Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Steve FoxAvatar border
TS
Steve Fox
Surat Untuk Kreator YouTube Indonesia
Salam hormat kepada seluruh pengguna YouTube di Indonesia,

Tulisan ini ga diperuntukan buat creator video di YouTube aja, tapi penonton nya juga, dan ini pelajaran untuk gue sendiri sebagai penikmat video-video di YouTube, tentu video nya yang bermutu.

Menurut dari analisa yang gue kumpulkan dari beberapa berita yang gue baca, urutan YouTube adalah yang pertama, itu artinya aplikasi YouTube banyak dipakai oleh orang Indonesia, ketimbang WhatsApp atau Line.

Kenapa? Orang Indo udah bener-bener muak sama TV yang kualitas nya udah lebih dari sampah, konten yang begitu-begitu aja, gaada perubahan. YouTube itu sama aja kayak kebebasan. Siapa yang ga suka kebebasan? Dimana elo bisa cari video yang elo mau, dan 99% pasti ada.

Diambil lagi dari kata kebebasan, itu berarti juga selain elo punya kebebasan menonton, elo juga punya kebebasan dalam memproduksi suatu video.

TAPI….

Kebebasan memproduksi itu juga ada batasnya men. Lo boleh bikin sesuatu perubahan yang besar, tapi jangan pernah menyamakan budaya Indonesia dengan budaya luar, entah Amerika atau Europe or anything else.

Kalo dalam skala kecil : Budaya Jakarta berbeda jauh dengan Papua, Budaya Papua juga berbeda jauh dengan Jakarta. Itu dalam skala kecil loh ya.

Oke, sekarang gue kasih beberapa kasus.

Contoh nya begini,

Gue adalah seorang karyawan. Gue punya tabungan 200 juta, gue mendingan out dari kantor, terus gue bikin usaha. Sekarang gue bingung harus bikin usaha apa. Kalo usaha warteg udah kebanyakan. Di setiap gang aja ada warteg dan pasti langsung sepi kalo gue buat, gimana kalo usaha 3D printing? Laku banget tuh di Amerika!

SALAH BESAR.

SALAH BESAR KALO LO BELUM MERISET SEMUA IDE LO.

Lo harus jualan warteg juga, tapi elo kemas dengan rapi, pasti warteg lo laku. Tapi kalo lo bisa meriset keuntungan 3D printing di masa depan dan masyarakat suka, why not? Nilai 100 buat lo kalo bisa buat begitu.

Balik lagi dengan kasus di YouTube. Sama juga neh, elo baru buat akun baru di YouTube, tapi bingung mau bikin apa. Mau bikin daily vlog udah banyak banget orang yang bikin.

“AH SHIT, gue bikin sosial eksperimen / prank ngajakin cewe baik aja di monas. Pasti viewers nya banyak nih dan gue bakal di cap orang paling jago” seru Joni.

Setibanya Joni dan teman-temannya di monas, dia langsung nyamperin cewe dan ngajakin baik. Seketika langsung di gampar, terus suami nya dateng… eh di gebukin si Joni sampe koma 2 minggu. Dengan enteng nya temen temen yang megang kamera,

“Bos…. Bos, santaiii dong elah. Kampungan banget sih lo pake nonjok temen gue segala! Ini kita lagi bikin prank, disitu kamera nya” temennya Joni sambil nunjukin kamera di semak-semak.

Besok nya Joni dan kawan-kawan melapor ke polisi.

FUCK OFF, BLOODY WANKER

Lo bikin snack bikini di Indo, lo pasti juga dicekal sama MUI.

Itu yang gue maksud kenapa lo harus meriset semua ide atau inovasi lo dalam memproduksi apapun di Indonesia dengan keadaan budaya seperti ini dan lakukan dengan realistis. Budaya Indonesia itu sensitive bro.

Lo bikin daily vlog, terus ngomong jorok dikit, eh di komen

“jaga tuh mulut lo. Yang nonton disini kebanyakan anak kecil. Ga pernah diajarin agama apa”.

Untuk yang komen itu sebenarnya ada salahnya juga karena, YouTube emang juga ada batasannya untuk anak kecil. So, untuk parents, sebaiknya lebih berhati-hati untuk memberikan akses ke anak kecil dibawah umur.

Bukan merendahkan mayoritas disini. Gue juga orang Bali yang tinggal lama di Jakarta, tapi Indonesia itu Negara yang agamis. Gue ga SARA loh ya, tapi emang itu kenyataannya kan? Udahlah gue ga suka munafik, intinya beberapa konten emang gabisa diterima oleh kaum agamis. Dan beberapa emang konten nya bisa di bilang sampah juga.

Saran gue supaya mata YouTube terlihat bersih di masyarakat, sekali lagi tolong men, tolong riset dulu semua ide lo dengan sangat sangat dan penuh realistis. Gue suka inovasi. Gue suka nonton motovlogging yang dulu nya gue nonton orang luar, sekarang banyak orang Indonesia yang ngikutin juga, so what? Mereka berkualitas kok, ga merugikan gue dan masyarakat tentunya kaum yang agamis juga suka.

Mendingan viewers dikit, tapi kualitas nya bagus daripada elo bikin video yang di Amerika sudah sangat viral dan banyak vievers/likers, tapi ga di terima di Indonesia dengan alasan budaya yang sensitive? Pilih mana?

Budaya tidak bisa di ubah. Budaya Indonesia ya akan tetap seperti ini. Kalo elo pintar, yang nonton juga pintar kok. Percaya aja sama gue emoticon-Angkat Beer

Semoga tulisan ini juga menguntungkan dan ga merugikan lo semua. Terima kasih

Diubah oleh Steve Fox 11-08-2016 05:42
0
7.4K
81
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan