Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akhlilfikridhamAvatar border
TS
akhlilfikridham
TANGGAL 13 AGUSTUS (cekidot gan)
13 Agustus adalah hari ke-225 (hari ke-226 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian

langsung aja cekidot gan

13 Agustus 1913
Harry Brearley 
mengembangkan stainless steel


(Bahan Keterangan)
Harry Brearley (1871 - 1948) terkenal sebagai penemu stainless steel. Pada tanggal 13 Agustus 1913 stainless steel pertama diproduksi di laboratorium Brown-Firth.

Ayahnya bekerja di peleburan baja. Pada usia 12 tahun Brearly ia bekerja di pabrik baja tempat ayahnya bekerja. Setelah itu ia menjadi asisten di laboratorium kimia. Ia juga sempat belajar ke pabrik di luar negeri. Setelah itu magang sebagai asisten laboran.

Pada tahun 1908
2 pabrik baja besar diSheffield setuju untuk membiayai laboratorium riset umum: Brown Firth Research Laboratories, di mana Brearley memimpin proyek itu. Pada tahun 1912 laboratorium tersebut meneliti korosi laras senapan. Masalahnya adalah baja tersebut tidak tahan suhu tinggi. Brearley mulai menguji penambahan kromium ke baja. Penelitian itu berfokus pada penghitungan sejumlah tingkat karbon, kromium, dan besi yang diberikan.

13 Agustus 1920
Perang Soviet-Polandia
Pertempuran Warsawa dimulai


(Bahan Keterangan)
Pertempuran Warsawa mengacu pada kemenangan besar Polandia pada tahun 1920 selama Perang Polandia-Soviet. Polandia yang saat itu hampir kalah berhasil mengusir dan mengalahkan Tentara Merah. Kemenangan ini hingga kini masih dirayakan sebagai kemenangan besar bangsa Polandia terhadap Rusia dan komunisme.

Ketika pasukan Soviet menyerbu Polandia pada musim panas tahun 1920, angkatan darat Polandia mundur ke barat dengan kacau. Pasukan Polandia tampak hampir hancur sementara para pengamat memprediksikan kemenangan besar Soviet.

Pertempuran Warsawa meletus dari 12 hingga 25 Agustus 1920 saat Tentara Merah di bawah pimpinan Mikhail Tukhachevskymendekati ibukota Polandia di Warsawa danBenteng Modlin di dekatnya. Pada 16 Agustus, tentara Polandia di bawah pimpinanJózef Piłsudski melakukan serangan balasan dari selatan, mengganggu serangan musuh, dan memaksa pasukan Rusia mundur dengan kacau ke timur menyeberangi Sungai Neman. Kekalahan Soviet ini dijuluki oleh pemimpin Bolshevik Vladimir Lenin sebagai "kekalahan yang amat besar" bagi pasukannya.Beberapa bulan kemudian, Polandia berhasil memenangkan beberapa pertempuran yang memastikan kemerdekaan Polandia dan penandatanganan perjanjian perdamaian antara Soviet dengan Ukrainayang mengamankan perbatasan timur Polandia hingga tahun 1939.

1960 - Republik Afrika Tengah 
merdeka dari Perancis


(Bahan Keterangan)
Republik Afrika Tengah ialah sebuah negara di pedalaman Afrika yang berbatasan dengan Chad, Sudan, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo dan Kamerun.

Dahulu negara ini merupakan koloni Perancis bernama Ubangi-Shari, yang mencapai kemerdekaan pada 1960. Selepas tiga dasawarsa bergolak akibat pemerintahan militer silih-berganti, akhirnya pemerintahan sipil berkuasa pada 1993. Namun, pemerintahan ini bertahan selama satu dekade saja. Pada Maret 2003 suatu kudeta militer yang dipimpin oleh Jenderal Francois Bozize telah menjatuhkan pemerintahan sipil pimpinan Presiden Ange-Felix Patasse dan mendirikan pemerintahan peralihan di sana.


13 Agustus 1961 
Tembok Berlin yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur mulai dibangun oleh pemerintah Jerman Timur




(Bahan Keterangan)
Tembok Berlin (bahasa Jerman: Berliner Mauer) adalah sebuah tembok pembatas terbuat dari beton yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur serta daerah Jerman Timur lainnya sehingga membuat Berlin Barat sebuah enklave.Tembok ini mulai dibangun pada tanggal 13 Agustus 1961. Tembok pembatas ini juga dibarengi dengan pendirian menara penjaga yang dibangun sepanjang tembok ini,juga pendirian sebuah daerah terlarang, yang diisi dengan ranjau anti kendaraan. Blok Timur menyatakan bahwa tembok ini dibangun untuk melindungi para warganya dari elemen-elemen fasis yang dapat memicu gerakan-gerakan besar, sehingga mereka dapat membentuk pemerintahan komunis di Jerman Timur. Meski begitu, dalam praktiknya, ternyata tembok ini digunakan untuk mencegah semakin besar larinya penduduk Berlin Timur ke wilayah Berlin Barat, yang berada dalam wilayah Jerman Barat.

Oleh otoritas Jerman Timur, Tembok Berlin dikatakan sebagai "Benteng Proteksi Anti-Fasis" (bahasa Jerman: Antifaschistischer Schutzwall), yang menyatakan bahwa negara Jerman Barat belum sepenuhnya dide-nazifikasi. Pemerintah Kota Jerman Barat kadang-kadang mengatakan Tembok Berlin sebagai "Tembok Memalukan"—sebutan yang dicetuskan oleh Wali Kota Willy Brandt—untuk mengutuk tembok ini karena membatasi kebebasan bergerak. Bersamaan dengan Tembok Pembatas Antar Jerman yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur, kedua tembok pembatas ini menjadi simbol "Tirai Besi" yang memisahkan Eropa Barat dengan Blok Timur selama Perang Dingin.

Sebelum pembangunan tembok ini, ada sekitar 3,5 juta warga Jerman Timur yang bermigrasi dan membelot ke barat, salah satunya dengan melewati perbatasan Jerman Timur dan Jerman Barat, lalu kemudian mereka pun bisa pergi ke negara Eropa Barat lainnya. Antara tahun 1961 dan 1989, tembok ini pun mencegah hal itu.Di rentang waktu kira-kira 30 tahun ini, ada sekitar 5.000 orang yang mencoba kabur, dengan estimasi ada 100 sampai 200 orang yang meninggal karena ditembak.

Pada tahun 1989, ada perubahan politik radikal di kawasan Blok Timur, yang berhubungan dengan liberalisasi sistem otoritas di Blok Timur dan juga mulai berkurangnya pengaruh Uni Soviet di negara-negara seperti Polandia dan Hungaria. Setelah kerusuhan sipil selama beberapa minggu, pemerintah Jerman Timur mengumumkan tanggal 9 November 1989 bahwa rakyat Jerman Timur boleh pergi ke Jerman Barat dan Berlin Barat. Maka, kerumunan orang Jerman Timur pun menyeberangi dan memanjat tembok itu, diikuti pula dengan warga Jerman Barat di sisi lain untuk merayakan atmosfer kebebasan. Beberapa minggu setelahnya, euforia publik dan pemburu souvenir akhirnya meretakkan bagian-bagian tembok itu. Nantinya, sebagian besar tembok ini dihancurkan oleh pemerintah menggunakan alat berat. Kejatuhan dari Tembok Berlin membuka jalan terbentuknya Reunifikasi Jerman, 3 Oktober 1990.


13 Agustus 1999
Nisshōki menjadi bendera resmi
Jepang


(Bahan Keterangan)
Bendera nasional Jepang adalah sebuah bendera dengan sebuah lingkaran merah di tengah bidang putih. Bendera ini secara resmi disebut Nisshōki ("bendera simbol matahari") dalam bahasa Jepang, namun secara umum dikenal sebagai Hinomaru ("lingkaran matahari").

Bendera Nisshōki ditetapkan sebagai bendera nasional sesuai Aturan Tentang Bendera Nasional dan Lagu Kebangsaan Nasional, yang diumumkan dan berlaku sejak tanggal Jumat, 13 Agustus 1999. Meskipun pada masa sebelumnya tak ada undang-undang mengenai bendera nasional, bendera lingkaran matahari telah menjadi bendera nasional Jepang secara de facto. Dua proklamasi dikeluarkan pada tahun 1870 oleh Daijō-kan, badan pemerintahan pada awal Zaman Meiji, yang masing-masing memiliki ketentuan mengenai rancangan bendera nasional. Bendera lingkaran matahari dipakai sebagai bendera nasional untuk kapal-kapal dagang menurut Proklamasi No. 57 tahun 3 Meiji (dikeluarkan pada 27 Februari 1870), dan sebagai bendera nasional yang digunakan oleh Angkatan Laut menurut Proklamasi No. 651 tahun 3 Meiji (dikeluarkan pada 27 Oktober 1870). Penggunaan Hinomaru sangat dibatasi selama awal zaman pendudukan Amerika di Jepang setelah Perang Dunia II.Bertahun-tahun kemudian pembatasan tersebut berangsur-angsur diringankan.

Dalam sejarah Jepang, motif Hinomaru sudah digunakan pada bendera-bendera daimyo dan samurai. Menurut sejarah kuno Shoku Nihongi, Kaisar Mommu menggunakan sebuah bendera berlambang matahari di istananya pada tahun 701, dan itu merupakan catatan pertama tentang penggunaan bendera bermotif matahari di Jepang. Bendera tertua yang masih ada disimpan di kuil Unpō-ji, Kōshū, Yamanashi, yang dibuat sebelum abad ke-16, dan sebuah legenda kuno menceritakan bahwa bendera itu disimpan di kuil tersebut oleh Kaisar Go-Reizei pada abad ke-11.Selama Restorasi Meiji, lingkaran matahari dan Bendera Matahari Terbit dalam Angkatan Laut Kekaisaran Jepang menjadi simbol utama bagi Kekaisaran Jepang. Poster propaganda, buku, dan film memperlihatkan bendera tersebut sebagai tanda kebanggaan dan patriotisme. Di rumah warga Jepang, masyarakat diwajibkan untuk mengibarkan bendera tersebut selama hari libur nasional, hari raya, dan hari-hari tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Persepsi masyarakat terhadap bendera nasional tersebut bermacam-macam. Bagi sebagian orang Jepang, bendera tersebut melambangkan Jepang, dan tidak ada bendera lain yang dapat menggantikannya. Namun, bendera tersebut tidak sering dikibarkan di Jepang karena keterkaitannya dengan ultranasionalisme. Penggunaan bendera tersebut dan lagu kebangsaan Kimigayo menjadi topik perdebatan di sekolah-sekolah Jepang sejak akhir Perang Dunia II (Perang Pasifik). Perselisihan tentang penggunaan bendera tersebut telah menyebabkan protes dan tuntutan. Bagi warga Okinawa, bendera tersebut melambangkan peristiwa Perang Dunia II dan pendudukan tentara AS setelahnya. Bagi beberapa negara yang pernah diduduki oleh Jepang, bendera tersebut adalah simbol agresi dan imperialisme. Hinomaru digunakan sebagai alat untuk menekan bangsa-bangsa yang pernah diduduki untuk tujuan intimidasi—menegaskan keunggulan Jepang—atau penaklukan. Meskipun mengandung makna tidak menyenangkan, ulasan-ulasan dari Barat dan Jepang mengklaim bahwa bendera tersebut adalah simbol yang teguh dan abadi bagi Jepang. Beberapa panji-panji militer Jepang didasarkan pada Hinomaru, termasuk panji-panji angkatan laut dengan tampilan matahari bersinar. Hinomaru juga berfungsi sebagai pola acu bagi bendera Jepang lainnya yang digunakan untuk kalangan umum atau swasta.


13 Agustus 2009 
Wikipedia bahasa Aceh lahir


(Bahan Keterangan)
Wikipedia bahasa Aceh lahir pada bulan Agustus 2009 dan berita ini diterima dengan baik oleh Fadli Idris sebagai Koordinator Komunitas Blogger Aceh (Aceh Blogger Community) yang merintisnya bersama dengan pengguna Si Gam Aceh pada awal 2008.[1] Pihak perintis juga telah menghubungi Mark Durie, ahli bahasa asal Australia yang merupakan seorang peneliti bahasa Aceh.

Inisiatif permintaan Wikipedia bahasa Aceh ini terinspirasi dari adanya Wikipedia dalam bahasa daerah lain seperti bahasa Jawa, Sunda, dan Banyumasan.

Pada awal 2009, Wikipedia bahasa Aceh kemudian diramaikan oleh Abi Azkia, seorang pengajar ilmu agama di Lamlo, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie yang berkontribusi artikel agama.Dalam tulisannya di Serambi Indonesia bagian jurnalisme warga, Abi menuturkan mengapa berkontribusi dalam bahasa Aceh sulit.Hal ini antara lain disebabkan oleh pengenalan cara/metode penulisan, karakter khusus yang ditentukan dalam penulisan, kurangnya perbendaharaan kata-kata asli dalam bahasa Aceh, tidak terbiasa menulis dalam bahasa Aceh. Namun ia percaya kesulitan-kesulitan ini seharusnya dapat diatasi dengan motivasi tinggi demi mempertahankan khasanah bahasa Aceh yang mulai digerus zaman, dan niat mempelajari bahasa nenek moyang bangsa Aceh, serta menggali kembali adat budaya Aceh.


13 Agustus 2013
Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini ditangkap oleh KPK atas kasus suap yang menimpa dirinya


(Bahan Keterangan)
Prof.Dr.-Ing.Ir.Rudi Rubiandini R.S.
(lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, 9 Februari 1962; umur 54 tahun) adalah akademisi dan pengamat perminyakan Indonesia. Ia mendapatkan gelar S1 Teknik Perminyakan di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1985 dan lulus tingkat doktoral dengan gelar Dr.-Ing. dari Technische Universität Clausthal, Jerman, 1991. Dia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral pada Kabinet Indonesia Bersatu II. Saat ini, dia menjabat sebagai Kepala SKK Migas.

Pada tanggal 13 Agustus 2013, Rudi Rubiandini ditangkap KPK terkait kasus suap yang menimpanya.

inilah sejumlah kejadian yg terjadi pada tanggal 13 Agustus,postingan ini hanya sekedar menambah wawasan

Terima kasih buat agan yg udah mampir di trit ane,rate dan cendol nya ya gan

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir bruuuuuum
0
2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan