CrissalyxAvatar border
TS
Crissalyx
Merchant TOKO TUKU di Bukalapak: Penipu kah?
Sebelumnya, saya sungguh menyesalkan sekali kejadian ini dan sebenarnya sangat tidak ingin membawa masalah ini ke forum karena saya mencoba menghargai Toko Tuku dan Bukalapak yang selama ini dikenal sebagai online marketplace terpercaya... katanya. Tapi, karena baik Toko Tuku maupun admin (policy) dari Bukalapak sendiri tidak bisa memberi solusi sampai saat saya menulis keluhan ini, terpaksa saya membawa kasus ini ke Forum Kaskus... Yang semoga saja segera ditanggapi.

KRONOLOGINYA: Saya membeli iPhone 4s 32gb berwarna hitam dari merchant Toko Tuku di Bukalapak pada 10 Agustus 2016.
Spoiler for penampakan tokonya.:

Alasan saya memilih merchant ini adalah karena saya melihat bahwa mereka tampaknya bisa terpercaya. Mereka punya merchant yang sama di online marketplaceyang lain (Blibli, Tokopedia, dsb), punya Facebook, dan punya website sendiri. Selain itu, mereka juga sangat responsif di awal-awal pemesanan—dibandingkan dengan merchant lainnya di Bukalapak yg cenderung lama merespon. Plus, mereka juga cukup banyak mendapat feedback positif di lapaknya. Karena pertimbangan itulah, akhirnya saya memutuskan untuk membeli iPhone tersebut di merchant ini di tanggal 10 Agustus 2016, dengan jasa YES. (Barang sampai / diterima di Medan pada tanggal 12 Agustus 2016)

Namun hanya berselang 3 hari memakai iPhone 4s tersebut, ketika hendak upgrade ke iOS 9 yang terbaru, saya mendapati bahwa ternyata iPhone itu malah error dan muncul tampilan seperti ini:


Karena ada simbol iTunes di sana, maka saya pikir, barangkali iPhone itu perlu dihubungkan dengan iTunes sehingga saya pun mencobanya demikian. Namun ketika menghubungkannya ke iTunes, tampilan berikut yg muncul justru seperti ini:


Dan itu terjadi berkali-kali dan setiap kali saya mencoba hingga keesokan harinya. Akhirnya saya pun mencoba membawanya ke iPlug terdekat, siapa tahu mereka bisa memperbaikinya. Kalaupun harus membayar untuk perbaikan, waktu itu saya sudah ikhlas, meskipun iPhone tersebut mendapat garansi 1 tahun dari Toko Tuku. Namun oleh petugas iPlug, saya diberitahu bahwa iPhone 4s yg saya beli dari TokoTuku tersebut mengalami kerusakan hardware. Sehingga saya disarankan untuk berhubungan/menanyakannya langsung kepada toko dimana saya membeli—dalam hal ini Toko Tuku.

Saya segera menghubungi Toko Tuku hari itu juga, 16 Agustus dan memberi tahu tentang masalah ini. Berikut screenshot percakapan saya dengan admin Toko Tuku untuk lebih jelasnya.
Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

Spoiler for 3 - mereka masih responsif sampai tahap ini.:
Spoiler for 4:

Spoiler for 5:

Ada pernyataan di sana untuk saya mengirimkan kembali iPhone tersebut agar mereka perbaiki (baca: bantu upgrade-kan). Namun karena besoknya adalah 17 Agustus, yang notabene hari libur sehingga semua delivery services libur termasuk JNE, maka saya baru bisa mengirimkan produk tersebut di lusanya, yaitu 18 Agustus 2016. Saya memilih paket YES, agar produk itu bisa CEPAT SAMPAI kepada pihak Toko Tuku dan CEPAT DIPROSES juga, mengingat kebutuhan dan pekerjaan saya yang memerlukan ponsel tersebut.
Spoiler for 6:


Di tanggal 20Agustus, saya cek tracking JNE ternyata iPhone tersebut sudah diterima oleh pihak Toko Tuku atas nama Ardi.
Spoiler for 7:


Saya lalu mengonfirmasikan hal itu kepada Toko Tuku. Tapi mereka tidak ada balasan sama sekali, tidak ada konfirmasi sama sekali, tidak ada respon sama sekali, minimal pesan yg memberi tahu saya bahwa iPhone itu sudah mereka terima... sampai tanggal 22 Agustus. Lucu, padahal ketika saya mengirimkan pesan melalui Bukalapak di tanggal 20 Agustus... saya mendapati bahwa pesan saya SUDAH DIBACA.

Spoiler for 8:

Spoiler for 9 - Respon yg akhirnya saya dapet, di tanggal 22 Agustus, 2 hari setelah barang diterima, itu juga setelah mengirimkan pesan berkali-kali ke inbox mereka.:

Spoiler for 10 - 2 hari kemudian, saya kembali menanyakan kelanjutan proses/pengecekan yg katanya mereka lakukan.:

Catatan:Itu sudah terhitung 4 hari sejak barang diterima loh yaaa.... tapi mereka tetap belum dan tidak memberikan konfirmasi apa-apa ke saya sudah atau setidaknya bagaimana perkembangannya. Atau setidaknya... kasih kabar dong yaaa.... masalahnya dimana, apa atau gimana...

Spoiler for 11:


Respon yang lagi-lagi akhirnya saya dapat, itupun setelah mendesak dengan sangat. Tapi, tetap saja, saya belum dapat kepastian. Kapan barang akan dikirimkan kembali. Dan kapan proses "masih dikerjain" itu selesai. Minimal estimasi waktunya.

Dan... sampai hari ini, tanggal 25 Agustus 2016,hampir seminggu setelah iPhone saya diterima, saya tetap tidak mendapat kepastian dari pihak TokoTuku terkait hal ini dan prosesnya. Entah, apakah iPhone saya diganti dengan yang baru, hardware-nya yang diganti, atau entah info/update apalah. Tidak ada!
Barangkali, perlu diingat lagi bahwa saya selalu memakai jasa YES agar produk itu cepat sampai dan agar cepat ditangani pula. Karena kebutuhan saya yang sangat, sangat, sangat mendesak akan memakai iPhone itu. Karena pekerjaan saya di sana.

Melalui surat pembaca ini, saya mohon sekali agar pihak TokoTuku dan Bukalapak bisa merespon dan membantu proses ini cepat selesai. Saya sebenarnya gak pengin ribut-ribut atau 'menimbulkan kegaduhan', tapi karena melihat tidak adanya inisiatif sama sekali dari Toko Tuku sementara saya sangat mendesak butuh iPhone tersebut.... maka saya, sekali lagi, terpaksa menayangkan Surat Pembaca ini.

Terima kasih.
-Y-



UPDATE. Setelah melalui proses panjang yang melelahkan dan menguras emosi juga tenaga --mengingat kerjaan saya bukan ngurusin ini doang-- baik saya dan Toko Tuku (yang terima kasih karena akhirnya merespon) telah sama-sama menyepakati bahwa untuk ini, uang saya akan dikembalikan saja. Maaf jika karena hal ini telah terjadi kegaduhan yang saya juga tidak inginkan, seperti yang saya sebutkan di awal. Saran saya, adalah lebih baik bagi merchant yang ingin mencoba memperluas jaringannya ke wilayah online agar mempersiapkan manajemen dan layanan online juga demi menghindari kasus missS E N S O Rmunication seperti ini.
Demikianlah Surat Pembaca ini saya perbaharui dan menyatakan bahwa kasus ini sudah ditutup dan semoga menjadi solusi dan pelajaran bersama-sama. Terima kasih, Salam.
Diubah oleh Crissalyx 29-08-2016 05:35
0
8.9K
66
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan