cukongbpAvatar border
TS
cukongbp
Pasca Rusuh Tanjungbalai, Etnis Tionghoa Diimbau Hidup Membaur
tobasatu.com, Tanjungbalai | Pasca kerusuhan yang terjadi di Kota Tanjungbalai, Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi mengimbau masyarakat etnis Tionghoa yang ada disana untuk berbaur dengan kehidupan sosial dan tidak mengedepankan eksklusifisme dalam bermasyarakat.

“Ini juga perlu mendapat perhatian saudara kita dari etnis Thionghoa. Eksklusifisme dapat menimbulkan kecemburuan sosial di tengah masyarakat. Untuk itu, perlu pembauran dalam sosial kemasyarakatan,” pesan Erry, Minggu (31/7/2016), saat meninjau vihara yang menjadi amuk massa pada Jumat (29/7/2016) malam.

Keamanan, sebut Erry, sebagai salah satu sarat utama dalam menyukseskan pembangunan di Sumut. Untuk itu, seluruh lapisan masyarakat saling dukung dengan TNI, Polri dan Pemko dalam menciptakan rasa aman.

“Pertikaian dapat mempengaruhi dunia investasi. Apalagi pemerintah telah mengeluarkan program pengampunan pajak dalam upaya mendorong laju pertumbuhan investasi di dalam negeri,” sebut Erry.

Sebelumnya, ratusan warga Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara membakar dan merusak beberapa tempat ibadah berupa klenteng dan Vihara yang ada di daerah itu, Jumat (29/7/2016) malam.

Aksi itu diduga dipicu dari permintaan salah seorang warga Tionghoa bernama Meliana (41), warga Jalan Karya Kelurahan Tanjungbalai Kota I Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai yang menegur nazir masjid agar mengecilkan volume mikrophone yang ada dalam masjid. Aksi ini berbuntut pembakaran rumah ibadah Klenteng dan Vihara.

Kerusuhan yang terjadi Jumat malam kembali kondusif pada Sabtu (30/7/2016), hanya beberapa jam setelah insiden pembakaran berlangsung.

http://www.tobasatu.com/2016/07/31/p...hidup-membaur/

berbaurlah jangan hidup seperti zaman belanda di mana cina warga di atas pribumi ini bukan zaman penjajah lagi. jadi warga cina jangan mengedepankan eksklusifisme dalam bermasyarakat setuju dengan pak gubenurnur. emoticon-Big Grin
0
23.6K
332
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan