Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fadhlierlandaAvatar border
TS
fadhlierlanda
Syarat Jadi Ajudan Presiden: Lolos Psikotes, Jago Bahasa Asing dan Bersih
Kamis, 18/09/2014 17:54 WIB
Jakarta - Seorang ajudan presiden tak hanya dituntut memiliki kecakapan di bidang militer atau kepolisian saja. Namun dia juga wajib jago bahasa asing, memiliki kondisi kejiwaan yang baik dan bersih rekam jejaknya dari perbuatan kriminal atau korupsi.

Marsma Andi Fajril, Karo Pers TNI/Polri Setmilpres selaku bagian dari tim seleksi ajudan presiden menerangkan, proses rekrutmen ajudan sangat ketat. Awalnya, masing-masing kesatuan seperti Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat hingga Kepolisian akan membuat seleksi internal terlebih dahulu. Mereka mencari orang-orang terbaik di angkatannya untuk diajukan kepada tim seleksi Sekretaris Militer Kepresidenan.

"Untuk TNI pangkatnya mulai dari Letkol senior atau kolonel. Di kepolisian AKBP senior atau Kombes pangkatnya," kata Andi saat berbincang dengan detikcom, Kamis (18/9/2014).

Setelah disodorkan beberapa nama dari berbagai matra, seleksi lanjutan pun digelar. Tim Setmilpres kemudian membuat sejumlah tes, mulai dari tes psikologi, kemampuan bahasa asing, hingga penelusuran rekam jejak.

"Kemampuan bahasa yang bersangkutan dicek sejauh mana. Karena kan dia nanti akan nempel terus, termasuk ke luar negeri," terangnya.

"Kita juga mencari clearence, menelusuri rekam jejak, ada masalah atau tidak selama kariernya," sambung pria asal Makassar ini.

Terakhir, tim Setmilpres juga menggelar tes wawancara muka. Mereka melihat langsung kemampuan si calon ajudan, termasuk postur aslinya.

"Kami sangat terbuka dalam proses seleksi ini. Bahkan tempat seleksinya pun bukan di saya saja," tegasnya.

Nantinya, bakal ada 16 ajudan yang dipilih untuk bertugas menempel presiden dan istri, lalu wakil presiden dan istri. Masing-masing tokoh akan diberi 4 ajudan yang datang dari Angkatan Udara, Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Kepolisian.

http://news.detik.com/read/2014/09/1...991101mainnews

waah ternyata sulit ya syarat untuk jadi ajudan presiden, ada psikotest, tes bahasa asing dan rekam jejak (track record). tentu best of the best yang diharapkan jadi ajudan presiden
0
13.4K
27
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan