cingelingAvatar border
TS
cingeling
Jokowi Akan Beri Pernyataan Resmi Soal Isu Paspor Ganda Menteri Arcandra


Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan memberikan pernyataan resmi terkait isu Menteri ESDM Archandra Tahar yang disebut memiliki paspor Amerika Serikat. Presiden akan memberikan keterangan didampingi Mensesneg Pratikno.

Keterangan resmi oleh Presiden akan disampaikan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jaktim, Minggu (14/8/2016). Presiden memang tengah berada di Bumi Perkemahan Cibubur untuk membuka gelaran Jambore Nasional X.


Saat ini, Paspampres sudah menyiapkan tempat untuk Presiden. MenseMensesneg Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Jaksa Agung Prasetyo.

Isu paspor ganda menyambar Menteri ESDM Arcandra Tahar. Ramai dibahas di media sosial dan lewat pesan berantai kalau Arcandra juga memegang paspor Amerika Serikat (AS). Indonesia tidak menganut paham dwi kewarganegaraan.

Sedangkan Arcandra Tahar mengaku sadar rumor itu, namun menyatakan tetap fokus bekerja untuk pemerintahan. Pria asal Padang ini memastikan, dia berstatus sebagai WNI.

"Saya masih memegang paspor Indonesia. Masih valid," ujar Arcandra di kantornya pagi ini.

http://news.detik.com/berita/3274870...nteri-arcandra

PENCERAHAN HUKUM
Seorang WNI yang memiliki dan menggunakan dua paspor, padahal sudah bekewarganegaraan Amerika Serikat, adalah pelanggaran UU Keimigrasian. Hal tersebut terkait dengan Indonesia yang tidak menganut dwi kewarganegaraan.

"Dan bisa dihukum," ujar Denny.

Dalam UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian disebutkan mengenai adanya sejumlah ketentuan pidana. Terkait paspor ganda -- yang menguggurkan paspor RI karena Indonesia tak menganut dwi kewarganegaraan -- diatur dalam Pasal 126 huruf b.

b. menggunakan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia orang lain atau yang sudah dicabut atau yang dinyatakan batal untuk masuk atau keluar Wilayah Indonesia atau menyerahkan kepada orang lain Dokumen Perjalanan Republik Indonesia yang diberikan kepadanya atau milik orang lain dengan maksud digunakan secara tanpa hak dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah);

Terkait dengan isu miring yang menerpa Arcandra, Denny mengatakan bila sang menteri ESDM tersebut memang benar sudah berstatus warga negara Amerika Serikat, maka dia harus mengikuti prosedur untuk dapat mendapatkan status WNI lagi.

TERKESAN ASAL COMOT emoticon-No Hope
HASIL RESHUFFLE JOKUWI YG DIPILIH GAK TAU LATAR BELAKANG MENTERINYA NYA
PAS JADI MENTERI BARU RAME emoticon-Leh Uga

Diubah oleh cingeling 14-08-2016 16:45
0
2.2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan