tinahendianaAvatar border
TS
tinahendiana
Anak-anak JIS Ikut Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia
Selamat Hari Raya Kemerdekaan Indonesia ya, Gan! Merdeka! Tidak terasa Indonesia sudah merdeka selama 71 tahun berkat perjuangan para pahlawan. Seperti tahun-tahun biasanya ya gan, jika 17an pasti ga asing dengan yang namanya upacara bendera. Buat kita yang saat ini mungkin sudah jadi karyawan yang bekerja di kantoran baik swasta atau pemerintahan mungkin euforia 17an kita sudah lebih dewasa dan ga seheboh anak-anak sekolah yang wajib upacara di sekolah pagi-pagi dengan seragam mereka dan semangat hormat juga nyanyi Indonesia Raya. Tapi pasti ada pula diantara kita yang diwajibkan hadir saat 17 Agutus di gedung kantor untuk upacara kan? Nah kebetulan ane engga nih gan hehehe jadi berasa beda banget dari jaman sekolah dulu yang selalu terbawa dengan euforia 17an sama sekarang udah kerja beberapa tahun belakangan euforianya cukup dengan nonton upacara di istana Negara lewat TV.

Tapi euforia 17an kembali terasa karena kemarin nih gan. Jadi sebelum kerja, ane nyempetin nganter kakak sepupu ane yang anaknya sekolah di JIS. Anaknya masih SD nih gan. Nah kebetulan hari itu JIS elementary school melakukan upacara dalam rangka merayakan kemerdekaan Indonesia. Menarik buat ane karena anak-anak JIS ini kan hampir semuanya anak-anak bule kan, Gan. Tapi mereka merayakan kemerdekaan Indonesia. Hebat ya, padahal belum tentu seluruh masyarakat Indonesia aware dengan peringatan kemerdekaan negaranya. Karena menarik buat ane dan kantor ane yang gak gitu jauh dari JIS, ane ikut sodara ane ini untuk liat anaknya upacara.



Mereka melakukan upacara di lapangan bola yang cukup besar. Sekitar jam 7 lewat ane sampe sana dan terlihat kalau pihak sekolah sedang melakukan persiapan upacara seperti cek sound dan terlihat beberapa security yang latihan bertugas mengibarkan bendera. Banyak juga orang tua murid yang lain yang sudah standby untuk lihat anak-anaknya upacara. Beberapa menit kemudian satu per satu anak-anak datang ke lapangan dibimbing oleh guru mereka dan berbaris di tempat-tempat yang sudah ditentukan. Ada yang sambil loncat-loncat, atau sambil ngomong ceriwis dengan logat bule mereka. Melihat anak-anak kecil yang `sangat bersemangat ke lapangan dan mengikuti upacara sungguh membuat ane secara ga sadar senyum-senyum sendiri Gan. Lucu-lucu banget dan jadi bersyukur pernah mengalami semangat seperti mereka juga saat sekolah.



Saya juga cukup kagum sama anak-anak ini karena dengan gembira ikut merayakan kemerdekaan Indonesia meskipun bukan Negara asal mereka. Upacara berlangsung juga seperti layaknya upacara pada umumnya. Terlihat ibu Elsa kepala sekolah untuk elementary school menjadi Pembina upacara. Oiya, uniknya juga upacara ini dilakukan seperti bilingual, jadi setelah bahasa Indonesia akan dibacakan bahasa Inggrisnya. Yang lebih bikin bangga melihatnya, anak-anak ini juga dengan lantang mengucapkan Pancasila yang dibacakan oleh dua murid JIS dengan suara mereka yang gemas-gemas. Pancasila-nya diucapkan dengan dua bahasa tentunya. Upacara berlangsung kurang lebih 30 menit, setelah itu mereka kembali ke kelas mereka masing-masing bersama guru mereka. Beberapa diantara mereka ada yang menyempatkan untuk foto di bawah tiang bendera Merah Putih bersama dengan guru-guru mereka.

Dilihat dari kegiatan ini, sungguh ane suka banget dengan cara JIS yang menyadari keberadaan sekolah mereka ada di Negara Indonesia. Mereka sangat menghormati bahkan meneladani semangat kemerdekaan Negara Indonesia dan sungguh mengedukasi murid-muridnya yang berasal dari berbagai macam Negara dengan pengetahuan serta melakukan budaya yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Salut sih buat JIS. Semoga ini jadi cermin untuk kita agar juga bisa bersungguh-sungguh menghayati nasionalisme agar sebagai masyarakat Indonesia asli kita ga kalah hebohnya dan semangat dalam merayakan Kemerdekaan Negara kita tercinta, Indonesia emoticon-Smilie
0
3.7K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan