nasilemakelaAvatar border
TS
nasilemakela
Share perjalanan pribadi berwirausaha Nasi Lemak Mak Ela
Bismillahirohmanirrohim...

Assalamualikum


INTRO

Nasi Lemak Mak Elak adalah warung makan minimalis yang beralamat di Jl Kopo Sayati Lama No 40, Bandung. Warung ini berdiri sejak 5 Agustus 2016(Hari ini), yak dimana ane publikasikan thread ini adalah hari pertama kami buka warung ini

Sebelumnya perkenalkan agan2, nama ane Fadly, hari ini adalah hari pertama ane mencoba untuk hijrah dari seorang karyawan menjadi wirausahawan muslim. Sebelumnya ane belum pernah punya pengalaman sama sekali dalam bisnis usaha kuliner, jadi di thread ini ane akan share semua pengalaman ane dari hari pertama buka usaha ini (hari ini). Entah nantinya usaha kuliner ini berhasil atau tidak, harapan ane cuma agar semua pembaca thread ini bisa mengambil suatu pelajaran dari pengalaman yang ane jalanin saat ini. Thread ini akan ane update sesering mungkin sambil ane jaga warung sepulang kerja.a

History

Semuanya berawal dari rasa penasaran & kegundahan hati seorang karyawan swasta biasa yang mimpi punya satu usaha, dulu ane hanya berani mimpi, tp sekarang ane coba beranikan diri untuk mengeksekusi mimpi2 ane supaya jadi kenyataan, karena selain faktor mimpi, ane pun terdorong untuk membantu saudara dan beberapa teman dekat ane yang sudah berkeluarga namun saat ini masih belum juga mendapatkan pekerjaan. Karna kondisi ekonomi, ane khawatir mereka terjebak dalam tindakan2 negatif yang berujung fatal bagi kluarga mereka sendiri.

Ide Bisnis

Seperti yang ane bilang sebelumnya, bahwa ane memang tidak pernah punya pengalaman sama sekali mengenai bisnis kuliner, cuma modal nekat, ane cuma liat sedikit peluang yang ada di pada masakan nasi uduk yang sering dibuat oleh emak ane dirumah. kebetulan rumah emak ane dibekasi, ane di bandung. Masakan nasi uduk ayam goreng nyokap ane lumayan enak, ane sering nambah kalo nyokap bikin nasi uduk.

Backlog History


Sabtu 23 Juli 2016

1. Berbekal resep emak ane, setelah diskusi panjang lebar sama istri dari malem sampe subuh, akhirnya ane fix memutuskan untuk membuka warung makan nasi uduk sederhana. Niat ane usaha ini sederhana, ane ingin bantu perekonomian kerabat sudara ane yang kurang beruntung, itu aja titik.
2. Sorenya ba'da ashar ane jalan sama istri, ane niatin untuk keliling komplek rumah tuk nyari kios murah yang sederhana untuk buka usaha.
3. Alhamdulillah banget, baru jalan sekitar 1 kilo ane udah nemu kios kecil posisinya didepan kos-kosan daerah kopo sayati lama, deket pasar sayati. ada nomor hp di pasang didepannya, langsung ane call si empunya, janjian besok ba'da ashar ketemu dilokasi.


Minggu 24 Juli 2016

1. Sore ini ane jalan lagi sama istri untuk liat isi dari kios yang ane liat kemaren, setelah ketemu yang empunya (lumayan ramah juga yang punya) ane diajak masuk liat2, roko ini luasnya cuma 3x5 teras depaan sekitar 3 x 2, dia buka harga 20jt, ane tawar2 akhirnya deal di 18jt, kecil sih, tapi lumayan lah buat permulaan. feeling ane ini cukup lah buat 15 orang. belakang bisa disekat buat karyawan tidur sm tempat buat minuman.
2. Deal dengan si koko pemilik kios dengan harga 18jt, ane langsung dp hari ini juga, sisanya minggu depan, karena perjanjiannya mulai sewa per 1 agustus dan si koko perlu waktu untuk bersihin kiosnya, jd minggu depan ane janjian lagi sm si koko buat pelunasan dan serah terima kunci kios. Alhamdulillah Allah memudahkan anesatu urusan. tinggal eksekusi lainnya
3. After deal otak ane langsung jalan, mungkin ini yang namanya teori mestakung, langkah dulu baru Allah bantu, secara otomatis otak ane langsung me list kebutuhan2 laen sekiranya dibutuhkan buat buka warung makan :

- Gerobak nasi
- Perlengkapan masak
- Kulkas tempat taruh bumbu ayam & sambal
- Karyawan bantu masak
- Beras & Bumbu resep
- Kursi meja dll

4. Malemnya ane harus nyari gerobak bekas, ane pikir ini kerjaan yang paling susah, karena ane ga punya pengalaman dan budget juga terbatas banget.tp Alhamdulillah lagi ajaibnya di olx ada orang yang jual gerobak bekas jual nasi bali berikut perlengkapannya dengan harga yang masih masuk budget. Subhanallah, mungkin ini pertolongan Allah buat hambanya yang ikhtiar ya, jadi ane ga perlu repot-repot nyari perlengkapan masak lagi, yg empunya grobaj jual gerobak berikut perlengkapan masaknya termasuk kompor gas panci panci gelas piring dll. Alhamdulillah.

5. Ane langsung telv buat atur schedule minggu depan liat barangnya, kebetulan ane ga bisa hari kerja biasa karena status ane masih karyawan gan emoticon-Frown

Senin 25 Juli- Jumat 29 juli 2016

1. Ini minggu-minggu paling cape dalem minggu ane, siangnya ane kerja sambil nyari-nyari calon karyawan, pesen neon box deket deket kantor, karna ga punya design ane nyomot aje ngasal dari mbah google, pulang kerja ane bantu-bantu istri ane nyoba resep dari nyokap ane. pokoknye cape dah

2. Dari senin sampe sampe kamis nasi ayam dan sambel yang dibuat istri ane selalu gagal, masalahnya entah keasinan, hambar, macem-macem deh, istri ane ampir putus asa disini, tp ane slalu puji-puji dia & kasih semangat supaya ga ngambek, sampe akhirnya di hari jumat, yakkk.. ane pikir rasanya mulai pas & mulai mirip nasi uduk nyokap ane. Alhamdulillah ane mulai semangat, besok ane tambah semangat lunasin DP kios sm liat gerobak.


Sabtu 30 juli 2016


1. Pagi ane ketemu sam asi koko yg punya kios buat ngasih bukti pembayaran dan serah terima kunci.OK Deal, dalam hati ane, uang udah kluar, harus serius total jangan maen2. Anel alngsung beberes, beli cet, beli semen biat aci tembok yang gompal, semua ane kerjain sendiri berbekal ilmu tukang dari youtube selama 10 menit, sumpah ane juga sampe sekarang mikir kok ane bisa mlester ngaci tembok yang gompal dikios, efek kerjaan in subhanallah badan ane malemnya remuk serasa digebokin orang sekampung, cape buangat

2. Trua malemnya ane juga harus ketemuan sm yg punya gerobak, ane liat kondisi gerobaknya masih ok, alat2 masaknya jg lumayan walaupun berdebu tp masih berfungsi baik.OK deal di harga 4.2 jt include ongkir besok (thank olx), pulang ane naek motor dengan badan yang lunglai gemulai kaya ta* di pantai


Minggu 31 juli 2016

1. Hari ini ane nyari tukang buat bikin meja bakso, karna waktu makin mepet akhirnya ane terpaksa beli yg udah jadi, satu meja 300k ane ambil 4 meja tapi minta dianter, mahal emang tapi mau gimana lagi target ane warung harus buka secepetnya

2. Sorenya ane nyari kursi plastik biasa, dapet di daerah kopo sayati 1 kursi 25k, ane ambil 10 jadi 250k, bawa naek motor, karena ane belum punya mobil gan.


Senin 1 Agustus 2016

1. Awalnya ane mau buka hari ini, tapi ternyata banyak item2 yang belum siap, mulai dari masalah tenaga kerja yang bantu masak, plastik, kertas,lampu, branding, neonbox, daftar menu yang belum ada macem-macem lah hal2 yang sebelumnya ga kepikiran, akhirnya ane sepakat sama istri untuk menunda pembukaan perdana warung makan ini.

Selasa 2 Agustus 2016

1. Pemasangan neon boxhari ini oleh tukang, total cost ane buat neon box ini 1,7jt dengan ukuran 90x60 bolak balik.

2. Nama warung ini ane sepakati sama istri jadi Nasi Lemak, bukan nasi uduk, harapannya supaya orang terpancing untuk dateng nyicipin, bukan penipuan lho yah, karena nasi uduk ini memang di daerah malaysia / singapore ini namanya nasi lemak. menu nsai lemak ini ane lengkapin juga jadi satu porsinya ada nasi uduk, ayam goreng, telor dadar, kacang + teri, lalapan, sambel dengan harga cukup 15ribu aja insyaAllah dijamin kenyang.


Rabu 3 Agustus 2016

1. Hari ini sebenernya udah hampir siap buka, tapi ada satu kendala laagi masalah gerobak yang belum ada pengamannya, skenario awal kita gerobak harus ditaruh diluar karena istri ane ga mungkin kluar masukin gerobak yang beratnye aje naudjubille, akhirnya hari ini ane fokus nyari rante untuk pengaman gerobak supaya bisa ditaruh diluar.

Kamis 4 Agustus 2016

Harusnya hari ini kita buka, tapi oh tetapi ternyata ada masalah lagi, kompor semawar high preasure yang ane punya ga ada penyangganya, jadi awalnya kita mau taruh kompor itu dalem gerobak, tapi setelah test nyalain kompor dalem gerobak, kompor malah ngebakar kayu gerobak, yasalam, otomatis gagal maning ane buka hari ini, kita ganti fokus hari ini nyari penyangga kompor semawar yang biasa dipake sm tukang2 nasi uduk pinggir jalan, cari cari informasi ternayata rata2 para pedagang bikin itu sendiri ditukang las, waduh cilaka dalam hati ane bakal undur lagi besok, tp sekali lagi pertolongan Allah datang, iseng ane cari di olx, ternyata ada lagi orang yg jual dudukan kompor semawar, cerita punya cerita dijual karna usaha beliau udah tutup karna kurang menguntungkan. fix ane telvon, janjian malem ketemu dela di harga 300k langsung angkut naek motor, bayangin gan naek motor ane bawa tu dudukan, untungnya sih deket jd ga perlu berdarah darah.

Jumat 5 Agustus 2016

Yapp Today is our first day opening... doakan yah mudah2an hari ini istri saya laris jualannya...deg degan banget, karena kami belum pernah punya pengalaman sama sekali buka usaha ini. Modalnyapun hanya satu nekat, karena ada 2 orang karyawan yang menggantukan hidup di warung kecil ini. yg dibandung atau lagi dibandung jangan lupa mampir ya agan2 & aganwati di warung sederhana ini

Spoiler for https://s31.postimg.org/3kpbe2gsb/Neon_Box_Fix.png:


Lokasi Warung

Jalan Kopo Sayati Lama No 40, Bandung

Key search di google map : Nasi Lemak Mak Ela

Ini link direction dari arah terminal leuwi panjang :

https://www.google.co.id/maps/dir/Te....9701466?hl=id





Foto-foto kenangan perjuangan


Foto perjuangan menyusul ya gan, ane sambil gawe soalnya

Update


#Update penjualan 5/08/2016-08/08/2016
Diubah oleh nasilemakela 08-08-2016 10:21
bubadibako.
tien212700
tien212700 dan bubadibako. memberi reputasi
0
10.8K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan