Korban mudik melebihi bencana alam . Bagaimana pendapat agan ?
TS
hardy2000
Korban mudik melebihi bencana alam . Bagaimana pendapat agan ?
Dalam kesempatan ini saya tidak sedang membahas masalah hukum mudik, keuntungan mudik, kerugian mudik, suka duka mudik atau yang sejenisnya. Karena pasti agan menjawab (lebih dari 99,9%), MUDIK ITU PERLU. MUDIK ITU BERMANFAAT. MUDIK ITU SILATURAHIM. MUDIK ITU.... dsb. Oleh karena itu daripada kena lempar bata, mending langsung saja kita ke sebuah fakta bahwa,:
Spoiler for mudik:
MUDIK ITU BANYAK MEMBAWA KORBAN!
Spoiler for KORBAN MUDIK DARI TAHUN KE TAHUN:
1. TAHUN 2010 SEBANYAK 632 KORBAN MENINGGAL
2. TAHUN 2011SEBANYAK 587 KORBAN MENINGGAL
3. TAHUN 2012 SEBANYAK 908 KORBAN MENINGGAL
4. TAHUN 2013 SEBANYAK 719 KORBAN MENINGGAL
Spoiler for BERITANYA 1:
BNPB: Korban Kecelakaan Mudik Lebih Banyak dari Bencana Alam
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ritual mudik lebaran setiap tahun selalu menimbulkan korban jiwa. Kecelakaan lalu lintas, baik akibat faktor teknis mau pun manusia menjadi faktor penyebab kecelakaan. Korban jiwa pun terus meningkat setiap tahunnya.
Berdasarkan data berbagai sumber, korban meninggal selama mudik lebaran pada 2010 mencapai 632 orang. Kemudian, 2011 terdapat 587 orang dan 2012 korban meninggal 908 orang. Sedangkan tahun ini hingga Sabtu (3/8) Markas Besar Polri setidaknya mencatat telah terjadi 224 kasus kecelakaan yang mengakibatkan 60 orang tewas. Sebagian besar korban meninggal adalah korban kecelakaan sepeda motor.
Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran persnya, Senin (5/8) mengatakan selama 2012, kecelakaan mudik mengakibatkan 908 orang meninggal, 1.505 orang luka berat, dan 5.139 orang luka ringan. "Jika dibandingkan korban akibat bencana, ternyata lebih banyak," kata dia.
Korban bencana 2012 tercatat 641 orang meninggal dan 226 orang hilang atau keseluruhan 867 orang. Ini adalah korban bencana selama satu tahun dari 13 jenis bencana yang ada. Sedangkan korban mudik lebaran selama 20 hari.
Memang, kata Sutopo, korban bencana tergantung dari besaran bencana yang ada. Pada 2010 adanya banjir bandang Wasior, tsunami Mentawai, dan erupsi Merapi dan bencana kecil lainnya korban meninggal dan hilang mencapai 4.186 orang. Kemudian pada 2011 korban bencana 1.864 orang.
Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan korban kecelakaan lalu lintas secara keseluruhan jauh lebih kecil. Korban meninggal 2010 akibat kecelakaan lalu lintas 31.234 orang. Kemudian 2011 ada 30.629 orang dan 2012 ada 27.441 orang.
Menurut data World Health Organization (WHO), jalan raya merupakan pembunuh nomor tiga di dunia setelah penyakit Jantung Koroner dan Tubercolosis. Di Indonesia, menurut data Polri, selama 2012 terjadi 109.038 kasus kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 27.441 orang.
Menurutnya, teori risiko bencana dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengatasi masalah yang ada. Bahwa risiko adalah perkalian antara bahaya dan kerentanan dibagi dengan kapasitas yang ada. Bahayanya adalah kecelakaan lalu lintas tersebut, baik di darat, laut dan udara.
Kerentanan menyangkut dengan kondisi terbatasnya ruas jalan, kerusakan jalan, jumlah pemudik yang terus meningkat, terbatasnya angkutan massal, faktor cuaca, kelelahan pengendara, kurang laiknya kendaraan dan sebagainya. Kapasitas menyangkut jumlah aparat, pos kesehatan, dan sebagainya.
"Perlu segera angkutan massal yang memadai," ujarnya. Memang mudik lebaran adalah masalah yang yang kompleks. Tapi bukan berarti tidak bisa diatasi. Apalagi ini adalah ritual tahunan yang waktunya dapat diprediksikan sebelumnya sehingga antisipasi dapat dilakukan.
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mencatat jumlah korban meninggal dalam kecelakaan lalu lintas arus mudik dan arus balik hingga Kamis (15/8) atau H+7 Lebaran 1434 H mencapai 719 orang.
"Pelaksanaan Operasi Ketupat 2013 hingga Kamis, total jumlah kecelakaan lalu lintas yakni 3.279 kejadian dengan korban tewas 719 orang," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombes Pol Agus Rianto di Jakarta, Jumat (16/8).
Selain itu dia merinci jumlah korban luka berat 1.184 orang dan luka ringan sebanyak 4.326 orang.
Jumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan hingga H+7 Ops Ketupat 2013, tercatat 6.991 unit dengan mayoritas sepeda motor sebanyak 4.159 unit.
Menurut dia, faktor penyebab utama kecelakaan dalam Operasi Ketupat 2013 yakni kelelahan. "Banyak yang tidak menghiraukan kondisi staminanya, ingin cepat-cepat sampai rumah, tapi padahal dia sudah lelah. Dia tancap terus, akhirnya kecelakaan," katanya.
Agus mengatakan kecelakaan yang disebabkan faktor kelelahan meningkat pada tahun ini yang tercatat 623 kejadian hingga H+7 pelaksanaan Ops Ketupat 2013. Sementara pada periode yang sama tahun 2012 terdapat 305 kecelakaan akibat kelelahan.
Untuk penyebab kecelakaan di posisi kedua yakni melanggar batas kecepatan, yang tercatat pada Ops Ketupat 2013 naik dari tahun 2012. "Hingga H+7, ada 332 laka karena tidak mematuhi batas kecepatan, kalau tahun lalu hanya 103 kejadian," katanya.
Sementara kecelakaan yang disebabkan pengemudi tidak menjaga jarak antarkendaraan tercatat hingga H+7 Lebaran berjumlah 420 kejadian, turun dari periode yang sama tahun 2012 sebesar 646 kejadian.
Spoiler for PESAN DARI ANE:
Sebagai kekayaan budaya lokal, mudik memang banyak manfaatnya gan. Kegiatan itu bisa membuat fresh kita lahir batin setelah setahun penuh bekerja. Namun semua perlu kehati-hatian. Agar acara yang sangat kita nanti-nantikan ini aman, lancar dan tidak ada hambatan suatu apapun. Taati aturan lalu lintas. Hindari mudik motor untuk yang jauh. Jika bisa mudik motor dengan diangkut truk, lebih baik lagi gan.
Memang usia dan umur itu rahasia Allah. Namun berhati - hati dan berusahan adalah kewajiban kita.
Berita kecelakaan mudik ini bukan untuk "mempertakut" agan, namun agaar kita semua berhati -hati
Spoiler for Terakhir:
SAYA MENGUCAPKAN SELAMAT MUDIK 2014. SEMOGA SELAMAT SAMPAI KEMBALI KE RUMAH MASING MASING