Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rycastaAvatar border
TS
rycasta
Menjamurnya Minimarket di Indonesia
Hallo Kaskusers semua, semoga semuanya sehat yaa guys..

Balik lagi dengan gw nih..emoticon-Selamat

Sekarang gw mau bahas yang namanya minimarket yang udah banyak banget di indonesia, mungkin para agan and aganwati udah pada paham, tapi kita bahas secara garis besar ajah ya guys.. Maaf bgt klo ada minimarket yang ngga gw masukin yaa emoticon-Shakehand2

Nah ada beberapa minimarket yang sudah menjamur di indonesia terutama di kota Jakarta.

1. Indomaret



Perusahaan minimarket ini didirikan tahun 1988 dengan sebuah gerai yang diberi nama Indomaret. Minimarket ini didirikan dengan badan hukum PT Indomarco Prismatama.Pada mulanya Indomaret membentuk konsep penyelenggaraan gerai yang berlokasi di dekat hunian konsumen, menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari-hari dengan luas toko 200 meter persegi.

Indomaret juga mempunyai anak usaha yaitu Indonesiarosir yang mempunyai konsep bisnis pusat perkulakan. Hingga saat ini Indomaret telah mempunyai sekitar 7.000 gerai di seluruh Indonesia.

2. Alfamart



Gerai minimarket yang dibangun dengan nama perusahaan PT Sumber Alfaria Trijaya. Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarga. Dia mengawali usahanya di bidang perdagangan dan distribusi. Tahun 1999, dia mulai memasuki ranah minimarket dilanjutkan dengan mengakuisisi 141 gerai Alfaminimart dan membawa nama baru Alfamart. Saat ini perusahaan ritel ini mempunyai 6.585 gerai di seluruh Indonesia.

3. Seven Eleven



Perusahaan waralaba asal Jepang ini masuk ke Indonesia dengan nama PT Modern Internasional pada tahun 2009. Sayangnya, gerai 24 jam ini hanya terdapat di Jakarta. Saat ini, Modern Internasional telah berhasil membuka 78 gerai 7-Eleven di seluruh Indonesia. Tahun ini, waralaba tersebut berencana untuk membuka 60 gerai tambahan di seluruh Jakarta.

Menurut prospektus Modern Internasional, pembangunan 7-Eleven yang terbatas hanya di Jakarta ini merupakan strategi perseroan dalam mengembangkan gerai. Rencananya, perusahaan tersebut akan terlebih dahulu mendominasi pasar Jakarta terlebih dahulu sebelum mengembangkan di daerah lain.

4. Circle K



Pada tahun 1951, Fred Harvey membeli 3 toko bahan makanan Kays Foodstore di El Paso, Texas. Setelah pembelian tersebut, Fred Harvey mengubah nama kays Foodstore menjadi Circle K. Minimarket yang mempunyai konsep toko 24 jam itu mulai merambah ke Indonesia pada tahun 1986 di Jakarta. Waralaba ini masuk dengan badan hukum PT Circle K Indonesia Utama.Hingga kini, Circle K telah mempunyai lebih dari 300 gerai di Indonesia.

5. Lawson



Lawson adalah jaringan toko kelontong terbesar nomor dua di Jepang setelah 7-Eleven. Kantor pusat Lawson di East Tower, Gate City Ohsaki di Ōsaki, Shinagawa, Tokyo. Logo perusahaan ini berupa kaleng susu untuk mengingatkan orang bahwa Lawson berawal dari toko susu yang didirikan pemilik pabrik susu bernama J.J. Lawson di negara bagian Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1939. Namun Lawson sekarang adalah perusahaan Jepang, sekaligus pemilik jaringan convenience store terbesar kedua di Jepang setelah 7-Eleven. Hingga Maret 2013, Lawson telah memiliki 83 toko di Bali, Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta, Jawa Barat, dan Tangerang.

Naaah itu dia bro sedikit ulasan dari ane untuk masing masing perusahaan, sebetulnya masih masih banyak bgt bro minimarket di Indonesia, klo ane bahas semua di sini jadi kepanjangan dan nanti males juga di bacanya sama agan and aganwati..emoticon-Malu emoticon-Kaskus Radio

Persaingan antar Minimarket

mungkin agan bisa melihat sendiri bagaimana persaingan antar Minimarket di atas. Persaingan antar Minimarket sangan lah jelas terjadi di sekitar kita mulai dari perbedaan harga, perbedaan konsep toko (tak hanya menjual aneka makanan dan minuman kemasan saja tapi beberapa Minimarket ada yang menjual Makanan dan minuman siap saji), ada juga perbedaa tata letak minimarket kan kya di bawah ini gan..emoticon-Wow
emoticon-Wow

okkkk itu ajah gan yang mau ane bahas kurang lebihnya kembali lagi ke kita sebagai konsumen ya ganemoticon-Cool emoticon-Kaskus Radio

klo mau tambah informasi bisa lgsg corat coret ya gan.emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
5.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan