- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
3 Hal yang Patut Ditiru Oleh Periklanan Indonesia dari Iklan Thailand


TS
mr.freak08
3 Hal yang Patut Ditiru Oleh Periklanan Indonesia dari Iklan Thailand


PEMBUKA
Quote:
Agan/Sista pernah nonton iklan televisi Thailand? Gimana perasaannya setelah menonton, pasti nangis kalau nggak gitu ketawa ngakak.Apalagi banyak pengguna jagat maya sering nge-share di medsos, nggak heran iklan Thailand dikenal berkualitas!

ISI
Spoiler for :
Quote:
1. Thailand memiliki standar tinggi dalam memproduksi iklan

Quote:
Menurut penelitian Amy Rungpaka Hackley, dari University of London, standar produksi iklan dan program televisi di Thailand sangat tinggi. Jadi gak aneh kalau iklan televisi di Thailand terkenal kreatif dan mengandung humor.
80% masyarakat Thailand punya TV dan iklan di media digital gak punya dampak sebesar iklan televisi. Selain itu saluran teve nasional di Thailand ada enam, dan gak menyiarkan iklan komersial.
80% masyarakat Thailand punya TV dan iklan di media digital gak punya dampak sebesar iklan televisi. Selain itu saluran teve nasional di Thailand ada enam, dan gak menyiarkan iklan komersial.

Quote:
2. Thailand merupakan gudangnya tema dalam dunia periklanan

Quote:
Hebatnya lagi, nonton iklan Thailand udah kayak nonton film berdurasi lama. Lihat aja aktingnya oke dan setiap alurnya bisa menghipnotis penontonnya. Padahal nih kalau diamati lagi, iklan Thailand itu nggak jauh dari kehidupan sehari-hari, kayak hubungan anak dan orangtua, trus persahabatan dsb.
Tema yang sedih masih ampuh buat menyentuh penonton. Buktinya, kamu berkaca – kaca tuh nonton iklan yang ini
Tema yang sedih masih ampuh buat menyentuh penonton. Buktinya, kamu berkaca – kaca tuh nonton iklan yang ini

Quote:
3. Kebanyakan periklanan di Thailand menyimpan pesan tersembunyi

Quote:
Kadang kita nggak sadar sebenarnya yang kita tonton itu iklan, tapi karena nggak terlalu memperlihatkan merek produk jadinya kita mengira itu film pendek. FYI iklan televisi Thailand emang jarang banget menyelipkan produk atau logo mereknya dengan jelas. Kalau dalam prinsip pemasaran nih, mereka anti banget pakai cara hard-selling, alias langsung menjual si produk. Bikin kita gak terganggu pas nonton.maka dari itu iklan televisi dari Thailand biasanya cuma menempatkan merek itu di akhir bagian. Ini juga salah satu alasan yang bikin kamu jadi ikutan share ke temen – temen di medsos.


Spoiler for Bonus Kagak Usah Dibuka:
Spoiler for Masih Ngeyel Aje :
Spoiler for Serah Lu Brayyy:

BEST KOMENG
Quote:
Original Posted By quickeudara►Hehe menarik untuk dikomentarin.
Saya udah 2 tahunan berkecimpung di dunia periklanan Indonesia (masih junior lah
), emang sih gan iklan-iklan Thailand itu ide-konsep-eksekusi dari para agency periklanan disono sangat sangat josss gan!
Tapi kenapa kok iklan TV di Indonesia "sangat" jarang yang berkonsep sejenis dengan iklan TV Thailand?
Sebenernya ada beberapa iklan TV Indonesia yang ide & konsepnya mengacu pada iklan-iklan Thailand walaupun ga se-gila iklan Thailand. Nah pasti yang jadi pertanyaan agan-agan "kenapa sih ga buat kek iklan TV Thailand? Kan bagus.. menyentuh hati.. punya pesan tersembunyi blablabla"
Jawabannya adalah YA! Brand-brand di Indonesia (klien) baik bank/asuransi/makanan/minuman dll lah, mereka "belum berani" melempar konsep yang sama seperti iklan TV Thailand. Why? Pemikiran takut ga fokus ke brandnya, takut yang dijualnya bukan brand mereka tapi ceritanya, takut ga sampai konsep penjualan mereka di TV ke target audience (masyarakat) dan lainnya. Intinya mereka masih takut gan, dan waktu itu saya pernah diberi tahu oleh senior di kantor saya dulu yang membuat saya cukup geleng-geleng kepala juga, katanya ide & konsep kebanyakan iklan TV di Indonesia yang beredar selama ini adalah ide yang gampang dicerna dan ditelan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.
Hardselling betul! para klien (brand-brand di Indonesia) ini beranggapan bahwa masyarakat Indonesia ini kalau dikasih konsep kayak iklan TV Thailand mereka bakal gak pada ngerti apa maksud iklan yang mereka buat, intinya konsep iklan TV yang beredar di Indonesia selama ini cukup lu jualan brand selama 30 detik, that's it! Gak perlu cerita ini-itu.
Jadi sebenernya jangan terlalu disalahkan para praktisi/orang-orang agency periklanan, tetapi perlu diedukasi kepada para orang-orang yang kerja di brand-brand yang ada di Indonesia untul menerima ide & konsep yang "melenceng" dari jalurnya.
Kalo pernah liat ada beberapa iklan TV di Indonesia yang kayak iklan TV Thailand, itu berarti klien (brand) sudah melek dengan yang namanya konsep iklan softselling
Semoga bisa mencerahkan yaak!
Saya udah 2 tahunan berkecimpung di dunia periklanan Indonesia (masih junior lah

Tapi kenapa kok iklan TV di Indonesia "sangat" jarang yang berkonsep sejenis dengan iklan TV Thailand?
Sebenernya ada beberapa iklan TV Indonesia yang ide & konsepnya mengacu pada iklan-iklan Thailand walaupun ga se-gila iklan Thailand. Nah pasti yang jadi pertanyaan agan-agan "kenapa sih ga buat kek iklan TV Thailand? Kan bagus.. menyentuh hati.. punya pesan tersembunyi blablabla"
Jawabannya adalah YA! Brand-brand di Indonesia (klien) baik bank/asuransi/makanan/minuman dll lah, mereka "belum berani" melempar konsep yang sama seperti iklan TV Thailand. Why? Pemikiran takut ga fokus ke brandnya, takut yang dijualnya bukan brand mereka tapi ceritanya, takut ga sampai konsep penjualan mereka di TV ke target audience (masyarakat) dan lainnya. Intinya mereka masih takut gan, dan waktu itu saya pernah diberi tahu oleh senior di kantor saya dulu yang membuat saya cukup geleng-geleng kepala juga, katanya ide & konsep kebanyakan iklan TV di Indonesia yang beredar selama ini adalah ide yang gampang dicerna dan ditelan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.
Hardselling betul! para klien (brand-brand di Indonesia) ini beranggapan bahwa masyarakat Indonesia ini kalau dikasih konsep kayak iklan TV Thailand mereka bakal gak pada ngerti apa maksud iklan yang mereka buat, intinya konsep iklan TV yang beredar di Indonesia selama ini cukup lu jualan brand selama 30 detik, that's it! Gak perlu cerita ini-itu.
Jadi sebenernya jangan terlalu disalahkan para praktisi/orang-orang agency periklanan, tetapi perlu diedukasi kepada para orang-orang yang kerja di brand-brand yang ada di Indonesia untul menerima ide & konsep yang "melenceng" dari jalurnya.
Kalo pernah liat ada beberapa iklan TV di Indonesia yang kayak iklan TV Thailand, itu berarti klien (brand) sudah melek dengan yang namanya konsep iklan softselling

Semoga bisa mencerahkan yaak!

Sumber
Diubah oleh mr.freak08 12-08-2016 15:45
0
93.5K
Kutip
653
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan