alfianaputraAvatar border
TS
alfianaputra
92.000 Keluarga di Bandung Barat Belum Berlistrik
NGAMPRAH, (PR).- PLN Area Cimahi menggandeng para kepala desa di Kabupaten Bandung Barat untuk bersama-sama mengatasi persoalan elektrifikasi masyarakat. Pasalnya, berdasarkan data Dinas Bina Marga Sumber Daya Air dan Pertambangan Kabupaten Bandung Barat, sekitar 92.000 keluarga tidak memiliki sambungan listrik sendiri.

"Sebanyak 92.000 keluarga belum berlistrik itu bagi kami persoalan serius. Kami berkomitmen menyelesaikan masalah ini, tapi tentu tidak bisa oleh PLN sendiri. Makanya, kami undang para kepala desa," kata Manager PLN Area Cimahi Bagus Hari Abriyanto di Aula Gedung B Kompleks Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat, Ngamprah, Rabu 3 Agustus 2016.

Menurut dia, terdapat sejumlah kemungkinan yang menyebabkan 92.000 keluarga di Bandung Barat itu tidak punya sambungan listrik sendiri. PLN, kata dia, siap mengatasi kendala jaringan jika memang hal tersebut yang menjadi penyebabnya.

"Kami perlu datanya. Kalau masalahnya ada di infrastruktur, sampai kapanpun mereka ini tidak akan berlistrik terus. Namun, bisa saja mereka tidak berlistrik karena mendaftar secara kolektif tapi belum tersambung atau menunggu dipasangi listrik gratis," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, para kepala desa diberikan daftar isian supaya permasalahan elektrifikasi di masing-masing desa bisa diketahui penyebabnya. "Nanti, dua minggu lagi, data itu kami kumpulkan. Kalau sudah diketahui, misalnya, disebabkan oleh jaringan yang jauh, kami tindaklanjuti dengan membangun jaringan," tuturnya.

Bagus menjelaskan, daftar tunggu pemasangan listrik di setiap rayon PLN yang ada di KBB tidaklah banyak. "Paling hanya puluhan calon pelanggan baru, tidak sampai ribuan. Berarti kami sudah mengakomodir kebutuhan listrik masyarakat. Makanya, kok bisa sampai ada 92 ribu keluarga yang belum berlistrik," ujarnya.

PLN Area Cimahi, terang dia, melayani distribusi listrik bagi masyarakat di Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan sebagian warga Kota Bandung maupun Kabupaten Bandung di wilayah perbatasan. Lebih dari 50% pelayanan PLN Area Cimahi justru berada di wilayah Bandung Barat.

"Sebagian besar pelanggan kami adalah rumah tangga, tapi dari sisi penjualan sekitar 57% itu dari industri. Kalau secara keseluruhan, pelanggan kami yang paling banyak itu berada di Bandung Barat. Makanya, kami cukup miris juga ada 92.000 keluarga yang belum berlistrik. Ini harus diatasi," tukasnya.***

SUMBRET

ajegilee emoticon-Matabelo
tapi ini mending

orang-orang yang diluar pulau jawa malah jauh lebih banyak yang merasakan hal serupa emoticon-Sorry
Diubah oleh alfianaputra 05-08-2016 06:23
0
2.5K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan