Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sukawu.comAvatar border
TS
sukawu.com
Full Day School, Sudah Tepat atau Belum?



Isu pendidikan yang sedang hangat saat ini adalah usulan dari Mendikbud yang baru diangkat 27 Juli lalu, yaitu mengenai full day school. Banyak sekali pro kontra mengenai isu ini. Meski lebih banyak kontranya.

Namun jika kita coba melihat lebih jauh lagi, sebenarnya usulan ini bukan tanpa alasan dan juga sebenarnya memiliki tujuan yang baik.

Kali ini Kita tidak akan memihak manapun, namun ingin memberikan gambaran lain tentang isu ini. Mari kita bahas bersama.


Latar Belakang

Mengutip perkataan dari Bpk. Muhadjir Effendy, “Dengan sistem full day school ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang dari kerja”.

Berdasarkan pernyataan di atas, tujuan diusulkan full day school ini adalah agar anak tidak menjadi liar ketika di luar sekolah, atau ketika orang tua mereka belum pulang kerja.

Tujuannya jelas, namun ada hal-hal lain lagi yang perlu diperhatikan yang banyak orang tidak sadari — yaitu full day school bukan berarti belajar seharian di sekolah.

Yang kebanyakan dari kita bayangkan dari kata full day school adalah belajar di dalam kelas sampai sore sambil membuka buku pelajaran atau menyimak guru menjelaskan hingga matahari terbenam.

Namun sebenarnya bukan itu konsep dari full day school yang dianggap Mendikbud.

“Usai belajar setengah hari, hendaknya para peserta didik (siswa) tidak langsung pulang ke rumah, tetapi dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan dan membentuk karakter, kepribadian, serta mengembangkan potensi mereka,” kata Muhadjir.

Jadi konsepnya adalah para siswa belajar hingga setengah hari, lalu setengah harinya lagi mereka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan di sekolah. Kegiatan dilakukan masih dalam lingkungan sekolah agar lebih mudah untuk diawasi dan mengurangi peluang anak untuk “salah gaul”.

Selain itu, pada prakteknya banyak orang tua yang lebih mempercayakan anaknya di lembaga kursus karena tidak sempat mengurusnya sendiri. Pada akhirnya banyak orang tua yang langsung memberikan anaknya berbagai macam kursus agar mereka memiliki kegiatan selain sekolah.

Jadi tanpa full day school pun sebenarnya banyak pelajar yang pulang sore dan bahkan malam karena mengikuti berbagai macam kursus. Itu tidak menjadi masalah jika si anak suka dengan kursus yang diikuti. Namun yang menjadi masalah adalah ketika si anak diberikan kursus yang sebenarnya bukan kemauanya, melainkan ambisi orang tuanya.

Ironisnya kebanyakan anak justru mengikuti kursus pelajaran formal seperti matematika, fisika, kimia dan mata pelajaran lainnya yang sebenarnya sudah mereka terima di sekolah. Banyak orang tua yang memaksa anaknya agar jago di bidang ilmu eksak, padahal mungkin saja bakat anak tersebut bukan di bidang eksak, namun seni atau olahraga. Karena, sesungguhnya nilai akademis bukan segalanya.


Lalu bagaimana solusi untuk menganggapi isu ini?

Jika ulusan ini tidak jadi diberlakukan (karena banyaknya kritik), maka mungkin cara-cara ini dapat Anda terapkan pada anak Anda yang sedang menempuh bangku sekolah.

Spoiler for Satu:


Spoiler for Dua:


Spoiler for Tiga:



Peran orang tua sangat penting bagi pertumbuhan anak. Perilaku anak ketika dewasa tergantung dari bagaimana pola didikan orang tuanya ketika kecil. Bisa dikatakan kalau usulan full day school dari Mendikbud adalah bentuk kekhawatiran terhadap banyaknya orangtua yang “menelantarkan” anaknya.

Kami yakin Anda bukan tipe orang tua seperti itu. Namun jika Anda mempunyai kerabat yang suka “menelantarkan” anaknya, silahkan bagikan artikel ini. Semoga mereka dapat tersadarkan dan mulai memberi perhatian lebih kepada anaknya.

Jadi full day school sudah tepat atau belum? Bisa iya, bisa juga tidak. Itu semua tergantung dari sudut mana Anda melihat. Bagaimana menurut anda?

sumber : http://blog.sukawu.com/full-day-scho...at-atau-belum/


Diubah oleh sukawu.com 11-08-2016 06:51
0
2K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan