jokihachiuAvatar border
TS
jokihachiu
SURAT TERBUKA UNTUK PEMBUAT DAN PENGUPLOAD VIDEO DIBAWAH INI!!!
SURAT TERBUKA UNTUK PEMBUAT DAN PENGUPLOAD VIDEO DIBAWAH INI!!! Pantaskah...



*Buat yg ga kuat streaming, isi video tentang karyawan IDM yg ditanya masalah perbedaan harga..

Yth. Pembuat Video diatas & Peng-upload

Salam Hormat,
Perkenalkan bapak, saya hanya seorang lulusan SMA, yang sekarang bekerja sebagai petugas parkir di sebuah mall di Bekasi. Saya pernah bekerja di perusahaan retail, beberapa tahun lalu, tp bukan di perusahan yg sama di video di atas.
Mungkin bapak adalah seorang yg memiliki title pendidikan, dan punya jabatan di manapun bapak bekerja. Sebetulnya saya tidak tau persis bapak seorang pria atau wanita, dari suaranya saya yakin bapak seorang pria.
Sebelumnya, saya tidak bermaksud membela karyawan di video tersebut atau sebaliknya.. Saya hanya ingin berbagi ilmu selama berkerja di perusahaan retail..
Beberapa hari yang lalu saya ingat betul kata - kata teman saya yg sudah bekerja belasan tahun di pelayanan dan jasa parkir, kurang lebih seperti ini
"Namanya kerja di pelayanan dan jasa, kita bener aja di anggap salah, apalagi salah, makin salah"
Sepengetahuan saya, minimarket juga bisa di bilang pelayanan dan jasa, Saya bekerja di retail kurang lebih 1 tahun pak, waktu yg cukup buat tau seluk beluk bidang itu.
Pak.. ada puluhan brand yg ada di sebuah toko, ada ratusan jenis barang yg ada di sebuah toko, ada ribuan price tag (label harga) di sebuah toko pak..
Wajarkah bila terlewat beberapa price tag (label harga) yg ribuan itu, terlewat beberapa label harga saat pergantian harga pak?
Pak.. Sebuah barang, atau kita ambil 1 merk.. Aqu* botol 600ml.. Pak.. Aqu* seperti itu biasanya terdapat di 3 tempat berbeda.. 1. Di rak minuman biasa, 2. Di lemari pendingin 3. Di rak depan kalo merk tersebut ada promo..
Wajarkah kalo dari 3 tempat itu cuma 1 atau 2 tempat yg label harganya sempat terganti pak?
Pak.. barang yg sudah di struk, uangnya 100% akan masuk ke perusahaan pak, kasir ga bisa main ambil begitu saja. Beda kasus kalo bapak bayar tidak sesuai struk(contoh: distruk 100rbu, bapak bayar 105ribu) uang lebihnya baru bisa di ambil sang kasir.
Pak.. Tahukah bapak, gaji karyawan retail itu tetap, sebatas UMR. Tidak dipengaruhi keungtungan toko pak.. mau penjualan hari itu besar atau kecil, gajinya tetap segitu pak. Belum dipotong barang hilang pak.. Iya pak.. itu resiko pekerjaan, mereka semua pasti tau itu..
Yg paling penting pak,
Pak.. Tahukah bapak tiap perusahaan yg berhub dengan pelayanan dan jasa, ada yg namanya no. Telp untuk keluhan pelanggan..
Sudahkah bapak menghubungi?

Ada ribuan minimarket seperti itu pak, kalo bapak merasa di tipu di minimarket itu.. kenapa bapak kembali ke minimarket itu?

Pak.. mereka hanya karyawan, yg hanya berharap dari sebatas UMR, manusia biasa, yg bisa khilaf terlewat mengganti label harga..

PANTASKAH DIPERLAKUKAN SEPERTI ITU!!

Pak.. tahu nasib karyawan itu skrang?



Terimakasih

Bekasi, 08 Agustus 2016



Update:

Dear agan yg terhormat dan sista tercinta..

Mohon maaf sebelomnya,
Beberapa pengetahuan ane, kalo salah mohon di koreksi..

1. Hak konsumen dapet struk, cuman beda cerita kalo saat itu printer atau komputer disana bener2 lg trouble, prosedurnya kalo kejadian gitu mustinya si kasir ngomong ke konsumen, nah kalo konsumen ga mau.. ya tinggal ga jadi belanja.. kalo konsumen nerima ya terima tanpa struk.. nah di kasus ini, si kasir udh bilang atau belum? kalo belum berati memang "salah"

2. Harga berbeda antara label harga sama komputer kasir, mustinya si kasir langsung cabut harga label price yg salah itu, trus ngasih harga sesuai label price itu ke konsumen.. nah untuk kasus ini kayak gitu ga? kalo engga berati itu kasir emang "salah"

3. kalo si kasir nambahin item, tanpa sepengetahuan konsumen.. itu salah banget..

4. yang ane sayangkan, kenapa video itu harus di bikin.. kalo bener si kasir atau pegawai ngelakuin semua kesalahan di atas, menurut ane pribadi nih yah..
- si konsumen lapor ke yg paling berwenang di toko tersebut (kayaknya udah)..
- kalo masih ngeyel, bisa lapor ke layanan konsumen.. ane rasa setiap keluhan kayak gitu bakal di respons cepat.. asal jelas..
kalo niat video itu dibikin buat efek jera si karyawan.. di laporin ke atasannya (atau layanan konsumen) juga bakal cukup bikin jera..
kalo niat video itu buat mendidik, masyarakat indonesia.. mustinya ga ditampilin terang2an gitu.. di sensor atau gimana gitu..

Sekali lagi mohon maaf..
ane nulis ini cuma dasar kasian aja..

Setiap oknum nakal memang harus di bantai habis gan.. tp kan ada cara2nya..

Terimakasih emoticon-Smilie


Mantan Kepala toko


Quote:





Komen


Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:



Quote:


Quote:



Quote:




Quote:



Quote:





Quote:



Quote:





Komen Lanjutan post #323





Diubah oleh jokihachiu 09-08-2016 11:07
0
66.2K
461
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan