Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

n4z1Avatar border
TS
n4z1
Ini Loh… Sejarah Singkat Bendera Merah Putih, Sudah Ada Sejak Kerajaan Majapahit
Sebelum membaca trit tentang Sejarah Merah Putih, ijinkan ane mengucapkan :


DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 71



Jayalah selalu Indonesia
Tanamkan jiwa nasionalisme dalam dada
Biarpun langit runtuh, kita tetap Indonesia
Tanah yang kita pijak, udara yang kita hirup, air yang kita minum, semuanya berasal dari bumi yang sama, Indonesia
Jangan terpecah belah, apapun suku kita, apapun agama kita, apapun keturunan kita
Sebab Indonesia, didirikan bukan hanya untuk 10 atau 20 atau 100 tahun, akan tetapi Indonesia didirikan hingga hancur lebur bumi ini.
Cintai negerimu, cintai bangsamu, cintai tanah airmu....

--------------------------------------------------------


Ini Loh… Sejarah Singkat Bendera Merah Putih, Sudah Ada Sejak Kerajaan Majapahit


INDOBERITA.COM – Sejarah Bendera Merah Putih Seperti diketahui pada hari rabu, 17 Agustus 2016 yang akan datang bangsa Indonesia akan memperingati HUT Ke-71 RI, dimana ada salah satu momen penting yang biasa kita tunggu adalah pengibaran sangsaka merah putih yang dilakukan oleh para anggota Paskibraka nasional. Akan tetapi, tahukah kamu tentang sejarah asal muasal Bendera merah putih?

Merah Putih adalah warna dari bendera Indonesia yang kerap dikenal dengan sebutan Sang Saka Merah Putih, akan tetapi ternyata warna bendera Indonesia sudah ada semenjak zaman dahulu kala tepatnya pada jaman Kerajaan Majapahit pada abad ke-13 yang berada di Jawa Timur. Untuk pertama kalinya Bendera Merah Putih berkibar dengan gagahnya adalah saat upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945 dan sampi saat ini, dengan desain yang tetap sama.

Selain itu, bendera merah putih mempunyai nama asli Sang Merah Putih yang tertera di Pasal 35 UUD 1945, selain itu Bendera Indonesia pun suka disebut dengan Merah Putih, atau Sang Dwiwarna, dan juga Sang Saka Merah Putih. Untuk bendera pusaka pertam akali berkibar di kediaman Presiden Ir. Soekarno setelah Presiden memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.

Untuk pertama kalinya juga, Bendera Pusaka tersebut dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno. Dari arti Merah Putih, Merah artinya keberanian, dan warna putih mengandung arti kemurnian. Merah merupakan tubuh manusia dan kehidupan fisik, dan putih adalah menjadi lambang jiwa manusia juga kehidupan rohani. Keduanya memang harus ada dalam jiwa seseorang.

Bukti sejarah jika penggunaan warna merah putih ttelah ada semenjak zaman dahulu:

1. Kerajaan Singasari:

Pada kitab Jawa kuno tahun 1216 Caka atau 1254 Masehi disana tertulis jika umbul-umbul merah putih telah dipakai oleh Jayakatwang saat ia berperang lawan Raden Wijaya.

2. Kerajaan Majapahit:

Mpu Prapanca pada dalam kitab Negara Kertagama disana menceritakan jika pada pemerintahan Hayam Wuruk, yaitu Majapahit 1350-1389 M, jika untuk warna merah putih jadi warn ayang sangat dimuliakan, dan dipakai pada hari kebesaran dan sakral, seperti Upacara hari kebesaran dari kerajaan.

3. Kerajaan Minangkabau:

Pada kitab Tembo Alam Minangkabau yang disalin sekitar tahun 1840 tertulis adanya gambar bendera alam Minangkabau yang mempunyai warna merah putih hitam, dan diketahui jika warna tersebut jadi pusaka peninggalan pada jaman kerajaan Melayu-Minangkabau, saat Maharaja Adityawarman berkuasa.

4. Keraton Solo :

Ternyatam, di keraton Solo pun telah ada bendera merah putih hasil peninggalan Kyai Ageng Tarub yaitu putra Raden Wijaya, yang terkenal menurunkan raja-raja dari tanah Jawa.

5. Tanggal 17 Agustus 1945, usai dilakukan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan, bendera merah putih pun secara resmi dikibarkan. Momentum bersejarah tersebut untuk pertama kalinya sang saka merah putih berkibar di Ibu pertiwi.
http://www.indoberita.com/2016/08/63...aan-majapahit/

0
13.4K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan