air mencapai 5 meter.
Dari data desain yang diterima redaksi detikFinance, sepintas jembatan ini mirip dengan jembatan pada umumnya. Memiliki kaki-kaki dan struktur tubuh jembatan yang terbuat dari baja ringan.
Bedanya, terlihat pada tapak pijakan kaki-kaki jembatan. Bila umumnya pijakan terbuat dengan metode menancapkan tiang pancang atu membuat timbunan, pada jembatan ini pijakan jembatan ini dibuat dari wahana apung yang disebut ponton.
Ponton ini memiliki tinggi 1,5 meter, lebar 2 meter dan panjang 5 meter terbuat dari beton khusus yang dibuat berongga di bagian tengahnya sehingga memungkinkan benda ini terapung stabil di atas permukaan air dan bisa menjadi pijakan jembatan yang kokoh. Adapun tinggi jembatan dari permukaan air mencapai 5 meter.
Ponton ini sendiri bersifat modular sehingga bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan.
Infrastruktur unik ini merupakan hasil penelitian, rancang bangun yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR untuk memecahkan permasalahan kendala alam yang ada di lokasi.
Kendala tersebut adalah adanya sedimentasi alias penumpukan lumpur yang memiliki kedalaman hingga 20 meter. Kondisi tersebut membuat pembangunan jembatan dengan teknologi tiang pancang nyaris mustahil dilakukan. Rencananya, jembatan apung ini akan dioperasikan pada Juli tahun ini.
Pembangunan jembatan ini awalnya adalah usulan dari Mantan Menko Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo pada 2015. Kemudian pada pada awal tahun 2016 ini, Pusjatan (pusat Litbang jalan dan Jembatan) memulai perancangan jembatan dan langsung melakukan trial assembly jembatan apung pada bulan Januari hingga April.
(dna/wdl)
Sumber : http://m.detik.com/finance/read/2016/08/23/073841/3281081/4/jembatan-apung-pertama-ri-dibangun-di-cilacap-ini-dampak-ekonominya
Daerahnya om GAYus dan merBOY nih

0
2.9K
19


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan