Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masibnoeAvatar border
TS
masibnoe
Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung
Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung

Blog adalah salah satu media yang paling banyak digunakan bagi masyarakat di era saat ini. Terlebih lagi para pelajar maupun trainer. Dengan memanfaatkan media blog, mereka sangat dipermudah untuk berbagi berbagai pengalaman dan motivasi yang dapat dibaca oleh banyak orang.

Sebuah blog dikatakan sukses jika memiliki konten yang berkualitas dan penungjung yang banyak setiap harinya. Konten yang berkualitas jika tak memiliki jumlah pengunjung atau pembaca yang memadahi akan terlihat tidak optimal. Karena sejatinya nyawa dari sebuah website atau blog adalah jumlah visitornya.

Nah, bagaimana cara meningkatkan jumlah visitor di blog agar bisa dikatakan sukses?

Kali ini saya tidak akan terlalu membahas apakah blog kalian nanti akan masuk dalam kriteria blog sukses atau tidak. Tapi pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tips agar blog kalian dapat menjarin banyak pengunjung atau pembaca setiap saatnya.

1. Gunakan Sosial Media
Keberadaan sosial media yang semakin menggurita seperti saat ini menjadi alternatif baik bagi kalian untuk membuat blog ramai pengunjung. Salah satunya adalah berbagi link atau konten di Facebook, Twitter, Google Plus, dan berbagai media sosial lainnya. Bahkan kalian bisa memanfaatkan kontak Blackberry Mesengasr (BBM), WhatsApp, Path atau yang lain sebagainya untuk melakukan broadcast konten yang kalian buat.

2. Buat Fanspage Khusus
Salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh para penggiat blogger atau pengelola portal online adalah Fanspage. Fitur ini sangat terkenal di kalangan Facebookers. Karena salah satu fitur pemasaran yang cukup digandrungi ini memang milik Facebook.

Silahkan kalian buat halaman Fanspage khusus untuk blog kalian sendiri. Undang lebih banyak teman-teman Facebook kalian untuk menyukai fanspage tersebut sehingga banyak likers di sana. Semakin banyak likers, semakin berpotensial konten blog yang kalian bagikan ramai pengunjung.

Cara membuat halaman Fanspage di Facebook akan saya bahas di lain kesempatan.

3. Gunakan Segmentasi yang Tepat
Pemilihan segmentasi memang menjadi syarat yang wajib kalian tahu. Jangan sampai ada istilah kita share konten tapi salah kamar. Misalnya, kita memiliki konten otomotif, tapi kita sharenya di forum atau fanspage konten politik. konten kita tidak relevan dengan minat forum tersebut.

Jadi silahkan share konten blog kalian pada forum atau komunitas yang memiliki kesamaan minat dengan konten kalian. Artinya segmentasi kalian jelas bakal bidik kelompok atau komunitas apa.

4. Blog Walking
Salah satu cara lain untuk meningkatkan pengunjung blog adalah dengan melakukan blog walking. Artinya kalian dengan teman-teman sesama blogger saling kunjung-mengunjungi, berbagi tips, saling mengisi komentar, atau bahkan saling bantu share atau like.

Dengan hubungan simbiosis mutualisme antar sesama blogger ini juga menjadi salah satu alternatif baik bagi kalian sebagai seorang blogger. Tapi tetap diingat, sebaiknya kalian bisa bertukar backlink untuk membuat link blog kalian dapat ditrack di berbagai blog lainnya.

5. Ikut Komunitas Blogger
Menjadi bagian dari paguyuban yang memiliki minat atau passion yang sama memang seru. Bukan hanya soal silaturrahim saja, dengan medium komunitas blogger akan sangat mudah bagi kalian untuk saling promosi blog kalian masing-masing.

Banyak sekali komunitas blogger yang tersebar dari sabang sampai merauke. Namun memang tidak gampang saat ini menemukan komunitas blogger yang masih aktif. Tapi tenang, masih banyak kok yang aktif, walaupun hanya di sosial media saja.

6. Berbagi Konten di Webiste Forum Besar
Selain mengikuti komunitas blogger tadi, kalian juga bisa share konten terbaik kalian di beberapa forum besar lainnya. Diantaranya adalah Kaskus ataupun Vlogger di Viva.co.id. Salah satu portal media sharing blogger ini masih banyak digunakan oleh para blogger untuk berbagi konten berkualitas mereka. Jadi manfaatkan beberapa media promosi yang bisa digunakan.

7. Membuat Media Stiker atau Kaos
Langkah yang bisa digunakan lainnya adalah menggunakan media promosi offline. Artinya tidak menggunakan media yang berbasis internet untuk mempromosikan blog kalian masing-masing. Salah satu akternatifnya adalah dengan membuat stiker dengan logo atau nama blog kalian. Stiker itu bisa kalian tempet di tempat-tempat umum seperti angkot, di kelas, mading, motor, mobil, ponsel, atau bisa kalian bagikan kepada teman-teman kalian.

Ada juga dengan membuat kaos dengan sablon atau cetak logo maupun nama blog kalian masing-masing. Tujuannya jelas yakni iklan berjalan. Dengan memakai kaos itu dan kalian buat jalan-jalan ke Monas, Ragunan atau tempat-tempat ramai lainnya kan lumayan, itung-itung promosi gratis.

8. Iklan di Facebook, Twitter, atau Google Adword
Jika kalian punya modal cukup banyak untuk mempromosikan blog, kalian dapat melakukannya dengan beriklan di beberapa layanan advertising online. Seperti Facebook Ads, Twitter Ads, maupun Google Adword.

Beriklan di sana memang bukan perkara mudah. Butuh anggaran yang tidak sedikit, terlebih lagi jika iklan kita diklik oleh banyak pengguna internet. Tagihan iklan pun akan semakin membengkak. Namun jangan khawatir. Jika blog kalian dibarengi dengan isi konten yang berkualitas, justru itu akan menjadi berkah tersendiri bagi kalian. Diantaranya adalah bisa menggaet perusahaan atau yayasan untuk beriklan di blog kalian karena pengunjung semakin banyak.

9. Konsisten Menulis
Seluruh poin pemasaran atau publikasi blog agar banyak pengunjung itu pun tidak akan ada artinya jika konsistensi kalian sebagai blogger lemah. Artinya kerja kalian mengupload konten berkualitas tidak jelas waktunya atau terlalu jarang membuat konten. Kondisi ini akan sangat buruk karena dapat menurunkan jumlah visitor tetap secara drastis.

Itulah beberapa tips atau cara membuat blog ramai pengunjung. Maju atau tidaknya blog berada pada si pemiliknya. Jika pemiliknya konsisten dan kreatif untuk menelurkan karya-karya tulis berkualitas secara kontinu atau teratur, blog yang mereka kelola bisa masuk ke tahap kriteria sukses.

Selamat berkarya.

Sumber :http://maksimali.blogspot.co.id/2015...engunjung.html
nona212
nona212 memberi reputasi
1
1.7K
9
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan