Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Robinhuang0987Avatar border
TS
Robinhuang0987
[Tips & Trick] Gym Battle
alo, Apa kabar semua? Semoga kabar baik semua... Amin! kali ini Panda pengen sharing dikit tentang tips - tips battle di gym. Pasti banyak dari kamu yang uda ga sabar pengen bertarung dan menempati gym ya ga? Tapi sayangnya banyak juga yang gagal dan akhirnya frustasi, terlebih lagi belakangan banyak gym yang dikuasai player dengan cp yang lumayan tinggi. Tapi apakah CP menentukan segalanya? Ga juga gaess... ada 3 faktor yang menentukan seberapa kuat Pokemon kamu di gym, yaitu CP, HP, dan IV. (Bagi yang belum tau IV itu apa, bisa dicek ke artikel saya sebelumnya klik link di sini), dan juga elemen attack Pokemon.

Memilih Pokemon untuk bertarung di Gym itu penting banget ya gaess... karena logikanya makin kuat Pokemon yang kamu pilih, makin tinggi kemungkinan untuk menang di gym, baik pada waktu menyerang maupun untuk mempertahankan gym.

Tapi sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, saya mau ngebahas dikit tentang tipe Attack Pokemon. Di Pokemon Go terdapat 2 jenis Attack, yaitu Normal Attack, dan Charged Attack. Normal attack digunakan sewaktu kita menyerang musuh dengan cara mengklik musuh, untuk Charged Attack, yang ini jurus pamungkas, hehehe, seperti namanya charged attack, jurus yang ini butuh di-Cahrge dulu, caranya? yaitu dengan menggunakan Normal Attack. Tiap kali kita menyerang musuh dengan Normal Attack, otomatis Charged attack akan di-Charge nah ketika uda selesai di-charge, Pokemon kamu bisa ngeluarin jurus pamungkas, caranya mirip dengan Normal Attack, cuma bedanya, kalau Normal attack tinggal klik, untuk Charged Attack, kamu harus klik dan tahan.

Pada awal rilis Pokemon Go, konsep Charged Attack agaknya belum begitu dipakai oleh para trainer, alasannya, karena Damage yang dihasilkan oleh Charged Attack bisa dibilang ga beda jauh dari Normal Attack, sehingga di lapangan, banyak trainer hanya melakukan Spamming Normal Attack, tiap kali bertarung di gym. Strategi ini sebenarnya tidak salah, tapi kurang efektif, Alasannya? Karena Damage dari Normal Attack bisa dibilang kecil, untuk melawan musuh dengan HP yang tinggi, akan butuh waktu lama, logikanya, makin lama waktu yang dibutuhkan untuk meng-KO musuh, makin rendah kemungkinan trainer untuk memenangkan pertarungan.

Nah, bearti target berikutnya adalah, bagaimana mendapatkan damage yang besar dengan waktu yang singkat? bener ga gaess? Hal ini mengantarkan kita pada konsep DPS atau Damage Per Second. Setelah Update 0.31.0, Niantic melakukan Skill Balancing Untuk beberapa skill (Apa aja yang di-update? bisa dilihat di sini) dengan skill balancing ini, Charged Attack yang tadinya mempunyai Damage yang rendah, ditingkatkan Damage nya, sedangkan beberapa Normal Attack diturunkan Damagenya. Jadi yang sebelumnya cuma pake Normal Attack saya sarankan diubah dikit strateginya.



Balik lagi ke konsep DPS tadi, Bisa dilihat di tabel di atas, untuk menggunakan Charge Attack, selain dibutuhkan Charging dari Normal Attack, juga dibutuhkan Casting time. Sebagai contoh, Hyper Beam yang mempunyai Power 120 dan Casting Time 5 detik mempunyai DPS yang lebih rendah dari Cross Chop yang mempunyai Power 60 tapi dengan Casting Time 2 detik. Biar ga bingung, ikutin tabel di atas aja ya...

Berikutnya adalah elemen attack Pokemon, bagi yang uda pernah main Pokemon, pasti uda biasa dengan konsep yang satu ini. Untuk Pokemon dengan elemen serangan yang lebih kuat dari elemen Pokemon musuh, misal serangan Water melawan Pokemon elemen Fire, sebaliknya, Serangan Leaf akan lemah melawan Pokemon elemen Fire Ingat ya gaess, untuk Pokemon kamu, yang harus dilihat elemen serangannya bukan elemen pokemonnya ya. untuk Very Effective Attack damage yang dihasilkan bisa meningkat menjadi 2x sebaliknya untuk Not Very Effective Attack, Damage yang dihasilkan akan dipangkas sampai 1/2

Terakhir, adalah teknik menghindar dari serangan Pokemon musuh. Di dalam sebuah Gym Battle, teknik bertahan sama pentingnya dengan teknik menyerang. Caranya gampang kok, hanya dengan Swipe kanan atau kiri, Pokemon kamu akan bergerak menghindari serangan dari Pokemon musuh, waktu yang tepat untuk menghindar, adalah sesaat setelah Pokemon musuh melancarkan serangan, sekedar info Pokemon musuh akan menyerang setiap 1.5 detik.

Kesimpulan: Ada banyak faktor yang harus diperhitungkan untuk memenangkan sebuah Gym Battle, seperti HP, CP, IV, DPS, dan yang terakhir adalah teknik menghindar. Jadi jangan keburu takut dulu ketika ngeliat Dragonite dengan CP 2000+ karena dengan strategi yang benar, Weedle dengan CP 200 bisa saja mengalahkan Dragonite dengan CP 2000+, tentunya ga semua weedle ya... harus dilihat IV, dan juga yang paling penting mempunyai elemen Attack kamu jangan memilih attack yang lemah terhadap Dragon Type ya

sekian sharing saya, semoga bermanfaat.

Untuk artikel - artikel Pokemon Go yang lain bisa langsung ke blog saya aja ya
Catatan Panda Badung
0
4.2K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan