CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Pajak /
[Diskusi] All about Tax Amnesty [2016]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/579af40b9a095192688b456b/diskusi-all-about-tax-amnesty-2016

[Diskusi] All about Tax Amnesty [2016]

Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 137
Quote:


Case kita sama gan. saya ada tanya bebarapa tmn, tetapi utk meyakinkan lbh lanjut ane coba tnya2 dimari.. klo menurut jawaban tmn ane, laporkan saja SPT tahunan pribadi terus ikut TA utk ilankin semua denda, setelah itu masukan semua aset s/d 2015 yg blm terlapor.. Cuma ane masi agak ragu juga. jadi lbh baik tgg jwb sesepuh dah..
emoticon-Big Grin
Permisi, mau nanya dikit....
Kalo misalkan ane punya mobil / motor yg masih bukan atas nama ane (beli bekas), apakah tetap dimasukan ke dalam harta kita sewaktu pelaporan SPT?
Quote:


Masuk lah gan,,
Emng agan g mw Balik Nama th kendaraan kedepannya.

Permisi, numpang nanya.
Gara2 keluarga besar pada ribut TA jadi mau nanya juga.

Sy karyawan swasta, tiap taun lapor spt (masih 1770ss) dan pajak sudah dipotong langsung oleh perusahaan.
Tinggal harta aja di isi minim dgn nol utang. Padahal dengan kondisi ada rumah (kredit bank baru 4 taun dari 15) dan mobil (bulan kmrn lunas) atas nama sendiri. Rumah dan mobil dibayar ortu.

Jadi apa sy perlu TA untuk hartanya? Cara ngitungnya bagaimana terutama rumah karena blm lunas?
Trims.
butuh pencerahan juga nih gan

ane org perantauan yang bekerja di suatu perusahaan di surabaya, selain kerja kantoran ane juga sewa tempat untuk buka usaha kecil"an dagang kaos di surabaya (udah 2 tahun). selama ini usaha ane (blm punya SIUP dsb) gk pernah ane laporin di SPT, soalnya selain pendapatan usaha pas2an, SPT sm PPh yang ngurus org2 kantor jd ane g pnh berhubungan tuh sama begituan, hehe...

pertanyaanya:
- apa yang harus ane lakukan gan berkaitan dengan tax amnesti ini? jujur ane kurang paham soal adminitrasi perpajakan

mohon dibantu dan terima kasih
*cendol siap meluncur buat yang bisa bantu
Diubah oleh DeathVoice
Quote:


Mencoba membantu menjawab gan.. kalau ada kurang sesepuh tolong pencerahannya..

1. Ikut TA harus gan, karena pada saat lapor SPT agan tidak masukin mobil dan rumah.. karena TA digunakan untuk pengampunan harta2 yg belum atau sengaja tidak dilaporkan..

2. Untuk perhitungan aset berupa rumah yang ikt TA seperti yang saya dengar masih simpang siur, antara menggunakan pasaran yang berlaku ataukah harus ikt NJOP dan BPHTB nya gan.. Tunggu respon sesepuh dibawah deh..

Thx..
Quote:


Pertanyaan :

Apakah mekanisme pembetulan masih dimungkinkan dimasa tax amnesty ini ? karena di PMK 118 Pasal 18 diatur terkait penyampaian SPT Tahunan, dan berdasarkan info yang saya terima dari AR bahwa SPT Tahunan yang dianggap resmi adalah yang disubmit sebelum TA berlaku.

Ini hubungannya dengan kondisi saya mau melakukan pembetulan atas SPT yang telah disubmit dengan melakukan revisi terhadap harta dan hutang tanpa melalui mekanisme TA, karena saya merasa bahwa harta tersebut diperoleh dengan jelas dan sesuai profil income.

Mohon masukkannya.

Thanks.
misi gan. ane mau nanya 2 contoh kasus sebut saja A dAn B

A:
- memiliki npwp sejak februari 2016
- melaporkan spt 2015 (-- jadi bayar mundur)
- awal lapor utk spt 2015 memiliki harta (mobil motor uang dan modal kerja) hampir 1miliar

pertanyaan nya :
a-1. A ingin ikut TA, dengan tujuan memang lebih murah, sebutlah ingin memasukan harta tambahan 2M (jadi TA 0.5% bayar nya 10jt).. dengan tujuan biar ke depannya bisa "bergerak" lebih murah.. dengan melakukan ini.. apakah A bisa dijerat hukum? dengan catatan karena A tidak memiliki uang 2M.. sekedar hanya memanfaatkan TA saja (bulanan = omzet * 1%, TA hanya 0.5% dan itu harta bersih)

a-2. syarat umkm 0.5% itu apa aja? selain harta dibawah 10m? .. dengan catatan saya lapor spt 2015 dengan membayar yang 1% dr omzet itu..


Okay sekarang lanjut ke B:
- baru membuat npwp juni 2016
- belum melaporkan spt 2015 (yah iyalah kan ud lewat)

pertanyaan

B-1 : B ingin melaporkan uang langsung dia memiliki 8M (tetapi tidak mengikuti TA, karena kan TA Harus lapor 2015 kan? cmiiw).. apakah B akan di pertanyakan uangnya darimana?

karena secara logika, djp bisa memeriksa wajib pajak jika ada spike dalam kekayaan nya. (dari laporan sebelumnya) tetapi tidak melaporkan pendapatannya secara benar.. (misalnya: 2015 bilang ada 1m, setahun lapor pendapatan cuma 300jt, tetapi 2016 bisa ada duit 2m)..
tetapi karena B baru melapor 1x (sehingga tidak ada perbandingan harta awal) , , apakah djp bisa atau berhak mempertanyakan uang 8m itu darimana?

thanks
Kayaknya bentar lagi trit ini bakal pindah ke sf "pajak" deh emoticon-Traveller
Permisi.. Mau numpang konsultasi gan...

Tahun 2008 lalu saya pernah beli rumah dari keuntungan main saham, modal awal main saham berasal dari gaji sejak kerja tahun 2000 , tapi saat itu belum punya NPWP, terus 2013 lalu saya ada buat NPWP dengan status karyawan , selama ini dalam pelaporan SPT saya tidak pernah melaporkan rumah tersebut dalam laporan harta. Form SPT nya 1770SS (kalau tidak salah)

Nah... Sehubungan dengan TA, saya baca jika tidak melaporkan harta, seandainya ditemukan akan kena denda 30% , mau minta saran dari agan-agan sekalian, apa yang harus saya lakukan?

Terima kasih sebelumnya
min awal sep bsk sya mau skipsi dan dari awal adanya peraturan tentang Tax amnesty bulan2 kmarin saya tertarik tntang ini,
kira2 klo tesis sya tentang tambahan penerimaan negara dari hasil aset oleh adanya pengaruh Tax amnesty kira2 sya dapat data laporan keuangan yg diterima nya ngambil dari mana ya,, klo nanya di DJP ada gtu yaa?
Diubah oleh DimZcor3
Quote:

Ikut tax amnesty aja gan,
Kan masih ada harta yang belum di ungkap emoticon-Salaman
Quote:


Menurut ane, kalo pun mau pake tax amnesty, ambil khusus aja gan, misalnya khusus di kabupaten apa gitu. Cuma, baiknya sebelum buat judul, agan ke kantor pajak setempat dulu, tanya bisa gak dapat data tentang TA ini. Karena, setau ane, data tentang TA itu rahasia. Jangankan buat umum, di kantor pajak sendiri, administrasi TA terpisah dari administrasi perpajakan lainnya.
Quote:

okedeh ta coba gan, oyaa brarti d KPP donk klo gtu? bukanya kpp ruang lingkupnya lbih smpit lagi ya?
nyimak dulu gan sambil mulai baca lagi.. butuh pencerahan banget soal TA ini emoticon-Embarrassment
Quote:


Mencoba menjawab dan menyarankan (tetapi di kasus agan ini saya juga memiliki tmn yang sama dan ane sampai saat ini blm tau mau gerak kemana sama dia)

Harusnya agan ikut TA. Tetapi untuk TA perhitungan untuk aset berupa rumah masih simpang siur, apakah dilaporkan berdasarkan NJOP ataukah berdasarkan Nilai pasar yang sedang berkembang saat ini di tmpt objek pajak beredar.. Jadi ane pun masi binggung gan..

Mungkin sedikit merevisi pernyataan agan,. Untuk denda setelah masa TA ini selesai dan ternyata agan tetap tidak memanfaatkan TA ini bukan denda sebesar 30% gan, tetapi denda sebesar 200% dari Nilai penambahan asset agan yng blm agan manfaatkan saat TA..

Mungkin tunggu agan cumicumi dan TS yg lbh ngerti menjelaskan..emoticon-Shakehand2
Quote:


Klo setau ane gan ente gak bisa dapat data apapun dari permasalahan TA ini gan.. Karena WP yg ikut TA dan Pegawai DJP dimasukan dlm satu kandang (ruangan kosong) dan bersifat pribadi dan private... Jadi data tidak bisa keluar gan. Jadi coba lagi mikir topik lain untuk skripsi ente gan, dari pada gugur tengah jalan gan..

Sukses Skripsi nya.. emoticon-Shakehand2 emoticon-Big Grin
Quote:


Untuk mau dinyatakan sebagai umkm atau tidak mungkin bs sedikit membantu agan http://www.pajak.go.id/sites/default...k-02082016.pdf ..

Klo case B : B langsung saja buat NPWP baru trus laporkan SPT tahunan pribadi tahun 2015 punya. Setelah itu langsung deh ikt TA laporkan semua harta 8M tersebut.. Setelah itu bayar tebusan nya.. Tidur dirmh anteng2 gan.. klo di periksa tunjukan bukti TA nya..

Quote:


wihhh mkasih buat masukannya gan,.. iaaa nih bingung jga ane, soalnya d kampus ane gk ngebolehin tentang pajak daerah ngambil judulny,, jdi bingung jga ni ,mau cari bahan dari mana emoticon-Mewek
Mau minta saran gan.. saya belum punya npwp tapi di 2016 beli rumah cash hrga misal 1M.. Dengan case begitu bagaimana saya bisa ikut tax amnesty? Karena tax amnesty untuk harta per desember 2015 kebelakang saja.. mohon pencerahannya agan"..
Diubah oleh crower
Halaman 8 dari 137


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di