coburnAvatar border
TS
coburn
Tanggapan Saya Terhadap Penjelasan Ayah Mirna [Kasus Kopi Sianida Jessica-Mirna]
Halo Gan


Di Thread kali ini saya sebenarnya ingin menanggapi tentang sebagianpenjelasan Ayah Mirna mengenai kopi beracun yang lagi rame. Jadi sekitar jam 9 malam tanggal 21/07/2016 di TV *NE, saya nonton tuh berita yang lagi rame... Jadi ada beberapa narasumber di acara tersebut, ada ahli Toksikologi yaitu orang yang mendalami senyawa kimia yang berdampak buruk terhadap makhluk hidup, dan ada ahli Forensik yaitu orang yang membantu proses hukum dari tinjauan sains.

Mengapa saya sampai mempunyai keinginan untuk menuliskan thread ini? Karena saya merasa kurang setuju karena menurut saya penjelasan yang dijelaskan oleh seorang narasumber sebagai ahli Toksikologi kurang benar/tepat ketika menanggapi penjelasan Ayah Mirna.


Spoiler for Penjelasan Ayah Mirna:


Spoiler for Penjelasan Ahli Toksikologi di TVONE sekitar 21 WIB 21/07/2016:


Ini Penjelasan,Tanggapan,Analisis saya seadanya


Saya akan bahas poin poin yang dikatakan Ayah Mirna

1. Minuman bersianida jika diberi air panas keluar gas

Sianida bentuk padatnya adalah NaCN atau Natrium Sianida atau Sodium Sianida (https://en.wikipedia.org/wiki/Sodium_cyanide).NaCN dapat bereaksi dengan air. NaCN+H2O=>NaOH+HCN. Jadi ketika NaCN yang mungkin dimasukan oleh terduga ke kopi, maka secara kimiawi akan terbentu NaOH/Natrium Hidroksida/Sodium Hidroksida , dan HCN/Asam Sianida/Hidrogen Sianida (https://en.wikipedia.org/wiki/Hydrogen_cyanide).

Ketika masih dalam bentuk NaCN, titik didihnya 1,496 °C. Tetapi ketika sudah berbentuk HCN titik didihnya menjadi 25.6 to 26.6 °C. Jadi kesimpulannya jika sianida jika diberi air panas, unsur HCN nya akan menguap. Uap HCN kalo dihirup ya matilah gan.

2. Es mengikat/menenangkan HCN/sianida

Menurut saya istilah mengikat kurang tepat, tetapi kata menenangkan memang cukup tepat. Karena di penjelasan saya di poin pertama (1), jelas bahwa jika HCN berada disuhu rendah, maka HCN tersebut tidak akan menguap. Maka tidak mungkin pula memasukan sianida pada kondisi panas, maka masuklah di akal mengapa terduga mendiamkan kopi tersebut beberapa menit.

3. Alkohol , Gula menetralkan Sianida

Menurut penjelasan Ayah Mirna, terduga sengaja memesan cocktail untuk dirinya dan Hani agar tetap aman jika sampai harus mencicip kopi bersianida

Tetapi apakah benar ada hubungannya antara gula, alkohol dengan sianida?
menurut http://chemsee.com/poison-detection/...ide-poisoning/

Inorganic cyanides, the most available ones, are very toxic when ingested but their solution in water is even more toxic. Potassium, sodium and many of the other inorganic cyanides are water soluble. Therefore, when ingested, they quickly form solutions in the stomach which rapidly enters the blood and circulate through every part of the body. The toxicity is somewhat reduced if alcohol and sugar are present simultaneously with the cyanide. The reason is that the cyanide ion can react with the sugars to form amygdalin. This compound is not very stable and decomposes in water to reform cyanides and sugar. (Hydrolysis). Anecdotally, when attempts were made to poison the Russian Healer/Advisor to the Czar, Rasputin, by putting cyanide in his red wine and cake, he did not die. The exact confirmed evidences are sketchy, but one possibility is that the effective amount of cyanide ingested was reduced due to its reaction with the sugars in the wine to form the less toxic amygdalin.

Dijelaskan bahwa Sianida dapat bereaksi dengan gula membentuk amigladin yang lebih tidak beracun. Sehingga gula dapat mengurangi efek racun dari sianida. Bahkan ada diceritakan tentang percobaan pembunuhan dengan sianida yang gagal, karena sianida dicampurkan di kue dan anggur (tinggi gula dan alkohol).

======================================================================================================

Terbukti bahwa es/suhu rendah dapat "menenangkan" sianida, disuhu tinggi HCN memang tidak akan meledak, tetapi menguap.

Tanggapan Saya
Terduga sangat sangat sangat lah PINTAR, tetapi Ayah Mirna juga sangat sangat sangat lah PINTAR




Please Share (Tapi Pake Credit yaa) , Cendol , Rate, dan Comment

Diubah oleh coburn 21-07-2016 22:32
0
25.7K
180
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan