Kalo di hobi pesawat RC, model type Airliner termasuk di cabang RC model scale yang termasuk langka gan. Langka baik di luar negeri maupun dalam negeri khususnya. Karena jarang banget yang jual, kalo pun impor harganya bisa mahal sekali dan typenya itu2 aja. Jadi di post ini ane mau nge-share proses pembuatan pesawat RC Airliner dengan bahan yang murah dan elektronik yg terjangkau. Tapi secara tampilan dan terbangnya ga kalah lah sama yang pabrikan.... eh kalah dikit gapapa deh gan, kan handmade nih
Berikut proses pembuatan RC 737-800 Garuda Indonesia
Spoiler for Foto lain:
Video
Spoiler for 1. Proses desain plan:
PROSES DESAIN PLAN
Pesawat yang mau dibuat memang sudah ada bentuk pesawat aslinya yaitu Boeing 737-800, tapi agar model pesawat tersebut dapat dibuat dari bahan polyfoam maka kita perlu mendesain pola /
plannya terlebih dahulu. 3D model di buat di program jadul 3DS Max 7.0. Dengan skala 1:25 dari aslinya.
Setelah bentuk 3D tersebut selesai
kemudian di transfer ke gambar 2D
dan di print sebagai plan seperti ini
Spoiler for 2. Dari plan ke foam:
PLAN DIJIPLAK KE FOAM
Setelah diprint,
plan dipotong perbagian dan dijiplak ke lembaran foam.
Ane pake material polyfoam 3mm
Begini hasilnya
setelah plan sudah dijiplak ke lembar foam.
Lembar foam ini ukurannya 1x1 meter,
dan Boeing 737 ini menghabiskan 2 lembar
Setelah semua plan sudah selesai dijiplak ke lembar foam,
plan dipotong dengan menggunakan cutter, hasilnya
seperti berikut dan siap dirakit.
Spoiler for 3. Merakit Bagian Sayap:
Merakit Bagian Sayap
Bagian sayap adalah bagian yang terpenting dalam pembuatan pesawat RC,
pemilihan profil airfoil juga berpengaruh pada karakter terbangnya.
Sayap 737 terdiri dari 3 bagian, yaitu bagian tutup atas sayap yang biasanya
paling melengkung, bagian rangka
dan bagian tutup bawah sayap.
Untuk membantu melengkungkan foam
dapat dibantu dengan dipanaskan dengan hotgun
Untuk lem ane pake hot glue / lem panas
Spoiler for 4. Merakit Aksesoris Mesin:
Merakit Aksesoris Mesin (boongan)
Biasa disebut "dummy engine" atau mesin boongan.
737 aslinya memang mesinnya ada di kedua sayap, tapi ane mau ngirit biaya agar bisa pake cuma
1 mesin aja yang ane taroh di belakang ekornya. Tapi tetep kedua mesin di sayap tetap dibikin
agar tetap terlihat scale seperti aslinya.
Spoiler for 5. Merakit Sayap lanjutan:
Merakit Dummy Engine ke sayap.
Setelah dummy engine selesai, kita tempel dummy engine tersebut ke sayap.
Sebelumnya ane bikin aileron di sayap, aileron itu untuk mengendalikan
gerakan guling/rolling pesawat. Dan tiap aileron dikasih 1 buah servo untuk
menggerakkannya
Spoiler for 6. Merakit Fuselage / Badan Pesawat:
Merakit Fuselage / Badan Pesawat
Badan pesawat / fuselage dirakit perbagian, mulai dari bagian tengah
kemudian
ke belakang
dan terakhir
bagian hidungnya
Pesawat ini total menggunakan 5 servo yaitu
- 2 servo untuk aileron kanan dan kiri
- 2 servo untuk elevator kanan dan kiri
- 1 servo untuk rudder
Elektronik :
- 1 motor Turnigy 2200 kv 342 watt dengan propeller 6x4 inch
- 1 esc Aerostar 40A
- Battery 3S 200 mAh (12 volt)
Pesawat siap di test terbang sebelum ditambah landing gear
Spoiler for 7. Test terbang tahap awal:
Test terbang tahap awal
Pesawat ane bawa ke lapangan, untuk ditest keseimbangannya
atau Center of Gravitynya.
FYI : pesawat harus seimbang di titik Center of Gravity (CG),
kalo tidak maka pesawat ga bisa terbang, sulit dikendalikan
dan akhirnya crash.
Karena belum ane kasih landing gear, cara menerbangkannya
yaitu dengan dilempar atau biasa di sebut "hand launch"
Test terbang tahap awal sukses
Spoiler for 8. Test Terbang Lanjutan:
Test Terbang Lanjutan
Setelah sukses terbang tanpa landing gear, selanjutnya adalah
test terbang dengan landing gear, yaitu take off dan landing dari bawah.
Landing gearnya ane pake yang gede agar bisa take off di lapangan rumput
test terbang dengan landing gear berjalan mulus.
Spoiler for 9. Pasang Livery / sticker:
Tahap selanjutnya adalah detailing,
pesawat tidak di cat tapi hanya cukup menggunakan sticker aja.
Ane bikin sendiri stickernya lalu di print di digital printing
di atas sticker vinyl
Penampakan pesawat setelah dikasij sticker
Bareng anak pertama ane
Spoiler for 10. Test Terbang Tahap Akhir:
Test Terbang Tahap Akhir
Setelah diberi sticker, pesawat akan bertambah berat, jadi tetap
memerlukan test terbang terakhir kalinya.
Total berat terbang akhir 880 gram
Original Posted By rihsanindah►kreasi dari seseorang yg krreatif memang tidak membohongi
trims sis
Quote:
Original Posted By baser1992►gan salam kenal
Gan ane newbie nih mau bertanya beberapa soal aeromodeling ama agan
ane rencana mau bikin B737 series dengan fiberglass gan
cuma ada beberapa persoalana yng bikin stack
1. masalah body,apakah body di mold secara solid (penuh) atau di buat secara mash (kulit nya aja kayak boat)?
2. untuk berat hasil dari fiber glass apakah mampu di terbangkan dengan 2 EDF?
3. untuk konstruksi aileron dan semacamnya apakah agan ada refrensi untuk saya?
mohon pencerhan nya y gan
makasih salam papa kilo
1. kalo mau pake fiberglass, bisa pakai "fiber cloth" yg khusus aeromodelling, jangan pakai serat kaca yang buat bikin boat, body motor, dll itu.
lalu pakai glass epoxy resin. Bikin bentuk kulit setipis mungkin, dan harus pakai rangka dalamnya bisa pakai balsa atau plywood. Btw ane belum pernah pakai fiberglass utk bikin yang bisa terbang, tapi pernah baca2 dan nonton youtube cara bikin pesawat fiber.
2. Bisa asalkan 2 syarat ini terpenuhi, wingloading yang cukup kecil (luas sayap cukup luas berbanding bobot terbang), yang kedua power thrust EDF cukup. Menurut perkiraan ane dimensi pesawat fiber harus besar, minimal wingspan 3 meter dan bobot terbang kira2 5 kg. Biasanya hanya fuselagenya yang pakai fiberglass, kalo sayapnya pakai styrofoam block dilapis balsa dan di cover film. EDF dengan thrust masing2 2 kg.
3. konstruksi aileron bisa cek google atau main2 ke RCgroups.com
Quote:
Original Posted By rihsanindah►Memakan biaya yang cukup mahal ya
kalo dari nol memang lumayan mahal, tapi kalo udah punya remote dan baterenya, buat pesawat berikutnya akan lebih ringan karena cukup 1 remote dan batere bisa gantian.
Quote:
Original Posted By 442tactician►wah saingan terberat Airbus ni gan
3
airbus2 an
Quote:
Original Posted By Ivan.Veselji►gile ribet ya bikin pesawat..
paling mudah bikin RC itu bikin rc boat, kedua pesawat, paling sulit rc mobil (darat)
Quote:
Original Posted By ricksuck►Keren ente bree bisa buat pesawat
agan juga bisa kalo emang pengen bisa, hobi yang seru loh
Quote:
Original Posted By Ivan.Veselji►wowwss.. keren bener pembuatannya
thanks gan
pesawat terakhir ane sudah terbang Sukhoi Su-30MK2 TNI AU
1. kalo mau pake fiberglass, bisa pakai "fiber cloth" yg khusus aeromodelling, jangan pakai serat kaca yang buat bikin boat, body motor, dll itu.
lalu pakai glass epoxy resin. Bikin bentuk kulit setipis mungkin, dan harus pakai rangka dalamnya bisa pakai balsa atau plywood. Btw ane belum pernah pakai fiberglass utk bikin yang bisa terbang, tapi pernah baca2 dan nonton youtube cara bikin pesawat fiber.
2. Bisa asalkan 2 syarat ini terpenuhi, wingloading yang cukup kecil (luas sayap cukup luas berbanding bobot terbang), yang kedua power thrust EDF cukup. Menurut perkiraan ane dimensi pesawat fiber harus besar, minimal wingspan 3 meter dan bobot terbang kira2 5 kg. Biasanya hanya fuselagenya yang pakai fiberglass, kalo sayapnya pakai styrofoam block dilapis balsa dan di cover film. EDF dengan thrust masing2 2 kg.
3. konstruksi aileron bisa cek google atau main2 ke RCgroups.com
Gan bisa kasih contoh barang ngak untuk Fiber Cloth N Glass Epoxi Resin yang menurut agan terbaik untuk Aeromodeling y gan
apakah ini slah satu contoh Glass epoxy resin Glass Epoxy Resin
N bahasa awam nya apa y gan?
Thanks
coba cek hobbyking.com
saya blom pernah bikin pakai fiberglass
saya masih level pake gabus polyfoam aja yang ringan
Aeromodelling sekarang banyak yang bahannya
1. Foam/ gabus / styrofoam banyak pesawat pabrikan berbahan foam EPO dengan finishing yg bagus jadi tidak terlalu terlihat dari gabus. Homemade seperti saya ini juga pakainya gabus.
2. Kayu balsa dan coating film, ini bahan klasik sebelum ada foam. Pesawatnya lebih kinclong, halus dan rigid, harga bahan dan pembuatan lebih mahal
3. Composite, yang terakhir ini masih jarang yang bikin, biasanya untuk pesawat2 yang ukuran besar, bahannya campur2 ada fiberglass, serat carbon, ada balsanya juga, dll.
Gan bisa kasih contoh barang ngak untuk Fiber Cloth N Glass Epoxi Resin yang menurut agan terbaik untuk Aeromodeling y gan
apakah ini slah satu contoh Glass epoxy resin Glass Epoxy Resin
N bahasa awam nya apa y gan?
Thanks
Original Posted By .Saladin.►sumpah keren2 gan remote control pesawat terbang nya...range harganya kisaran berapa ya?
Hampir sama semua, karena yang paling mahal itu remote, batere dan chargernya bisa 3 juta sendiri. 3 item tadi itu investasi, modal awal, karena cukup 1 remote utk banyak pesawat, bisa dipake juga buat RC mobil, boat, dll. Pesawat sendiri sih kalo bikin sendiri ga sampe 1 juta. Kalo beli jadi paling 1,5 - 2 juta.
Quote:
Original Posted By sen0pati►gan ,, gambar yg dipage 1 banyak yg hilang , bisa di upload lagi gak gan
itu nge link dari foto FB, barusan cek keliatan kok.
Beda lagi, yang gatotkaca itu kan N-250, proyeknya ga diteruskan, cuma sampai prototype aja
Kalo yang baru ini N-219, lebih kecil dari N-250 dan rencananya N-219 akan diproduksi dan diekspor
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.