Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tinggal.idAvatar border
TS
tinggal.id
Intip Tempat-Tempat Wisata Menarik di Kota Pahlawan
Berbicara soal tempat wisata di Indonesia, rasanya tak adil jika kita hanya mengandalkan Bali. Sebagai orang Indonesia tentunya kita patut berbangga karena kita punya banyak pilihan tempat wisata di seluruh penjuru kota, provinsi dan pulau.

Salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata adalah Surabaya. Kota Surabaya merupakan ibukota dari provinsi Jawa Timur, Indonesia yang juga merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Tak heran jika kota ini terkenal sebagai pusat perdagangan, bisnis dan pendidikan di Jawa Timur. Secara geografi, kota ini terletak 796 km sebelah timur Jakarta, 415 km sebelah barat laut Denpasar, Bali, tepatnya di tepi pantai utara Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Selat Madura serta Laut Jawa.

Dikenal sebagai kota besar, Surabaya juga memiliki banyak pilihan wisata murah. Cocok bagi kamu yang ingin berpetualang tapi tak mau menghabiskan banyak uang. Yuk simak ada tempat apa saja yang bisa kamu kunjungi untuk liburan hematmu di Surabaya.



Mengenang Jasa Pahlawan Terdahulu di Tugu Pahlawan

Menengok pada sejarah kota ini pada zaman dahulu, Surabaya dikenal sebagai Kota Pahlawan untuk mengenang perjuangan Arek-Arek Suroboyo (Pemuda-Pemuda Surabaya) dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Untuk melengkapi julukan tersebut, dibuatlah Tugu Pahlawan yang merupakan sebuah monumen yang kini menjadi ikon kota Surabaya.

Intip Tempat-Tempat Wisata Menarik di Kota Pahlawan


Berada di tengah-tengah kota di Jalan Pahlawan Surabaya, dekat Kantor Gubernur Jawa Timur, Tugu Pahlawan yang berdiri di atas tanah lapang seluas 1,3 hektare ini memiliki tinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Bagian badan monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas yang mengandung makna dari tanggal 10, bulan 11, tahun 1945 yang tak lain adalah dikenal sebagai Hari Pahlawan atas peristiwa dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu dan Belanda.

Di bawah tanah tempat Tugu Pahlawan ini berada terdapat sebuah museum sedalam 7 meter yang menyimpan foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan dan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya. Untuk memasuki museum tersebut, pengunjung dikenakan biaya Rp 2.000 untuk tiket masuk.


Bersantai Saat Sunset di Pantai Kenjeran

Bagi kamu yang suka dengan wisata pantai, Surabaya juga punya lho pantai yang tak kalah eksotik dibanding Bali, namanya Pantai Kenjeran. Terletak di kecamatan Kenjeran, sekitar 9 km dari pusat kota. Disini para pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam dan deburan ombak dengan cukup membayar Rp 6.000 untuk tiket masuk.

Intip Tempat-Tempat Wisata Menarik di Kota Pahlawan


Saat memasuki area wisata, kamu akan disuguhi oleh banyaknya pepohonan yang rindang, kios-kios kecil yang menjual berbagai jenis cinderamata dan tentunya pantai cantik yang eksotis. Jika ingin menikmati suasana laut lebih dekat, kamu bisa juga menyewa perahu dan berlayar ke laut lepas.

Meskipun pantai ini tidak begitu bagus untuk bermain air atau berenang, namun kamu masih bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang luar biasa cantik. Kamu bisa duduk bersantai di anjungan-anjungan yang berada disekitar pantai sambil menikmati semilir angin laut.


Menyaksikan Kemegahan Jembatan Suramadu

Sejak resmi dibuka pada 10 Juni 2009, kemegahan Jembatan Nasional Suramadu (singkatan dari Surabaya-Madura) mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Pembangunan jembatan ini bertujuan untuk dapat mempercepat pembangunan di Madura dalam bidang infrastruktur dan ekonomi yang dianggap tertinggal dibanding kawasan lain di Jawa Timur.

Intip Tempat-Tempat Wisata Menarik di Kota Pahlawan


Jembatan yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Madura ini tentu saja semakin memudahkan pengunjung yang berada di Jawa menuju Madura tanpa harus menaiki kapal penyeberangan. Jembatan ini juga disebut-sebut sebagai jembatan terpanjang di Indonesia setelah sebelumnya dipegang oleh Jembatan Pasupati, Bandung. Pada malam hari, jembatan ini terlihat semakin cantik dan megah dengan lampu-lampu artistik yang menghiasi badan jembatan.


Bermain dan Bercengkrama di Taman Bungkul

Taman Bungkul berlokasi di Jalan Raya Darmo Surabaya, dengan luar area sekitar 900 m2 yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti amfiteater dengan diameter 33 m, jogging track, taman bermain anak-anak dan lahan untuk papan luncur. Tak hanya itu saja, taman ini juga dilengkapi dengan akses internet nirkabel.

Intip Tempat-Tempat Wisata Menarik di Kota Pahlawan


Karena keunikan dan fasilitas yang lengkap, taman ini sempat meraih penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari PBB sebagai taman terbaik seAsia pada tahun 2013 silam. Nama Taman Bungkul sendiri diambil dari nama Mbah Bungkul yang merupakan julukan untuk Ki Supo, seorang ulama di kerajaan Majapahit (abad XV), yang juga saudara ipar Raden Rahmat atau Sunan Ampel. Di taman inilah makam Mbah Bungkul berada.

Taman Bungkul sudah seperti jantung kota Surabaya dan menjadi taman wisata bagi mereka yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota. Beberapa acara juga sering di gelar ini taman ini seperti acara hiburan atau kebudayaan. Tak hanya itu saja, bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner khas Surabaya, kamu bisa menemukannya di bagian belakang taman yang dipenuhi oleh banyak warung yang menawarkan Rawon, Soto, Bakso dan banyak lagi.


Menambah Wawasan di Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam atau Monkasel merupakan sebuah museum kapal selam yang terletak di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Monumen ini sebenarnya adalah kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet pada tahun 1952 dan pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru dalam misi membebaskan Irian Barat dari jajahan Belanda.

Intip Tempat-Tempat Wisata Menarik di Kota Pahlawan


Monkasel dibuka secara resmi pada 15 Juli 1998 dan ditetapkan sebagai salah satu objek wisata di Surabaya. Dengan biaya masuk Rp 5.000, onumen yang disebut sebagai monumen kapal selam terbesar di kawasan Asia ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti Video Rama, Musik Life, Kolam Renang untuk anak-anak dan Rekreasi Air di sungai Kalimas. Pengunjung juga bisa menemukan penjual souvenir dan area parkir. Di dalam kompleks wisata juga terdapat panggung besar untuk menggelar acara tertentu. Sementara Video Rama menyajikan film sinematik dan dilengkapi sistem suara stereo akan membawa imajinasi anda menyatu dengan film mengenai Kapal Selam KRI Pasopati 410 saat menjalankan tugasnya.


Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Surabaya untuk liburan hematmu nanti? Agar lebih nyaman saat berlibur di Surabaya, Tinggal.compunya banyak pilihan hotel menarik dengan harga murah. Kamu bisa lihat dan pesan hotel murah dengan membuka website tersebut atau hubungi Layanan Pelanggan Tinggal di nomor emoticon-phone emoticon-Roll Eyes (Sarcastic) S E N S O R285390099 untuk bantuan lebih lanjut.

Selamat Berlibur!! emoticon-Ultah

SUMURNYA DIMARI GAN
Diubah oleh tinggal.id 05-08-2016 06:33
0
2.3K
28
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan